Vision (Marvel Cinematic Universe)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vision
Tokoh WandaVision
Paul Bettany sebagai Vision dalam miniseri WandaVision (2021)
Penampilan
perdana
Avengers: Age of Ultron (2015)
Penampilan
terakhir
Didasarkan
dari
Vision
oleh
Diadaptasi
oleh
Joss Whedon
PemeranPaul Bettany
Pengisi suaraPaul Bettany (What If...?)
Informasi
Nama lengkapThe Vision
Alias
  • Vis (oleh Wanda Maximoff)
  • My Vision (oleh Ultron)
  • Illusion (alter ego / dalam realitas WestView yang dibelokkan)
  • Cowboy (oleh Monica Rambeau / dalam realitas WetView yang dibelokkan)
  • Diane (oleh Wanda Maximoff / dalam realitas WestView yang dibelokkan)
  • Bro-Ham-In-Law, Traffic light, Half-Shucked Corn (oleh Ralph Bohner / dalam realitas WestView yang dibelokkan)
  • Soul Vision [1](nama editorial / sebagai kreasi ulang Chaos Magic Wanda)
  • White Vision (sebagai kreasi ulang S.W.O.R.D)
JulukanVision
SpesiesSynthezoid
Jenis kelamin
  • Laki-laki (diprogram dengan suara dan penampilan maskulin)
PekerjaanAvengers (sebelumnya)
AfiliasiAvengers (sebelumnya)
SenjataMind-Stone
Pihak lain
  • Wanda Maximoff (istri)
  • J.A.R.V.I.S (templat)
  • White Vision (kreasi ulang)
  • Ultron (templat;linimasa alternatif; What If...?!)
Anak
  • Billy Maximoff
  • Tommy Maximoff
Pencipta
  • Ultron (dengan bantuan Helen Cho)
  • Tony Stark
  • Bruce Banner
Status
  • Non-aktif (dihancurkan oleh Wanda Maximoff / dihidupkan kembali dengan Time-Stone lalu dihancurkan kembali oleh Thanos)
  • Terhapus (sebagai kreasi ulang Chaos Magic Wanda)
  • Aktif (sebagai "White-Vision" / dibuat ulang oleh S.W.O.R.D)


Vision adalah karakter fiksi yang diperankan oleh Paul Bettany di waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU), berdasarkan Marvel Comics karakter dengan nama yang sama. Vision adalah vibranium-synthezoid dengan tubuh yang diciptakan oleh penjahat Ultron di Avengers: Age of Ultron (2015), menggabungkannya dengan the Mind Stone, tetapi kemudian dibawa oleh Tony Stark dan Bruce Banner, dan mereka mengunggah perangkat lunak inti AI Stark, JARVIS, ke tubuh vibranium yang dibuat oleh Ultron, dengan energi yang disediakan oleh Thor. Vision menjadi anggota Avengers dan mengembangkan hubungan romantis dengan Wanda Maximoff.

Vision adalah karakter utama di seluruh MCU yang telah ditampilkan dalam tiga film dan peran utama dalam miniseri Disney + 2021 WandaVision.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Vision adalah synthezoid yang terbuat dari vibranium, dibuat oleh Ultron dengan bantuan Helen Cho, dan dihidupkan oleh artefak kuat yang dikenal sebagai The Mind Stone. Awalnya diciptakan sebagai tubuh sempurna untuk Ultron, tubuh tersebut diambil oleh Avengers sebelum Tony Stark dan Bruce Banner melanjutkan untuk mengunggah sisa-sisa kode A.I. J.A.R.V.I.S. ke dalamnya. Setelah kelahirannya, Vision menyatakan bahwa dia bukanlah Ultron atau J.A.R.V.I.S., tapi yang akan bertarung dengan mereka untuk melindungi umat manusia. Vision kemudian bergabung dengan Avengers dalam Pertempuran Sokovia, menggunakan kekuatannya untuk mencegah Ultron mentransfer kesadarannya ke internet, dan memungkinkan Avengers untuk berhasil mengakhiri rencananya.

