AMBER Alert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

AMBER Alert atau Darurat Penculikan Anak (kode SAMA: CAE) adalah sistem pemberitahuan penculikan anak. Sistem ini berasal dari Amerika Serikat dan dibuat pada tahun 1996.

AMBER merupakan singkatan resmi dari America's Missing: Broadcast Emergency Response, yang sebelumnya diambil dari nama Amber Hagerman, anak berusia 9 tahun yang diculik dan dibunuh di Arlington, Texas, pada tahun 1996. Nama alternatif juga digunakan di beberapa negara bagian, seperti di Georgia, "Levi's Call"[1] (untuk mengenang Levi Frady); di Hawaii, "Maile Amber Alert"[2] (untuk mengenang Maile Gilbert); dan Arkansas, "Morgan Nick Amber Alert"[3] (untuk mengenang Morgan Nick).

Di Amerika Serikat, AMBER Alert didistribusikan melalui stasiun radio komersial, radio internet, radio satelit, stasiun televisi, dan TV kabel dengan Sistem Peringatan Darurat dan Radio Cuaca NOAA[4][5] (di mana sistem ini juga disebut sebagai "Child Abduction Emergency" atau "Amber Alert"). Peringatan mengenai penculikan anak juga dikeluarkan melalui surat elektronik, papan informasi lalu-lintas elektronik, papan iklan komersial elektronik,[6][7] atau melalui perangkat wi-fi dan pesan teks. AMBER Alert juga bekerja sama dengan Google,[8] Bing,[9] dan Facebook[10] untuk menyampaikan informasi AMBER Alert menurut demografis: AMBER Alert akan secara otomatis ditampilkan jika warga mencari atau menggunakan fitur peta di Google atau Bing. Dengan Google Child Alert (juga disebut Google Alert AMBER di beberapa negara), warga melihat AMBER Alert jika mereka mencari informasi terkait di lokasi tertentu di mana seorang anak baru-baru ini diculik dan peringatan telah dikeluarkan. Ini adalah komponen dari sistem AMBER Alert yang sudah aktif di Amerika Serikat (dan sedang dikembangkan di Eropa). Mereka yang ingin berlangganan informasi dari AMBER Alert untuk daerah tertentu dapat memperoleh informasi melalui pesan SMS dan akan dikirim secara gratis.[11]

Keputusan untuk mengembangkan sistem AMBER Alert dibuat oleh masing-masing organisasi kepolisian (dalam banyak kasus, polisi negara atau patroli jalan raya) yang menyelidiki masing-masing penculikan yang terjadi. Informasi publik dalam sistem AMBER Alert biasanya terdiri dari nama dan keterangan korban penculikan, keterangan tersangka penculik, deskripsi dan plat nomor dari kendaraan penculik, jika tersedia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "georgia.gov – Levi's Call". Georgia Bureau of Investigation (GBI). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Oktober 2010. Diakses tanggal 7 November 2010. 
  2. ^ "MAILE AMBER Alert". Hawaii Department of Attorney General. 
  3. ^ "Morgan Nick Amber Alert". Arkansas State Police. 2006. 
  4. ^ Magazine.noaa.gov
  5. ^ "NOAA Weather Radio Leads to Kentucky Amber Alert Success". noaa.gov. 
  6. ^ "Newsroom – Walgreens Newsroom". walgreens.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2008. 
  7. ^ Lamaroutdoor.com
  8. ^ "Google Brings AMBER Alerts for Missing Children to Search and Maps". socialtimes.com. 
  9. ^ "NCMEC on Twitter". Twitter. 
  10. ^ "OJJDP News @ a Glance – January/February 2011". ncjrs.gov. 
  11. ^ "Wireless AMBER Alerts". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]