Jumanji (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jumanji (film)
Jumanji poster.jpg
Poster Film Jumanji
Sutradara Joe Johnston
Produser Robert W. Cort,
Ted Field,
Larry J. Franco
Penulis Chris Van Allsburg,
Greg Taylor,
Jonathan Hensleigh (naskah)
Pemeran Robin Williams,
Jonathan Hyde,
Kirsten Dunst,
Bonnie Hunt,
Bradley Pierce,
Bebe Neuwirth,
David Alan Grier,
Adam Hann-Byrd,
Patricia Clarkson
Musik James Horner
Sinematografi Thomas Ackerman
Penyunting Robert Dalva
Distributor TriStar Pictures
Tanggal rilis 15 Desember 1995
Durasi 104 menit
Bahasa Inggris
Anggaran ±$65.000.000


Jumanji adalah film thriller-fantasi Amerika Serikat yang dibuat pada tahun 1995. Disutradarai oleh Joe Johnston berdasarkan novel yang ditulis oleh Chris Van Allsburg pada tahun 1981.

Film ini bercerita tentang sebuah permainan ajaib yang didalamnya terdapat binatang-binatang, dan binatang-binatang itu akan keluar jika tertera pada papan. Dan permainan akan usai jika salah satu dari pemain ada yang dapat mencapai titik Jumanji.

Film ini didukung oleh pemain-pemain ternama, seperti Robin Williams, Kirsten Dunst, Bradley Pierce, dan Bonnie Hunt. Dan film ini didedikasikan untuk Stephen L. Price.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1869, 2 orang laki-laki menguburkan sebuah benda. Karena benda itu cukup "berbahaya". Dan ditahun 1969, bocah laki-laki berumur 12 tahun yang bernama Alan Parrish menemukan kembali benda tersebut. Tempat dimana benda itu dikubur dulu, kini berada dekat dengan pabriksepatu milik ayahnya. Dan benda itu adalah sebuah papan permainan yang disebut Jumanji.

Pada saat malam hari, Alan dan temannya, Sarah Whittle bermain bersama permainan itu. Namun keanehan-keanehan terjadi, seperti keluarnya kelelawar dari papan Jumanji. Dan Alan terhisap masuk ke dalam papan dengan instruksi "Di dalam hutan kamu harus menunggu hingga angka yang keluar pada dadu adalah angka 5 atau 8".

26 tahun kemudian tibalah Judy (Kirsten Dunst) dan Peter Shepherd (Bradley Pierce), yang menempati rumah baru bersama tantenya (yang diketahui adalah rumah keluarga Parrish) Dan mereka berdua pun menemukan Jumanji. Dan memainkannya. Hingga salah satu dari mereka ada yang mendapatkan dadu yang angkanya 5 atau 8.

Lalu keluarlah seorang laki-laki Robin Williams, yang diketahui adalah Alan yang dahulu terhisap kedalam papan permainan. Dan mereka bertiga kemudian menuju rumah Sarah (Bonnie Hunt), awalnya Sarah tidak percaya bahwa Alan masih hidup, sebab Alan diyakini telah meninggal.

Dan mereka berempat pun meneruskan permainan Alan dan Sarah yang tertunda selama 26 tahun itu. Berbagai keanehan terus terjadi. Hingga salah satu dari mereka berhasil mencapai titik Jumanji. Dan cerita kembali lagi ke 26 tahun yang lalu, dimana Alan dan Sarah saat bermain Jumanji.

Dan duapuluhenam tahun kemudian, dirumah keluarga Parrish, Alan dan Sarah telah menikah, bahkan Sarah tengah mengandung anak pertama mereka. Mereka bertemu kembali dengan Judy dan Peter.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Gaya Aktor Bahasa Indonesia Dubbing
(televisi)
Alan Parrish Robin Williams
Muda Alan Parrish Adam Hann-Byrd
Sarah Whittle Bonnie Hunt
Muda Sarah Whittle Laura Bell Bundy
Judy Shepherd Kirsten Dunst
Peter Shepherd Bradley Pierce
Samuel Parrish / Pemburu Van Pelt Jonathan Hyde
Nora Shepard Bebe Neuwirth
Petugas Carl Bentley David Alan Grier
Carol-Anne Parrish Patricia Clarkson
Jim Shepherd Malcolm Stewart
Martha Shepherd Annabel Kershaw
Khusus Efek Suara Frank Welker
Lion/Buaya Suara Tom Woodruff Jr.
(tidak dikreditkan)

Lain-Lain[sunting | sunting sumber]

  • Ditahun 1996 hingga 1999, TV series Jumanji diproduksi dalam bentuk animasi.
  • Zathura diproduksi sebagai sekuel dari film ini. namun di film yang kedua ini, tidak dapat menandingi film Jumanji yang berhasil meraih box office.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]