Zathura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zathura
ZathuraPoster.jpg
Poster rilisan teater
Sutradara Jon Favreau
Produser Michael De Luca
Scott Kroopf
William Teitler
Peter Billingsley
Skenario David Koepp
John Kamps
Berdasarkan Zathura 
karya Chris Van Allsburg
Pemeran Josh Hutcherson
Jonah Bobo
Dax Shepard
Kristen Stewart
Tim Robbins
Musik John Debney
Sinematografi Guillermo Navarro
Penyunting Dan Lebental
Studio Columbia Pictures
Radar Pictures
Teitler Film
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
Durasi 113 menit
102 menit (DVD potongan)
Negara United States
Bahasa Inggris
Anggaran $65 juta
Pendapatan kotor $64,321,501

Zathura: Petualangan Ruang Angkasa (atau Zathura) adalah film fantasi fiksi ilmiah yang dibuat pada 2005. Disutradarai oleh Jon Faverau, dan secara longgar didasarkan pada buku Zathura diilustrasikan oleh Chris Van Allsburg, penulis Jumanji. Pemerannya adalah Jonah Bobo sebagai Danny dan Josh Hutcherson sebagai Walter. Tim Robbins juga memiliki peran kecil sebagai ayah anak laki-laki yang bercerai. Film ini dibuat di Los Angeles dan Culver City, California & dirilis pada tanggal 11 November 2005 oleh Columbia Pictures.[1] Tidak seperti buku, film tidak memuat materi Jumanji dan tidak menyebutkan peristiwa Jumanji. Film ini sukses kritis meskipun box office bomb.

Alur[sunting | sunting sumber]

Bersaudara Walter (Josh Hutcherson) dan Danny (Jonah Bobo) tidak pernah bisa bergaul satu sama lain, atau dengan kakak perempuan remaja mereka, Lisa (Kristen Stewart). Selama tinggal di rumah ayah bercerai mereka, ketika ia pergi bekerja dan Lisa sedang tidur, anak-anak menemukan permainan clockwork-driven space-bertema papan tua yang disebut "Zathura" di ruang bawah tanah. Keduanya mulai memainkan permainan, dengan tujuan untuk menjadi yang pertama untuk mencapai ruang terakhir bernama Zathura. Selama tiap giliran, permainan memberikan kartu dengan instruksi, tetapi dua cepat menyadari kartu mempengaruhi kenyataannya. Mereka segera menemukan rumah itu mengambang di sebuah batu kecil di luar angkasa. Sementara itu, Lisa melihat ke luar jendela, dan percaya itu hanyalah gelap, dan pergi mandi untuk kencannya. Ketika mereka mencoba untuk memperingatkan Lisa tentang apa yang telah terjadi, mereka menemukan dia beku dalam tidur cryonic sebagai akibat dari salah satu kartu. Mereka menyadari bahwa satu-satunya cara adalah mengakhiri permainan dan mudah-mudahan kembali ke bumi dan mencapai ruang akhir Zathura.

Sebagai mereka tetap memainkan, menghindari bahaya bahwa kartu permainan melemparkan pada mereka, rumah diserang oleh ras alien yang disebut Zorgons. Kartu lain membawa kapal astronot terdampar (Dax Shepard) yang pergi untuk menghilangkan sumber panas rumah (di mana Walter menurunkan alat pengatur panas rumah) dan menyiapkan sofa yang dibakar dan mendorongnya ke luar ruang angkasa untuk memancing kapal Zorgons pergi dengan tanda panasnya.

Sebagaimana ketegangan saudara meningkat, Walter menuduh Danny dari kecurangan dengan memindahkan pion sebelum waktunya, tetapi ketika Walter mencoba untuk mengoreksinya, permainan bereaksi seolah-olah Walter yang curang dan melempar dia keluar dari rumah ke ruang hampa udara, namun Astronot tersebut menyelamatkannya. Pada giliran berikutnya Walter, ia menerima kartu yang memungkinkan dia untuk membuat keinginan, dan menganggap membuat keinginan untuk membuat Danny pergi. Astronot dengan cepat memperingatkan dia bahwa ia dan adiknya sendiri telah memainkan permainan beberapa tahun yang lalu, dan dia juga telah menerima kartu yang sama. Dia berharap adiknya pergi, tapi ini menyebabkan dia terjebak dalam permainan selamanya tanpa pemain kedua. Kedua bersaudara setuju untuk bekerja bersama untuk menyelesaikan permainan segera.

