Lompat ke isi

7.1 surround sound

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Label untuk sistem suara kitar 7.1

7.1 surround sound atau suara kitar 7.1 adalah nama umum untuk sistem suara kitar dengan delapan saluran suara. Sistem suara ini biasanya digunakan dalam konfigurasi teater rumah yang menggunakan tambahan dua pengeras suara dari konfigurasi enam saluran suara (5.1). Jika pada konfigurasi suara kitar 5.1, efek suara kitar dan saluran belakang menjadi dua saluran, konfigurasi suara kitar 7.1 memisahkannya menjadi empat. Maka dari itu, pada konfigurasi suara kitar 7.1, terdapat saluran kiri depan (front left; FL), kanan depan (front right; FR), tengah (center channel; CNT), efek frekuensi rendah (subwoofer), suara kitar kiri (surround left; SL), suara kitar kanan (surround right; SR), suara kitar kiri belakang (surround rear left; SBL), dan suara kita kanan belakang (surround rear right; SBR).

Pada konfigurasi suara kitar 7.1 yang digunakan pada teater rumah, pengeras suara kitar diletakkan pada samping pendengar, sementara pengeras suara belakang ditaruh di belakang pendengar.[1][2] Selain itu, sistem dari Dolby Pro Logic IIz dan DTS Neo:X menambahkan tambahan dua saluran depan atas (left height channel; LH dan right height channel; RH). Dua tambahan saluran ini dapat diletakkan di atas saluran depan atau dua saluran lebar di antara saluran depan dan saluran suara kitar.[3][4]

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "5.1 vs 7.1 Channel Home Theater Receivers - Which is Right For You?". Diakses tanggal 2012-06-04. 
  2. ^ "Help Guide | Installing 7.1-channel speaker system using surround back speakers". helpguide.sony.net. Diakses tanggal 2023-06-12. 
  3. ^ "Dolby Pro Logic IIz". Dolby Laboratories. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-26. Diakses tanggal 2011-10-07. 
  4. ^ "Help Guide | Names and functions of speakers". helpguide.sony.net. Diakses tanggal 2023-06-12.