APCBC (peluru anti tank)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armour-piercing, capped, ballistic capped (APCBC) adalah jenis konfigurasi amunisi penusuk lapis baja yang diperkenalkan pada tahun 1930-an untuk meningkatkan kemampuan penusuk lapis baja pada senjata angkatan laut dan anti-tank.[1][2]

Konfigurasinya terdiri dari cangkang penusuk lapis baja yang dilengkapi dengan tutup penusuk lapis baja (AP cap) yang gemuk untuk meningkatkan sifat penetrasi terhadap lapis baja yang diperkeras permukaannya, terutama pada sudut tumbukan tinggi, dan tutup balistik aerodinamis di atas tutup AP untuk mengoreksi aerodinamis yang lebih buruk, terutama hambatan yang lebih tinggi, yang disebabkan oleh tutup AP yang gemuk. Fitur-fitur ini memungkinkan cangkang APCBC untuk mempertahankan kecepatan yang lebih tinggi dan mengirimkan lebih banyak energi ke target ketika terjadi benturan, terutama pada jarak jauh jika dibandingkan dengan cangkang yang tidak tertutup.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AMORDLISTA, Preliminär ammunitionsordlista (dalam bahasa Swedia). Sweden: Försvarets materielverk (FMV), huvudavdelningen för armémateriel. 1979. hlm. 33, 35. 
  2. ^ "Juno Beach Centre – Anti-Tank Projectiles". Junobeach.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-16. Diakses tanggal 2010-06-12.