Lompat ke isi

Ödön Széchenyi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ödön Szechenyi adalah seorang bangsawan Hongaria yang menjadi pelopor pemadam kebakaran Utsmaniyah. Ia tertarik pada dunia pemadam kebakaran, dilatih di London sebelum kembali ke tanah airnya dan memimpin dalam memodernisasi pemadam kebakaran di Hongaria pada tahun 1870. Empat tahun kemudian, dia dipilih oleh seorang sultan Utsmaniyah untuk memimpin upaya reformasi pemadam kebakaran Istanbul. ia mendirikan unit pemadam kebakaran baru dan mendirikan hierarki baru di departemen pemadam kebakaran.

Ia menjabat baik sebagai direktur unit pemadam kebakaran serta petugas pemadam kebakaran sendiri. Ia dihargai karena telah meringankan petugas pemadam kebakaran. Sebelumnya, para petugas membawa peralatan di pundak mereka kemudian beralih menggunakan kendaraan untuk tanggap yang lebih cepat. Ia juga mengembangkan beberapa proyek untuk mengatasi sumber kebakaran di seluruh kota.

Ia sekarang diakui sebagai pelopor pemadam kebakaran modern. Ia dihormati dengan sebuah plakat bertuliskan namanya yang digantung di Museum Pemadam Kebakaran Kota Istanbul.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]