Lisa terbangun dari stasisnya, dan tidak menyadari peristiwa saat ini, dan mengatur termostat. Hal ini menyebabkan Zorgons kembali, jangkar kapal mereka ke dalam rumah. Keempatnya mengungsi ke lantai atas, tetapi menyadari bahwa mereka telah meninggalkan permainan dilantai bawah. Danny menggunakan lift makanan rumah untuk menyelinap melewati alien dan mengambil permainan. Danny berhasil mendapatkan permainan kapal salah satu kapal, tetapi tertangkap oleh Zorgons ketika ia mencoba untuk kembali ke lift makanan. Walter menggunakan robot yang sebelumnya dibawa oleh giliran awal untuk menyerang Zorgons, dan alien mundur. Sebagai saudara terus memainkan permainan, Walter menerima kartu keinginan lain, ia menggunakannya untuk membawa kembali saudara Astronot, yang ternyata Danny. Astronot menjelaskan ia adalah Walter yang lebih tua dari alternatif timeline. Danny dan Walter menyentuh rekan-rekan mereka, yang membuat mereka lenyap.

Para Zorgons kembali ke rumah dengan armada besar, bertekad untuk menghancurkannya. Danny masuk langkah terakhir untuk mendarat di Zathura; di ruang angkasa, itu mengungkapkan bahwa Zathura adalah lubang hitam raksasa yang bisa mengisap armada kapal Zorgon dan rumah itu. Ketiga anak itu menemukan diri mereka di rumah seperti sebelum mereka mulai pertandingan di Bumi, dan ayah mereka tiba di rumah dan ibu mereka datang untuk menjemput mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sutradara Jon Favreau lebih suka menggunakan efek praktis bukan CGI di film. "... itu begitu menyenangkan untuk benar-benar memotret pesawat ruang angkasa nyata atau memiliki robot nyata berlarian di lokasi syuting, atau Zorgons nyata dibangun oleh Stan Winston. Ini memberi para aktor, aktor muda khususnya, begitu banyak untuk bekerja di luar dari," katanya.[2] Dax Shepard, yang bermain astronot dalam film,. mengatakan bahwa ia tidak akan tertarik untuk melakukan film jika efek telah "berbasis CGI".[3] Aktris Kristen Stewart menikmati efek pada set, mengatakan bahwa, "Ketika kita tombak dinding dan merobek mereka keluar, kami benar-benar melakukannya. Ketika ada api di lokasi syuting, ada benar-benar kebakaran," dan, "itu layar hanya hijau aku pernah terlibat dengan untuk membiasakan tersedot keluar ke lubang hitam."[4] Model miniatur yang digunakan untuk membuat pesawat ruang angkasa, dan menikmati Favreau akan kembali ke teknik yang digunakan dalam film-film sebelumnya banyak seperti trilogi asli Wars Star.[5] Namun, dalam beberapa gambar kapal Zorgon yang dihasilkan komputer, dan efek digital yang digunakan dalam gambar lainnya, seperti menciptakan meteor dan planet-planet, untuk menambah yang dihasilkan komputer kaki dan tangan pada setelan robot dibangun oleh Stan Winston Studio, untuk tambahan digital setelan Zorgon (yang dibangun sehingga kepala keluar dari bagian depan setelan dimana adalah bagian dada aktor dan aktor mengenakan kerudung blue screen di atas kepalanya sendiri), dan untuk menciptakan hasil keseluruhan Zorgon komputer untuk satu gambar.[6] Menurut Pete Travers, Pembimbing visual efek dalam film untuk Sony Pictures Imageworks, tetap mempertahankan digayakan "1950s sci-fi look" dari buku Van Allsburg itu "adalah aspek yang sangat penting tentang efek".[7]

