Ælfgifu, istri Eadwig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ælfgifu merupakan istri Raja Eadwig (bertahta pada tahun 955-59) untuk periode waktu yang singkat pada tahun 957 atau 958. Apa sedikit yang diketahui tentangnya datang terutama dengan cara piagam-piagam Anglo-Saxon, mungkin termasuk sebuah wasiat, Riwayat Anglo-Saxon dan anekdot permusuhan di dalam karya karangan tentang kehidupan orang suci. Ikatannya dengan raja, dibatalkan di antara beberapa tahun terakhir pemerintahan Eadwig, tampaknya telah menjadi target untuk persaingan fraksi yang mengelilingi takhta pada akhir tahun 950. Dengan c. 1000, ketika karier reformasi Benediktin Dunstan dan Oswald menjadi subyek karangan tentang kehidupan orang suci, memorinya mengalami penurunan berat. Namun di pertengahan tahun 960, ia muncul menjadi seorang tuan tanah yang baik yang berhubungan baik dengan Raja Edgar dan lewat wasiatnya, wanita penderma dermawan rumah gerejawi yang terkait dengan keluarga kerajaan, terutama Old Minster dan New Minster di Winchester.

Latar belakang keluarga[sunting | sunting sumber]

Dua hipotesis genealogikal (hijau dan biru) disatukan di dalam sebuah diagram : Ælfgifu, orangtuanya dan saudara-saudaranya ditunjukkan dengan warna merah

Dua fakta tentang latar belakang keluarga Ælfgifu dinyatakan jelas oleh sumber. Pertama-tama, ibunya memiliki nama Æthelgifu,[1] seorang wanita dari kelahiran tinggi (natione præcelsa).[2] Kedua, ia berhubungan dengan suaminya Eadwig, karena pada tahun 958 pernikahan mereka dibatalkan oleh Uskup Agung Oda dengan alasan bahwa hubungan darah mereka terlalu dekat, yang adalah, di antara tingkatan terlarang hubungan saudara.[3] Ælfgifu juga telah diidentifikasi dengan nama yang meninggalkan sebuah wasiat antara tahun 966 dan 975 yang dapat memberikan cahaya lebih lanjut mengenai asalnya.[4]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Akhir abad ke-18 diukir oleh Samuel Wale. Menggambarkan pertemuan Dunstan dengan Eadwig dan dua wanita di dalam kamar istana

Pada waktu yang tak diketahui kira-kira pada masa aksesinya, Raja muda Eadwig menikahi Ælfgifu. Ikatan tersebut merupakan atau akan menjadi satu dari pernikahan kerajaan yang paling kontroversial di Inggris pada abad ke-10. Saudara Eadwig, Edgar merupakan calon pewaris, namun seorang anak sah lahir dari pernikahan tersebut yang dengan serius memudarkan kesempatan Edgar untuk sukses di dalam kedudukan kerajaan, terutama jika kedua orang tua berada di ranking kerajaan.[5] Diasuh oleh istri Ælfwynn Æthelstan Setengah-Raja bersama-sama dengan putranya Æthelwine, Edgar menikmati dukungan Æthelstan Setengah-Raja (wafat setelah tahun 957) dan putra-putranya, yang kekuatan basisnya berkonsentrasi di Mercia dan Anglia Timur dan tidak akan gembira kehilangan kekuasaan dan pengaruh pada kerabat dan asosiasi Ælfgifu. Jika sugesti Hart bahwa Ælfgifu merupakan keturunan kerajaan Mercia dan berhubungan keluarganya benar, barangkali diharapkan bahwa pernikahan itu akan memberikan Eadwig beberapa keuntungan politikal di dalam melatih kontrol Saxon-Barat atas Mercia.[6]

Ibu Ælfgifu, Æthelgifu, tampaknya telah memainkan peranan penting di dalam ketenarannya di sisi raja, seperti yang ditunjukkan oleh penampilan bersama mereka di dalam sumber. Bersama-sama mereka menyaksikan sebuah piagam yang mencatat sebuah pertukaran wilayah antara Uskup Brihthelm dan Æthelwold, kemudian biarawan Abingdon.[7] dan kedua nama mereka muncul di antara dermawan “terkenal” yang berada di atas daun di awal abad ke-11 Liber Vitae dari New Minster, Winchester.[8] Di dalam anggapannya (lihat diatas), Ælfgifu menanyakan Uskup Æthelwold, satu dari penerimanya, untuk menjadi pengantara untuknya dan ibunya.[9]

Ketika kelihatannya kemudian bahwa Dunstan dan Uskup Agung Oda menentang pernikahan, bukan permusuhan dari semua yang harus ditanggung Ælfgifu dari magnates gerejawi. Pembaharu Benediktin lain, Æthelwold, kepala bairawan Abingdon dan uskup dari Winchester selanjutnya, kelihatannya memilih untuk mendukungnya, bahkan jika ia tidak kritis atas pemerintahan suaminya. Satu dari beberapa piagam yang telah disaksikan oleh Ælfgifu adalah nota Abingdon, yang menegaskan pertukaran tanah antara Æthelwold dan Brihthelm. Di dalam pendaftaran, ia diakui sebagai istri raja (þæs cininges wif).[7] keinginan Ælfgifu, jika bisa dikaitkan dengannya, menyajikan bukti lebih jelas atas asosiasi dekatnya dengan Æthelwold.[10]

