Élisabeth, Adipati Wanita Brabant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Putri Elisabeth
Adipati Wanita Brabant

Elisabeth pada 2014
Elisabeth pada 2014
Lahir 25 Oktober 2001 (umur 16)
Rumah Sakit Erasmus, Anderlecht, Brussel, Belgia
Nama lengkap
Perancis: Élisabeth Thérèse Marie Hélène
Belanda: Elisabeth Theresia Maria Helena
Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha
Ayah Raja Philippe dari Belgia
Ibu Jonkvrouw Mathilde d'Udekem d'Acoz
Agama Katolik Roma
Keluarga Kerajaan Belgia
Great coat of arms of Belgium.svg

Baginda Sang Raja
Baginda Sang Ratu


Baginda Raja Albert II dari Belgia
Baginda Ratu Paola dari Belgia



Putri Elisabeth dari Belgia, Adipati Wanita Brabant (bahasa Perancis: Élisabeth Thérèse Marie Hélène; bahasa Belanda: Elisabeth Theresia Maria Helena; lahir 25 Oktober 2001), adalah pewaris takhta Kerajaan Belgia. Dia adalah anak sulung dari Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia. Dia menjadi pertama di garis suksesi karena kakeknya, Albert II turun takhta pada 2013.[1]

Kelahiran dan pembaptisan[sunting | sunting sumber]

Elisabeth lahir melalui operasi caesar pada 25 Oktober 2001 di Rumah Sakit Erasmus, Anderlecht, Brussel, sebagai putri pertama dari (dulunya) Pangeran Philippe, Adipati Brabant dan Putri Mathilde, Istri Adipati Brabant.[2] Ia dibaptis pada 9 Desember 2001. Wali baptisnya adalah Pangeran Amedeo (sepupunya dari pihak ayah) dan Countess Hélène d'Udekem d'Acoz (bibinya dari pihak ibu).

Ia memiliki dua adik laki-laki, Pangeran Gabriel dan Pangeran Emmanuel, dan satu adik perempuan, Putri Eléonore.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekarang ini, Putri Elisabeth merupakan murid di Sint-Jan Berchmanscollege, Brussel, sebuah sekolah berbahasa pengantar Belanda yang sebelumnya merupakan sekolah para sepupunya dari pihak ayah, yaitu anak-anak dari Putri Astrid. Ia juga mengikuti kelas menari yang disampaikan dengan bahasa Belanda di Asse.

Elisabeth dapat berbicara bahasa Belanda, bahasa Perancis, bahasa Jerman, dan bahasa Inggris.[3][4]

Pewaris takhta[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Juli 2013, ayah Elisabeth, Philippe, menjadi raja Belgia menggantikan kakeknya, Albert II, yang turun takhta. Semenjak itu, Putri Elisabeth menjadi pewaris takhta kerajaan Belgia dan mendapatkan gelar Adipati Wanita Brabant.

Sebelumnya, sepuluh tahun sebelum Elisabeth lahir, peraturan baru mengenai suksesi takhta, primogenitur absolut, diberlakukan, yang artinya Elisabeth akan menempati urutan pertama dalam garis suksesi karena ia merupakan anak pertama. Jika Elisabeth naik takhta seperti yang telah diperkirakan, ia akan menjadi ratu pertama yang memimpin kerajaan Belgia setelah kerajaan tersebut berdiri pada 1830.

Kehidupan publik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, dia menghadiri Te Deum untuk menghormati Hari Nasional Belgia. Pada tahun 2007, dia menemani ayahnya ke pembukaan Technopolis, sebuah museum sains. Dia juga menghadiri Kompetisi Musik Ratu Elisabeth dan presentasi di Istana Kerajaan sebuah model stasiun Antartika Belgia yang menyandang namanya, Putri Elisabeth Antartika.

Elisabeth adalah pengiring pengantin untuk pernikahan bibi pihak ibunya: Elisabeth, saat dia menikahi Margrave Alfonso Pallavicini pada tahun 2006 dan Hélène (juga ibu baptisnya), saat dia menikah dengan Baron Nicolas Janssen pada tahun 2011. Pada tahun 2014, dia seorang pengiring pengantin pada pernikahan sepupunya dan ayah baptisnya, Pangeran Amedeo.

Pada bulan Oktober 2014, Elisabeth berpidato untuk menghormati peringatan Perang Dunia Pertama. Pada tanggal 6 Mei 2015, Elisabeth berpidato sebelum memberkati sebuah kapal Pollux.

Gelar dan gaya[sunting | sunting sumber]

  • 25 Oktober 2001 - 21 Juli 2013: Yang Mulia Putri Elisabeth dari Belgia
  • 21 Juli 2013 - sekarang: Yang Mulia Sang Adipati Wanita Brabant

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Élisabeth, Adipati Wanita Brabant
Cabang kadet Wangsa Wettin
Lahir: 25 Oktober 2001
Belgia
Didahului oleh:
Posisi Pertama
Garis Suksesi Takhta Belgia
posisi ke-1
Diteruskan oleh:
Pangeran Gabriel dari Belgia