Lompat ke isi

İskender Çelebi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

İskender Çelebi (bahasa Turki: [iskenˈdeɾ tʃeleˈbi]; meninggal pada bulan Maret 1535) adalah seorang defterdar (sekretaris keuangan) Kekaisaran Utsmaniyah yang telah lama menjabat pada masa pemerintahan Suleiman yang Agung. Mungkin peristiwa paling penting yang menimpanya terjadi selama perang tahun 1532–35 melawan Kekaisaran Safawi.

Pada bulan Oktober 1532, ia diperintahkan untuk menemani Wazir Agung, Pargalı Ibrahim Pasha, yang merupakan jenderal pasukan lapangan dan sedang menuju ke perbatasan Safawi dari Istanbul. Hingga kampanye, Pargalı Ibrahim Pasha menganggap İskender Çelebi sebagai sosok ayah yang dapat memberinya pengetahuan berharga tentang keahliannya.

İskender Çelebi mendukung Sultan, yang secara pribadi memperingatkan Pargalı Ibrahim Pasha untuk tidak melawannya. Karena itu İskender Çelebi menjadi tokoh dominan dalam kampanye tersebut. Dia bahkan mampu memerintahkan Pargalı Ibrahim Pasha, yang telah pindah dari Aleppo ke Baghdad, untuk pergi ke Azerbaijan sebagai gantinya. Meskipun tindakan ini bertentangan dengan keinginan Pargalı Ibrahim Pasha, dia tidak keberatan, karena İskender Çelebi ditunjuk oleh Sultan, namun hal itu menyebabkan mendinginnya hubungan antara keduanya. Pargalı Ibrahim Pasha percaya bahwa dia dikesampingkan ketika dia sendiri menjadi pemimpin tertinggi kampanye tersebut (orang kedua setelah Sultan dalam kapasitasnya sebagai Wazir Agung).

Insiden kedua, yang menentukan nasib İskender Çelebi, sebenarnya terjadi di Azerbaijan, di mana ia menolak Pargalı Ibrahim Pasha, dengan mengatakan "Tentara akan tetap tinggal, itu adalah kehendak Sultan". Namun, ketika Suleiman Agung tiba di Tabriz, dia terkejut melihat pasukan lapangan berada di tengah wilayah musuh. Ia tidak akan mentolerir perilaku apa pun yang dapat membahayakan tentara dan pada akhirnya membahayakan dirinya sendiri. Tanggapan İskender Çelebi terhadap pertanyaan ini tidak memuaskan, dan menyebabkan dia tidak disukai oleh Sultan dan eksekusi terakhirnya di Bagdad, di mana dia digantung pada bulan Maret 1535.[1] Pargalı Ibrahim Pasha juga tidak lagi disukai Sultan segera setelah itu, dan dieksekusi juga pada tahun berikutnya.

İskender Çelebi dikenal memiliki sejumlah besar budak , sekitar 6.000–7.000, bahkan jauh melebihi saingannya Pargalı Ibrahim Pasha (walaupun faktanya ia memegang jabatan Wazir Agung yang jauh lebih berkuasa).[2] Iskender Çelebi bukanlah seorang "sultan" sebelum menikah dengan 6 sultana Sultan Süleyman Osmanlı, memberinya nama keluarga "Çelebi".

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Dalam serial TV Turki Muhteşem Yüzyıl İskender Çelebi diperankan oleh aktor Turki Hasan Küçükçetin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Great Ottoman History, by Ord. Prof. Ismail Hakki Uzuncarsili, Vol. 2, p. 354
  2. ^ Eric Dursteler (2006). Venetians in Constantinople: Nation, Identity, and Coexistence in the Early Modern Mediterranean. JHU Press. hlm. 72. ISBN 978-0-8018-8324-8. Under Süleyman I, for example, the official İskender Çelebi owned six to seven thousand slaves, many more than the grand vizier's approximately 1,700.