Bergabung dengan Avengers[sunting | sunting sumber]

Setelah Serangan Ultron, Vision menjadi anggota resmi Avengers di bawah kepemimpinan Captain America. Namun, ketegangan antara Avengers ini meningkat setelah pembuatan Sokovia Accords, karena Vision melihat persamaan mengenai jumlah ancaman yang terkait dengan tindakan mereka sebagai alasan bagi mereka untuk mengizinkan pengawasan atas tindakan mereka. Hal ini menyebabkan konflik, karena Captain America telah memutuskan untuk menentang Sokovia Accords untuk melindungi The Winter Soldier, yang dijebak oleh Helmut Zemo. Vision terpaksa berpihak pada Iron Man untuk membawa Captain America dan sekutunya ke pengadilan. Selama konflik mereka, Vision terlibat dalam pertempuran yang berakhir ketika Vision secara tidak sengaja menembakkan War Machine dari langit, sementara Avengers terpecah oleh konflik mereka.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Vision kemudian diam-diam meninggalkan Avengers untuk membangun kembali hubungannya dengan Wanda Maximoff. Namun, Vision segera diserang oleh Black Order, yang mencoba mencuri The Mind Stone dari kepalanya di bawah perintah Thanos. Setelah diselamatkan oleh sekutunya, Vision setuju untuk mengeluarkan The Mind Stone dari kepalanya untuk dihancurkan, saat mereka melakukan perjalanan ke Wakanda untuk meminta bantuan Shuri. Upaya mereka tidak berhasil, karena Black Order menyerang Wakanda, sementara Corvus Glaive mampu memaksa Vision yang terluka ke tempat terbuka. Ketika Thanos tiba, Vision meyakinkan Scarlet Witch untuk menghancurkan The Mind Stone, dan seketika membunuhnya, lalu Thanos menggunakan The Time Stone untuk mengembalikan Vision dan membunuhnya lagi dengan merobek kepalanya sehingga ia bisa mendapatkan The Mind Stone, Vision mati untuk kedua kalinya dan Thanos berhasil melenyapkan separuh alam semesta.

Anomali Westview[sunting | sunting sumber]

Tubuh Vision lalu diambil oleh S.W.O.R.D dibawah pimpinan Tyler Hayward dengan upaya untuk mengaktifkannya kembali. Sementara itu di Westview, New Jersey Wanda Maximoff yang larut dalam dukanya atas kehilangan Vision tanpa sadar melepaskan kekuatan masif yang disebut dengan Chaos Magic, menciptakan medan energi yang disebut dengan Hex, yang memerangkap 3000 warga sipil disana. Dimana Maximoff memanipulasi realitas bergaya komedi situasi klasik amerika, dan secara ajaib menciptakan kembali Vision menggunakan Chaos Magic. Disana keduanya menjalani kehidupan pasangan suami istri yang tinggal di pinggiran kota, dan memiliki anak kembar yang diberi nama Tommy dan Billy Maximof.

Berpisah dengan Scarlet Witch[sunting | sunting sumber]

You, Vision... are the piece of the Mind Stone that lives in me. You are a body of wires and blood and bone that I created. - Wanda Maximoff

Dengan dikalahkannya Agatha Harkness dan S.W.O.R.D. yang dilumpuhkan, Vision, bersama dengan Wanda Maximoff dan anak-anak mereka, kembali ke rumah untuk menunggu penghapusan mereka saat Anomali Westview ditutup. Vision dan Maximoff, membawa anak-anak mereka ke atas tempat tidur, dan mengucapkan selamat malam sebelum menuju ke bawah. Ketika mereka melihat Hex yang semakin lama semakin pudar dan mengecil, Vision mengaku tidak yakin apa yang akan terjadi setelahnya, tetapi diyakinkan oleh Maximoff bahwa dia akan melihatnya lagi, saat mereka berciuman. Saat mereka berpegangan satu sama lain, Hex akhirnya ditutup dan Vision menghilang bersama dengan ilusi yang dilemparkan ke kota.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kekuatan Synthezoid / The Mind Stone[sunting | sunting sumber]

Vision adalah konstruksi cerdas, perpaduan sempurna antara bahan organik dan anorganik. Seluruh tubuhnya adalah campuran antara anatomi tubuh sintetis jaringan organik, yang dibuat oleh Helen Cho, dari vibranium, diperkuat oleh kekuatan kosmik The Mind Stone, berfungsi sebagai tubuh yang hidup. Awalnya, tubuh itu dirancang untuk menjadi bentuk sempurna Ultron. Kombinasi vibranium dan energi kosmik dari The Mind Stone yang tertanam di dahinya memberi Vision kekuatan yang sangat besar. Vision juga memiliki kekuatan untuk menembus benda-benda padat.

