100 Photographs that Changed the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

LIFE: 100 Foto yang Mengubah Dunia (bahasa Inggris: LIFE: 100 Photographs That Changed The World) adalah koleksi 100 foto terkenal yang dikumpulkan oleh editor LIFE.

Proyek ini dimulai dengan sebuah pertanyaan yang ditampilkan secara online di wibesite LIFE dan The Digital Journalist: "Dapatkah foto menciptakan efek sejarah seperti halnya literatur?" Berdasarkan respon yang diterima, editor mengumpulkan 100 foto yang dianggap mewakili perkembangan teknologi fotografi, dokumentasi peristiwa-peristiwa bersejarah dan pencapaian-pencapaian, atau foto yang menjadi ikon kultural dan simbol status. Buku ini disunting oleh Robert Sullivan, dan dipublikasikan oleh Time Inc. Home Entertainment, New York, New York, pada tahun 2003.

Buku ini dibagi menjadi empat bab dan tiga subseksi pelengkap, yaitu: The Arts (berfokus pada perkembangan fotografi pada abad ke-19); Society (kumpulan foto yang mampu menangkap momen yang memengaruhi politik, sosial, kultural, dan lingkungan); War (menggambarkan konflik dan kekerasan yang meliputinya); dan Science and Nature (berfokus pada kemajuan teknologi dan akibat yang ditimbulkannya). Tiga subseksi terdiri dari: Photographic Art (karya seniman yang media utamanya adalah foto); Trick Photography; dan Stop Action (foto yang sebenarnya merupakan skrinshut dari film).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]