Gereja All Saints yang sekarang di Wing, Buckinghamshire. Gereja tersebut mungkin berasal dari abad ke-9 dan akan membentuk bagian dari manor Ælfgifu. Apsis poligonal di ujung timur dan ruang bawah tanah di bawah tempat kudus kemudian dimodifikasi dan mungkin terkait dengan Ælfgifu.[11]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S 1292 (AD 956 x 957), witnessed by Ælfgifu þæs cininges wif 7 Æþelgifu þæs cyninges wifes modur.
  2. ^ B, Vita S. Dunstani § 21.
  3. ^ Anglo-Saxon Chronicle (MS D), AD 958.
  4. ^ S 1484. Keynes, "Eadwig."
  5. ^ Yorke, Barbara, Bishop Æthelwold. p. 77.
  6. ^ Stafford, "Ælfgifu."
  7. ^ a b S 1292 (AD 956 x 957).
  8. ^ New Minster Liber Vitae, fol. 26r 20 iii (Ælfgyfu coniunx Eadwigi regis) and fol. 26v 20 xxxix. Source: “Ælfgifu 2” and “Æthelgifu 3”, PASE.
  9. ^ S 1484.
  10. ^ Yorke, Barbara, Bishop Æthelwold; p. 80.
  11. ^ See H. M. Taylor, "The Anglo-Saxon Church at Wing." Archaeological Journal; 136 (1979): 43-52.

Sumber pertama[sunting | sunting sumber]

  • Æthelweard, The Chronicle of Aethelweard: Chronicon Aethelweardi, ed. and tr. Alistair Campbell, The Chronicle of Æthelweard. London: Nelson, 1962.
  • Anglo-Saxon charters:
    • S 1292, Agreement between Bishop Brihthelm and Æthelwold (AD 956 x 957).
    • S 1484, Ælfgifu's will (AD 966 x 975), from the Old Minster archive, ed. and tr. D. Whitelock, Anglo-Saxon Wills. Cambridge Studies in English Legal History. Cambridge, 1930.
    • S 737, King Edgar grants 10 hides at Linslade (Buckinghamshire) to the matrona Ælfgifu, his kinswoman (AD 966, archive: Abingdon).
    • S 738, King Edgar to 10 hides at Newnham Murren (Oxfordshire) to the matrona Ælfgifu, his kinswoman (AD 966, archive: Old Minster).
    • S 745, New Minster refoundation charter (AD 966).
  • Anglo-Saxon Chronicle MS D, ed. David Dumville and Simon Keynes, The Anglo-Saxon Chronicle. a collaborative edition. Vol. 6. Cambridge, 1983
    • The Anglo-Saxon Chronicles; Michael J. Swanton, trans. 2nd ed. London, 2000.
  • Author 'B.', Vita S. Dunstani, ed. W. Stubbs, Memorials of St Dunstan, Archbishop of Canterbury. (Rolls Series; 63.) London: Longman & Co., 1874. 3-52.
  • Byrhtferth of Ramsey, Life of St Oswald, ed. J. Raine, Historians of the Church of York and its Archbishops. (Rolls Series; 71.) 3 vols: vol 1. London: Longman & Co., 1879: 399-475.
  • Liber Eliensis, ed. E. O. Blake, Liber Eliensis. (Camden Third Series; 92.) London: Royal Historical Society, 1962; tr. J. Fairweather. Liber Eliensis. A History of the Isle of Ely from the Seventh Century to the Twelfth. Woodbridge, 2005.
  • New Minster Liber Vitae, per entries in PASE.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Ælfgifu 2 (Female)" and "Ælfgifu 4 (Female)", Prosopography of Anglo-Saxon England Diarsipkan 2009-12-31 di Wayback Machine..
  • Hart, Cyril. The Danelaw. 1992. 455-65 (chapter "The Will of Ælfgifu") and 569-604.
  • Keynes, Simon. "Eadwig (c. 940-959)." Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press, 2004. Accessed 11 Jan 2007.
  • Stafford, Pauline. "Ælfgifu (fl. 956–966)." Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press, 2004. Accessed 11 Jan 2007.
  • Stafford, Pauline. "The King's Wife in Wessex, 800-1066." Past and Present 91 (1981): 3-27.
  • Wareham, Andrew. "Transformation of Kinship and the Family in late Anglo-Saxon England." Early Medieval Europe; 10 (2001). 375-99. (especially 385-99)
  • Whitelock, Dorothy (ed.), Anglo-Saxon Wills. (Cambridge Studies in English Legal History.) Cambridge: U. P., 1930.
  • Yorke, Barbara. Bishop Æthelwold: his career and influence. Woodbridge, 1988. 76-88.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Smythe, Ross Woodward. "Did King Eadwig really abandon his coronation feast to have a ménage à trois with his wife and mother-in-law? What’s the story behind this story?." Quaestio insularis 6 (2005): 82-97.
  • Stafford, Pauline. Unification and conquest. A political and social history of England in the tenth and eleventh centuries. London, 1989.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Æthelflæd dari Damerham
Ratu Inggris
955 - 958
Diteruskan oleh:
Ælfthryth, istri Edgar