Favreau berkecil gagasan bahwa film ini adalah sequel, lebih dahulu Jumanji, yang telah tidak menyukai film itu. Kedua ia dan penulis Chris Van Allsburg (yang juga menulis buku dengan nama yang sama atas nama berbasis Jumanji) menyatakan bahwa Zathura sangat berbeda dengan Jumanji.[8]

Soundtrack film ini adalah skor asli karya John Debney dan telah tersedia dalam CD.[9]

Rilisan[sunting | sunting sumber]

Studio hyped merilis Zathura dalam upaya untuk membangkitkan lisan, dengan mengikat termasuk episode The Apprentice menampilkan daya tarik keluarganya.

Resepsi kritis[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat ulasan yang sebagian besar positif dari kritikus, tetapi saat ini memegang 76% "Certified Fresh" peringkat persetujuan di Rotten Tomatoes. [10] Stephen Holden dari The New York Times mengatakan Zathura kaya gratifies fantasi anak-anak, "tidak hanya untuk bermain papan permainan, tetapi untuk memproyeksikan diri ke dunianya."[11] Desson Thomson dari The Washington Post menulis bahwa Zathura memiliki "ketertarikan, rasa heran kekanakan."[12]

Tempat penjualan karcis[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari penilaiannya, film ini dianggap gagal karena untuk $ 13.427.872 akhir pekan pembukaannya bruto, peringkat # 2 hanya untuk akhir pekan, jauh di belakang Chicken Little Lebih buruk lagi, ia kehilangan 62% dari penonton akhir pekan depan, karena pembukaan penting Harry Potter and the Goblet of Fire. Itu berakhir jijik hanya $ 29.258.869, kurang dari setengah 65 juta dolar anggaran. Jumlah box office internasional adalah $ 35.062.632, untuk total $ 64.321.501 di seluruh dunia, hanya di bawah anggaran film. Kesamaan alur dengan Jumanji mungkin penghancurannya, dengan seorang pengamat menyebutnya sebagai "Jumanji di ruang angkasa tanpa Robin Williams".[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Van Allsburg, Chris (November 2002). Zathura : a space adventure. Houghton Mifflin. ISBN 978-0-618-25396-8. 
  2. ^ Murray, Rebecca. "Interview with "Zathura" Director Jon Favreau: Jon Favreau on the Practical Effects in "Zathura" and His Young Stars". About.com. Diakses 2008-07-19. 
  3. ^ Murray, Rebecca. "Dax Shepard Discusses "Zathura": Interview with Dax Shepard at the LA Premiere of "Zathura"". About.com. Diakses 2008-07-19. 
  4. ^ Barker, Lynn (2005-11-08). "Kristen Stewart: Zathura". TeenHollywood. TeenHollywood.com II Inc. Diakses 2008-07-20. 
  5. ^ Szymanski, Mike. "Interview: Jon Favreau and company get board with space exploration in Chris Van Allsburg's Zathura". Science Fiction Weekly. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-06-17. Diakses 2008-07-19. 
  6. ^ Robertson, Barbara (November 2005). "The Game's Afoot: Digital effects help shift time and space in the movie Zathura". Computer Graphics World 25: 18–23. 
  7. ^ Wolff, Ellen (2005-11-11). "Imageworks Goes Retro Sci-Fi With Zathura". VFXWorld. AWN, Inc. Diakses 2008-07-20. 
  8. ^ Whipp, Glenn (2005-11-12). "'Zathura' creators shun sequel 'Jumanji' label". The San Diego Union-Tribune. Union-Tribune Publishing Co. Diakses 2008-07-21. 
  9. ^ Soundtrack info
  10. ^ "Zathura (2005)". Rotten Tomatoes. Diakses August 30, 2009. 
  11. ^ "From Suburbia and Stranded Somewhere Near Saturn". New York Times. November 11, 2005. 
  12. ^ "'Zathura' Plays Well on the Big Screen". Washington Post. November 11, 2005. 
  13. ^ "Black Hole Fun". Luke Baumgarten, Pacific Northwest Inlander. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Jumanji