Iron Man (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Iron Man
Ironmanposter.JPG
Poster
Sutradara Jon Favreau
Produser Avi Arad
Kevin Feige
Penulis Skenario:
Arthur Marcum
Matthew Hollaway
Mark Fergus
Hawk Ostby
Buku Komik:
Stan Lee
Larry Lieber
Don Heck
Jack Kirby
Pemeran Robert Downey Jr.
Terrence Howard
Gwyneth Paltrow
Jeff Bridges
Musik Ramin Djawadi[1]
Sinematografi Matthew Libatique
Studio Marvel Studios
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis 30 April 2008[2][3]
 Amerika Serikat 2 Mei 2008
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $186 juta
Diikuti oleh Iron Man 2

Iron Man adalah sebuah film yang berdasarkan tokoh Marvel Comics Iron Man. Film ini disutradarai oleh Jon Favreau dan dibintangi Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow, Terrence Howard, dan Jeff Bridges. Film ini dirilis pada 2 Mei 2008 di Amerika Serikat.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Tony Stark (Robert Downey Jr.) adalah pemimpin dari Stark Industries, sebuah perusahaan kontraktor militer utama yang ia warisi dari mendiang ayahnya. Stark adalah seorang jenius inventif dan ajaib, namun dia juga playboy. Setelah diwawancarai oleh Christine Everhart, ia membuatnya terpesona ke seks malam itu. Keesokan paginya asisten Stark, Virginia "Pepper" Potts (Gwyneth Paltrow), mengirimnya pulang.

Sementara rekan lama ayahnya, Obadiah Stane (Jeff Bridges), menjaga operasional sehari-hari, Stark terbang ke Afghanistan yang dilanda perang bersama teman dan penghubung militernya, letnan kolonel James Rhodes (Terrence Howard), untuk demonstrasi senjata baru Stark, rudal "Jericho". Setelah itu, konvoi militer Stark diserang dan dia terluka kritis. Stark menemukan dirinya sebagai tawanan kelompok teroris Afghanistan yang dikenal sebagai Sepuluh Cincin. Sebuah elektromagnet telah ditanam di dadanya oleh Dr. Yinsen untuk menjaga pecahan peluru mendekat ke hatinya dan membunuhnya. Pemimpin Sepuluh Cincin, Raza, menawarkan kebebasan untuk Stark dengan membangun rudal Jericho untuk kelompoknya. Yinsen kemudian menegaskan kecurigaan Stark bahwa Raza tidak akan menepati janjinya.

Selama tiga bulan kurungan, Stark dan Yinsen diam-diam membangun sebuah baju besi kasar yang diaktifkan oleh miniatur reaktor arc, dimana Stark membangunnya untuk daya elektromagnetnya. Para teroris akhirnya menjadi tidak sabar dan memberikan Stark 24 jam untuk menyelesaikan. Batas waktu akan berakhir sebelum tuntutan sepenuhnya diaktifkan, sehingga Yinsen mengalihkan perhatian para penjaga sementara Stark mengisi tenaga pada baju besinya. Stark berlapis baja bertempur untuk keluar dari gua dan menemukan Yinsen sekarat, yang memberitahu dia untuk tidak membuang-buang waktunya. Stark membakar semua amunisi teroris dan terbang, hanya untuk kecelakaan di padang gurun, Stark bertahan, tapi setelan prototipe ini hancur. Setelah diselamatkan oleh Rhodes, Stark mengumumkan bahwa perusahaannya tidak akan lagi memproduksi senjata. Stane menyarankan Stark bahwa hal ini mungkin merusak Stark Industries.

Stark mulai memfokuskan energinya untuk membangun sebuah versi perbaikan untuk setelannya serta reaktor arc yang lebih kuat untuk dadanya. Kemudian, selama penampilan publik pertama Stark setelah ia kembali, Everheart memberitahu dia bahwa senjata Stark Industries, termasuk "Jericho", baru-baru ini dikirimkan kepada Sepuluh Cincin dan sedang digunakan untuk menyerang kampung halaman Yinsen. Dia juga belajar bahwa Stane mencoba mengusir dia dari perusahaannya sendiri. Dalam perjalanan pulang, Stark ditembak oleh dua jet tempur F-22 Raptor. Dia memberitahukan kepada Rhodes identitas rahasianya dalam upaya untuk membatalkan serangan padanya, tapi ia memutuskan untuk kabur dengan usahanya sendiri. Stark mengirim Potts untuk meretas sistem komputer perusahaan. Dia menemukan Stane telah memasok teroris dengan senjata Stark dan menyewa Sepuluh Cincin untuk membunuh Stark, tetapi kelompok tersebut mengingkari kesepakatan setelah mengetahui siapa target itu. Potts kemudian bertemu dengan Agen Phil Coulson dari "Intervensi Tanah Air Strategis, Penegakan dan Divisi Logistik" (S.H.I.E.L.D.), sebuah lembaga rahasia pemerintah, untuk memberitahukan kepadanya tentang kegiatan Stane.

Stane mengunjungi Sepuluh Cincin dan setelah mendapat potongan dari setelan prototipe yang hancur, kelompok tersebut dieksekusi. Dia kemudian melakukan rekayasa balik untuk setelannya sendiri dari setelan pertama Stark, namun, para ilmuwan itu tidak dapat menduplikasi reaktor arc milik Stark. Tidak terpengaruh, Stane menyerang Stark di rumahnya, menggunakan perangkat sonik untuk melumpuhkan dia, mengambil reaktor arc dari dada Stark dan meninggalkan dia. Namun, Stark berhasil mendapatkan dan menginstal ulang reaktor pertamanya. Sementara itu, Potts dan beberapa agen S.H.I.E.L.D. pergi untuk menahan Stane, hanya untuk diserang oleh dia dengan setelannya yang sekarang telah bekerja bernama Iron Monger.

Stark pergi untuk menyelamatkan tetapi ia tidak sebanding dengan Stane, karena reaktor tuanya yang kurang bertenaga untuk setelan saat ini. Dia menjebak Stane di atap bangunan Industri Stark dan menginstruksikan Potts untuk membebani reaktor arc berukuran penuh di dalam gedung. Hal ini melepaskan gelombang listrik besar yang membuat Stane pingsan dan membuat dia jatuh melalui langit-langit langsung ke dalam reaktor dan tampaknya membunuh dia.

Pada hari berikutnya, pers telah menjuluki orang misteri, Stark dalam baju besinya, sebagai Iron Man. Sebelum berbicara pada sebuah konferensi pers, Stark sebentar membuat suatu usaha untuk membangun hubungan romantis dengan Potts, tetapi ditolak. Stark mulai memberitahukan cerita yang diberikan kepadanya oleh S.H.I.E.L.D., tapi kemudian mengumumkan bahwa dia adalah Iron Man.

Dalam adegan setelah kredit, direktur S.H.I.E.L.D. Nick Fury (Samuel L. Jackson) mengunjungi Stark di rumahnya, dan, mencatat bahwa Iron Man "bukan satu-satunya superhero di dunia", ia mengatakan ingin membahas "Avenger Initiative".

Para pemain[sunting | sunting sumber]

Aktor Sebagai
Robert Downey Jr. Tony Stark / Iron Man
Terrence Howard Lt. Colonel James "Rhodey" Rhodes
Gwyneth Paltrow Virginia "Pepper" Potts
Jeff Bridges Obadiah Stone / Iron Monger
Shaun Toub Yinsen
Leslie Bibb Christine Everhart
Jon Favreau Happy Hogan
Samuel L. Jackson Nick Fury
Gerard Sanders Howard Stark


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]