A Symphony of Lights

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
A Symphony of Lights
幻彩詠香江
Hong Kong, A Symphony of Lights (2).jpg
Lampu hias dan laser dari gedung-gedung.
StatusAktif
JenisPertunjukan cahaya
Dimulai8:00 malam waktu setempat
Berakhir8:14 malam waktu setempat
FrekuensiSetiap malam
TempatDi seberang Pelabuhan Victoria
LokasiCentral
Admiralty
Wan Chai
Tsim Sha Tsui
Kowloon Barat
Hung Hom
NegaraHong Kong
Tahun aktif2004–sekarang
Acara pertama17 Januari 2004 (2004-01-17)
PenyelenggaraDewan Pariwisata Hong Kong
Situs webtourism.gov.hk/symphony
A Symphony of Lights
Hanzi tradisional: 幻彩詠香江

A Symphony of Lights (Hanzi: 幻彩詠香江) adalah pertunjukan cahaya dan suara yang digelar setiap malam di Hong Kong, dan merupakan pertunjukan cahaya dan suara permanen terbesar di dunia menurut Guinness World Records.[1] Pada tahun 2017, ada 42 gedung yang berpartisipasi dalam pertunjukan ini.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Pariwisata Hong Kong dan ditampilkan pada jam 8 malam waktu setempat jika cuaca dalam kondisi baik. Pertunjukan meliputi orkestrasi musik, lampu dekorasi, layar sinar laser, kembang api piroteknik, lampu multimedia dan suara, berlangsung sekitar 14 menit dan dikonsep, dibuat, serta dipasang oleh LaserVision.[3]

Lokasi terbaik untuk melihat pertunjukan ini meliputi: "Avenue of Stars" yang ada di Tsim Sha Tsui waterfront, kemudian di kawasan pejalan kaki di luar Golden Bauhinia Square di Wan Chai dan dari feri wisata: Star Ferry yang melintasi Pelabuhan Victoria. Musik dan narasi secara langsung dapat didengar di "Avenue of Stars" dan kawasan pejalan kaki di luar Golden Bauhinia Square, Wan Chai setiap malam. Pada hari Senin, Rabu dan Jumat narasinya dalam bahasa Inggris, untuk bahasa Mandarin pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu, sedangkan bahasa Kanton setiap hari Minggu.

Kerumunan orang di Avenue of Stars, Tsim Sha Tsui waterfront yang sedang menyaksikan pertunjukan A Symphony of Lights.
Salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan pertunjukan A Symphony of Lights adalah di Pusat Kebudayaan Hong Kong, Tsim Sha Tsui. Banyak wisatawan berkumpul di sini untuk menikmati pertunjukan.
Pemandangan malam di lihat dari Pelabuhan Victoria ketika berlangsung pertunjukan Symphony of Lights. Banyak gedung pada foto ini juga masih memiliki dekorasi Tahun Baru Imlek di tembok bagian luarnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]