Tembakan Energi[sunting | sunting sumber]

Vision mampu menarik kekuatan The Mind Stone untuk menembakkan sinar energi kosmik yang kuat dari dahinya. Sinar ini sangat kuat, cukup untuk membelah menara bandara dalam hitungan detik, dan bahkan merusak tubuh vibranium terkuat Ultron. Sinar juga dapat dipantulkan dari objek yang memungkinkannya untuk menembak dari segala arah, seperti menembaki Glaive milik Corvus Glaive dan sekali dibelokkan, sinar tersebut cukup kuat untuk menghancurkan truk.

Interaksi Komputer[sunting | sunting sumber]

Vision mampu meretas pemrograman Ultron melalui kontak fisik dan menonaktifkan kemampuan Ultron untuk memasuki Internet. Namun, usaha besar yang terlibat dalam tugas ini untuk sementara menghabiskan Vision, melumpuhkannya untuk waktu yang singkat.

Kecepatan Super[sunting | sunting sumber]

Dalam WandaVision, Vision juga diperlihatkan memiliki kekuatan kecepatan super, seperti diperlihatkan dalam episode Now In Color, Vision berlari dengan kecepatan tinggi untuk menjeput dr. Nelson untuk membantu proses persalinan Wanda melahirkan anak-anak mereka.

Karakterisasi[sunting | sunting sumber]

Paul Bettany menghadiri acara Comic Con (2019)

Terlepas dari perasaannya terhadap the Scarlet Witch, selama Perang Saudara Avengers memperjelas bahwa dia lebih setia kepada Tony Stark dan orang-orang di Bumi daripada Wanda. Sebagai hasil dari otak superkomputernya, dia mengikuti pilihan paling logis yang tersedia dengan segera dapat melihat Kesepakatan sebagai jalan yang paling tidak tahan ketika datang untuk membantu orang-orang di dunia. Sama seperti Stark, dia sangat pragmatis dan tidak mementingkan diri sendiri jika situasi mengharuskannya menyarankan penghancuran Batu Pikiran sebagai cara untuk mencegah Thanos menyelesaikan tujuannya meskipun tindakan seperti itu berpotensi mengorbankan hidupnya sendiri, Vision bersikeras bahwa satu kehidupan tidak bisa menghalanginya untuk mengalahkan Thanos.

Sesuai dengan statusnya sebagai salah satu dari sedikit yang mampu menggunakan Mjølnir, Vision mampu memberikan belas kasihan yang besar, dengan tegas menyatakan bahwa dia tidak ingin membunuh Ultron dalam beberapa menit pertama kehidupannya. Dia kembali menunjukkan sikap ini selama Perang Saudara Avengers, mengakui bahwa Rogers dan faksi percaya diri mereka berada di kanan sementara juga berhati-hati untuk membatasi kekuatannya untuk meminimalkan bahaya yang mungkin menimpa para lawannya, bahkan menghibur Maximoff setelah dia telah jatuh. Setelah konflik, Vision menghubunginya selama dua tahun berikutnya dalam upaya untuk memperbaiki hubungan mereka.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Sebuah ulasan karakter dari The Hollywood Reporter mencatat: "the Vision versi buku komik menggunakan kostum hijau dan kuning yang mencolok, dicocokkan dengan wajah merah cerah - skema warna yang mungkin sedikit berlebihan untuk yang lebih halus. -warna Marvel Cinematic Universe — tetapi meskipun demikian, campuran ungu, biru dan abu-abu adalah pilihan yang tak terduga, dan tak terduga, untuk karakter Paul Bettany".[2]

Dalam hal fashion dengan tetap mempertahankan penampilan masyarkat umum, Vision berusaha untuk meniru gaya klasik manusia, termasuk mengenakan dasi ascot.[3][4]

Dalam Wandavision (2021), the Vision dibangkitkan oleh S.W.O.R.D dan warna kulitnya berubah menjadi warna putih.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nebens, Richard (2021-03-10). "WandaVision Producer Addresses White Vision's Future In MCU". The Direct (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-02. 
  2. ^ McMillan, Graeme; McMillan, Graeme (2015-01-23). "'Avengers: Age of Ultron's' Vision Finally Revealed Via Funko Toyline". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-02. 
  3. ^ Buchanan, Kyle. "What Do Superheroes Wear In Off-Hours? Captain America: Civil War's Costume Designer Explains". Vulture (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-02. 
  4. ^ published, Adam Holmes (2016-05-07). "So Thats Why Vision's Wearing Those Clothes In Captain America: Civil War". CINEMABLEND (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-02. 
  5. ^ "'WandaVision': What Exactly Happened to the White Vision?" (dalam bahasa Inggris). 2021-03-08. Diakses tanggal 2022-08-02.