Ångström

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ångström (dari bahasa Swedia, dibaca /ɔŋ-strɶm/) dengan simbol Å adalah satuan panjang. Walaupun bukan merupakan satuan SI tetapi sering digunakan dengan satuan SI. Karena kesulitan ortografi, satuan ini boleh ditulis sebagai angstrom.

1 ångström (Å) = 10–10 meter (m) = 0.1 nanometer (nm)

Satuan ini biasa digunakan sebagai ukuran partikel atomik dan panjang senyawa kimia menggunakan spektrum optik. Satuan angstrom juga umum dipakai dalam pengukuran panjang gelombang cahaya.

Asal[sunting | sunting sumber]

Istilah angstrom sendiri diambil dari fisikawan dari Swedia bernama Anders Jonas Ångström (1814-1874) yang merupakan bapak spektroskopi untuk menghormati jasa-jasanya dibidang spektroskopi. Spektroskopi adalah teknik untuk mengidentifikasi senyawa kimia menggunakan panjang gelombang cahaya yang diserap atau yang dihasilkan tergantung dari karakteristik senyawa tersebut. Cahaya yang melewati atau yang berasal dari suatu senyawa dilewati melalui prisma yang memisahkan berbagai panjang gelombang untuk membentuk spektrum warna. Spektrum yang dihasilkan sering memiliki pita cahaya terang yang berhubungan dengan panjang gelombang yang dihasilkan, atau pita cahaya gelap jika senyawa tersebut menyerap cahaya. Pola pita cahaya mengidentifikasi suatu senyawa seperti sidik jari mengidentifikasi seseorang.


Penulisan[sunting | sunting sumber]

Tanda ångstrom dalam Unicode adalah U+212B (pada browser dilihat sebagai Å), akan tetapi kadang lebih baik jika menggunakan U+00C5 (dilihat sebagai Å).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]