Ṣtefănel Roṣcovan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ştefănel Roşcovan
Nama lahirŞtefănel Roşcovan
Lahir26 Maret 1999 (umur 25)
Chişinău, Moldova
AsalChişinău, Moldova
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif2010-sekarang

Ştefănel Roşcovan (lahir 26 Maret 1999) adalah penyanyi berkebangsaan Moldova yang merupakan partisipan dari Kontes Lagu Eurovision Junior 2010.[1][2] Ayahnya bernama Anatol Roşcovan dan ibunya bernama Angela Roşcovan. Saat ini, ia bertempat tinggal di Chişinău, Moldova, dan sekolah di SD Mircea Eliade, duduk di kelas 6 SD. Selain itu, ia juga bersekolah di Sekolah Musik Valeriu Poleacov. Di sana, ia belajar bermain gitar dan juga vokal. Stefan adalah salah satu orang di Moldova yang sukses mengombinasikan karier menyanyi dan pelajaran di sekolahnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Stefan adalah penggemar berat film. Lebih lagi, ia merupakan penggemar film yang dibuat "Walt Disney" studios, dan film favoritnya adalah "The Lion King" (Raja Singa). Hobinya yang lain adalah bermain komputer, bermain sepak bola, bersepeda, dan menambah wawasannya tentang bahasa Prancis. Ia senang mendengarkan musik klasik dan ia adalah penggemar berat dari artis lokal, yaitu Nelly Clobanu, Adrian Ursu, Natalia Barbu, dan Geta Burlacu. Makanan favoritnya adalah sup ayam, polenta (sepiring tepung jagung rebus), ikan, dan buah (apalagi pomegranate, dia lebih suka itu). Pada masa liburan, Stefan lebih suka mengunjungi kakek dan neneknya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bakat menyanyi Stefan terlihat pada usia muda, terutama pada masa kecilnya. Pada saat itu, orang tuanya merekam Stefan menyanyi. Sejak saat itu, Stefan mulai memenangkan berbagai kejuaraan menyanyi ataupun kontes lagu yang diikutinya. Ia pun pernah menjadi juara Kontes Lagu Tingkat Eropa, salah satunya adalah menjuarai Festival "Mamaia Copiilor" di Mamaia, Rumania, dan menjadi juara kedua saat penyelenggaraan Slovianskij Bazar di Vitebsk, Belarusia, pada musim panas 2008, di bawah Bartas, yang juga mengikuti Kontes Lagu Eurovision Junior. Ia juga diajak berduet oleh artis papan atas nasional (ataupun artis internasional), salah satunya adalah diajak berduet oleh Mihai Traistariu (wakil Moldova saat penyelenggaraan kontes orang dewasa tahun 2006).

Pada akhirnya, ia mewakili Moldova yang memulai debutnya tahun ini dengan lagunya yang berjudul "Ali Baba". Ia juga menjadi komposer lagu ini, bersama dengan Daniela Doroftei (lirik) dan Nicolae Caragia (aransemen). Stefan mendapatkan urutan tampil kedua, setelah Bartas, wakil Lithuania, dan sebelum wakil Belanda, Anna & Senna.[1][2] Pada akhirnya, ia menempati posisi ke-8 dengan raihan 54 poin.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Tidak ada
Moldova di Kontes Lagu Eurovision Junior
2010
Diteruskan oleh:
Lerika
dengan "No, No"