Dolby Laboratories

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dolby Laboratories, Inc (disingkat sebagai Dolby Labs atau Dolby) adalah perusahaan Amerika. Salah satu produknya adalah pengurang derau audio dan kompresi audio. Dolby memberi lisensi teknologi mereka kepada perusahaan lain.

Dolby Laboratories, Inc.
Publik
Kode emiten
Industri
Didirikan18 Mei 1965; 57 tahun lalu (1965-05-18) in London, Inggris
PendiriRay Dolby
Kantor
pusat
,
U.S.
Cabang
30+ (2014)
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
Produksee Technologies
JasaDolby Cinema
PendapatanKenaikan US$1,28 billion (2021)[1]
Kenaikan US$344.39 million (2021)[1]
Kenaikan US$310.23 million (2021)[1]
Total asetKenaikan US$3.11 billion (2021)[1]
Total ekuitasKenaikan US$2.60 billion (2021)[1]
Karyawan
2,368 (2021)[1]
Anak
usaha
Situs webwww.dolby.com

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dolby Labs didirikan oleh Ray Dolby (1933-2013) di London, Inggris. Di tahun yang sama, ia menemukan Dolby Noise Reduction System, sebuah pemroses sinyal audio untuk mengurangi suara desis pada rekaman suara kaset. Paten Amerika Serikat pertama diajukan empat tahun setelahnya, tahun 1969. Metode ini pertama kali digunakan oleh Decca Records di Inggris.

Dolby memindahkan pusat perusahaan ke Amerika Serikat (San Francisco, California) pada tahun 1976. Produk pertama Dolby Labs adalah Dolby 301 dengan Dolby Noise Reduction (Dolby NR) Tipe A, pengurang derau audio menggunakan teknik companding. Target produk ini adalah studio rekaman profesional.

Dolby dibujuk oleh Henry Kloss dari perusahan audio KLH untuk membaut versi konsumen. Dolby meningkatkan sistem companding dan mengeluarkan Dolby NR Tipe B pada tahun 1968.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Pengurang derau audio analog[sunting | sunting sumber]

  • Dolby A: sistem pengurang derau untuk profesional pada pita dan kaset analog.
  • Dolby NR/B/C/S: sistem pengurang derau untuk konsumen pada pita dan kaset analog.
  • Dolby SR (Spectral Recording): sistem pengurang derau empat saluran yang digunakan sejak tahun 1986, yang meningkatkan rentang dinamis rekaman dan penyiaran audio hingga 25 dB. Dolby SR digunakan oleh lembaga penyiaran, perekaman, produksi, dan profesional audio lain. Dolby SR juga menjadi tolak ukur suara pada film analog, dan digunakan pada hampir seluruh pita film 35mm. Pada film dengan jalur suara digital, jalur suara Dolby SR digunakan sebagai cadangan untuk bioskop yang tidak dapat memutar suara digital, serta sebagai cadangan jika ada masalah dengan jalur suara digital.
  • Dolby FM: sistem pengurang derau untuk penyiaran radio. Dolby FM diuji coba oleh beberapa stasiun radio dimulai dari WFMT pada tahun 1971. Dolbyb FM menggunakan Dolby B, dengan pre-emphasis 15 microsecond. Sejumlah kecil tuner dan receiver memiliki dekoder Dolby FM. Beberapa model pemutar kaset memungkinkan dekoder Dolby B menggunakan audio in dan dikeluarkan melalui audio out, sehingga dapat digunakan untuk siaran DOlby FM. Sistem ini tidak sukses dan terus menurun pada tahun 1974.
  • Dolby HX Pro
  • Dolby Advanced Audio

Penyandi dan mengompres audio[sunting | sunting sumber]

  • Dolby Digital (dikenal sebagai AC-3) adalah format audio lossy. Mendukung konfigurasi kanal dari mono hingga 6 kanal terpisah (5.1). Format ini memopulerkan suara kitar. Awalnya dikembangkan untuk film layar lebar dan kemudian untuk Laserdisc dan DVD. Digunakan untuk berbagai format penyiaran termasuk televisi digital di Amerika Utara (ATSC), DVB-T, penyiaran satelit, televisi kabel, DMTB, IPTV, dan layanan radio surround. Dolby Digital menjadi bagian dari standar Blu-ray dan HD DVD. Dolby DIgital digunakan sebagai keluaran suara kitar pada sebagian besar konsol permainan. Beberapa komputer mampu mengubah semua audio menjadi Dolby Digital.
    • Dolby Digital EX:
    • Dolby Digital Plus (dikenal sebagai E-AC-3) adalah kodek berdasarkan Dolby DIgital dengan kompatibilitas mundur, serta penambahan fitur. Mendukung hingga 6 Mbit/s, dari 640kbit/m pada DOlby DIgital. Pada Blu-ray, Dolby Digital Plus diterapkan dengan cara berbeda, sebagai saluran 640 kbit/s Dolby Digital dengan saluran tambahan untuk mendukung suara kitar, dengan total bandwidth 1.7 Mbit.S. DOlby Digital Plus juga dapat digunakan untuk kegunaan dengan data rate rendah seperti penyiaran digital.
    • Dolby Digital Live adalah teknologi penyandi untuk media interaktif seperti permainan video. Mampu mengubah sinyal audio dari PC atau konsol permainan ke Dolby Digital 5.1 dan disalurkan melalui kabel S/PDIF. Teknologi serupa juga dimiliki oleh kompetitor Dolby, DTS dengan nama DTS Connect.
  • Dolby E:
  • Dolby Stereo
  • Dolby TrueHD
  • Dolby AC-4
  • Dolby Atmos
  1. ^ a b c d e f "US SEC: 2021 Form 10-K Dolby Laboratories, Inc". U.S. Securities and Exchange Commission. 17 November 2021. 
  2. ^ "Dolby Laboratories - Sound Technology, Imaging Technology, Voice Technology". Audistry.com. Diakses tanggal 2012-04-26. 
  3. ^ "ViaLicensing". ViaLicensing. Diakses tanggal 2012-04-26.