Pangeran Lorenz dari Belgia, Adipati Agung Austria-Este

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pangeran Lorenz
Adipati Utama Austria-Este (selengkapnya)
Prince Lorenz of Belgium, Archduke of Austria-Este.jpg
Pangeran Lorenz di pernikahan Putri Mahkota Swedia pada 2010
Kepala Wangsa Austria-Este
Period7 February 1996 – present
PendahuluRobert
Lahir16 Desember 1955 (umur 63)
WangsaWangsa Austria-Este
Nama lengkap
Lorenz Otto Carl Amadeus Thadeus Maria Pius Andreas Marcus d'Aviano
AyahAdipati Agung Robert dari Austria-Este
IbuPutri Margherita dari Savoy-Aosta
PasanganPutri Astrid dari Belgia
AnakPangeran Amedeo
Putri Maria Laura
Pangeran Joachim
Putri Luisa Maria
Putri Laetitia Maria

Pangeran Lorenz dari Belgia, Adipati Utama Austria-Este (kelahiran 16 Desember 1955) adalah seorang anggota Keluarga Kerajaan Belgia dan warga negara Austria-Belgia.[1] Sejak 1996 ia juga menjadi Kepala Wangsa Austria-Este, cabang dari bekas Kekaisaran Austria Wangsa Habsburg-Lorraine yang memerintah Keadipatian Modena sampai 1859.

Kehidupan awal dan pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pangeran Lorenz lahir di Clinique du Belvédère, Boulogne-Billancourt, Hauts-de-Seine, Prancis sebagai anak kedua dari Robert, Adipati Utama Austria-Este dan Adipati Wanita Agung Margaret, yang lahir sebagai Putri Margherita dari Savoy-Aosta.

Pada 22 September 1984 di Brussels, Lorenz menikahi Putri Astrid dari Belgia, putri tunggal dari Pangeran dan Putri Liège, mantan Raja Albert II dan Ratu Paola. Pasangan tersebut memiliki lima anak:

Pendidikan dan karier[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan sekolah, Adipati Agung Lorenz membuat pelayanan militernya di resimen Gebirgsjäger (Para Pemburu Alpine) dari Angkatan Darat Federal Austria dan dinaikan pangkat menjadi "Letnan" Reserve (Letnan Kedua) pada 1980.[2]
Lorenz mempelajari ekonomi di Universitas St. Gallen di Switzerland dan Universitas Innsbruck di Austria. Ia bekerja di berbagai bank di London, Paris, dan Roma. Pada 1983 ia bergabung dengan bank swasta Gutzwiller di Basel di mana ia kemudian menjadi Managing Partner. Pada 1993, ia menjalani satu tahun sebagai konsultan untuk Swift, sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan kepada industri keuangan. Pada 1995, ia menjadi Penasihat Badan Direktur Bank BNP Paribas di Paris. Ia sekarang adalah direktur UCB.[3] Ia dulunya adalah direktur Sita (sebuah perusahaan manajemen sampah di seluruh dunia yang terletak di Prancis) dan Ondeo Nalco (sebuah perusahaan manajemen air di Amerika Serikat).[4]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]