Yulita Intan Sari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yulita Intan Sari
Lahir27 Juli 1989 (umur 34)
Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainYulita MCI 5
Mama Lita
PekerjaanIbu rumah tangga
Jurutama masak
Pengusaha
Kota asalBanjarmasin, Kalimantan Selatan
Suami/istri
Ananda Rizky Pratama
(m. 2009; meninggal 2020)
Anak3
Karier kuliner
Gaya masakMasakan Indonesia
Masakan Asia
Masakan Fusion
Dessert
Restoran saat ini
  • Tudung Saji Mama Lita (2019–sekarang)
Acara televisi

Yulita Intan Sari atau yang akrab dipanggil Mama Lita (lahir 27 Juli 1989) adalah seorang ibu rumah tangga, jurutama masak, pengusaha dan YouTuber berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal berkat keikutsertaannya dalam ajang MasterChef Indonesia musim kelima yang ditayangkan di RCTI pada tahun 2019.[1][2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Yulita menikah dengan seorang pria bernama Ananda Rizky Pratama sejak 2009. Melalui kanal YouTube-nya, Yulita menceritakan bahwa mereka pertama kali bertemu di bangku SMP. Namun pada saat itu, Ananda berpacaran dengan teman Yulita. Hingga akhirnya mereka sama-sama lulus dan sempat menghilang tak ada kabar. Di kemudian hari, mereka pun kembali bertemu dan menikah. Yulita dan Ananda telah dikaruniai tiga orang anak bernama Bhumi Keenan Pratama, Kyandra Rezvan Atharizz dan Gentha Kalea Putrianda. Namun, Ananda meninggal dunia pada 27 November 2020. Ananda yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meninggal dunia usai diduga terinfeksi COVID-19. Beredar kabar yang mengatakan dua minggu sebelumnya, Ananda Rizky Pratama mengalami masalah pada paru-parunya.[3][4]

Awal karir[sunting | sunting sumber]

Yulita adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Keahlian memasaknya ini didapatkannya secara otodidak. Ibu rumah tangga ini sama sekali tidak pernah mengemban pendidikan berbasis kuliner. Semuanya didapatkan secara mandiri. Dukungan dan bantuan keluarga membuatnya selalu semangat untuk memasak.

Yulita lebih menguasai masakan khas Nusantara. Tak selalu mengikuti resep pakem yang sudah ditentukan, ibu tiga anak ini selalu memberikan inovasi terbaru, supaya cita rasa masakan Indonesia makin lezat.[5]

Perjalanan di MasterChef Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2019, ia menjadi salah satu peserta dalam program pencarian bakat memasak MasterChef Indonesia musim kelima yang tayang di RCTI dan berhasil lolos ke babak 4 besar.

Pada babak audisi yang ditayangkan pada tanggal 3 Maret 2019, Yulita mengolah hidangan opor ayam yang berhasil membuatnya lolos ke babak Boot Camp—setelah mendapat 2 apresiasi dari kedua juri yaitu Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek.

Selama babak Boot Camp, Yulita lolos pada babak Skill Test pada kloter kedua—mengupas udang dan membersihkan daging udang sebanyak mungkin yang berhasil membuatnya masuk ke galeri MasterChef Indonesia.

Selama berkompetisi di galeri MasterChef Indonesia, Yulita pernah memenangkan 4 tantangan yaitu pada tantangan umbi-umbian, tantangan membuat dua masakan daging sapi bagian iga (rib eye), 1 tantangan Pair-with-Family Memory Challenge dan tantangan tim (Off-Site Team Challenge).

Yulita tereliminasi dalam babak 4 besar setelah gagal dalam pressure test membuat sushi dan sashimi platter, melawan Kaisha Fridayassie dan Stefani Horison.

Duta Merek[sunting | sunting sumber]

  • MEG Cheese (2022)

Televisi[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Saluran TV Peran
2019 MasterChef Indonesia musim kelima RCTI Kontestan
Wow Banget Trans7 Bintang Tamu
Ini Talkshow NET.
Opera Van Java Trans7
Rumah Seleb MNCTV
2021, 2022 Rumpi (No Secret) Trans TV
2021 OK Chef RCTI
Dapur Ngebor MNCTV Asisten Pembawa Acara (Tentatif)
Morning Update iNews Bintang Tamu
Amanah Islam NET.
2022 Uang Kaget Lagi Spesial Tahun Baru: Dobel Kagetnya MNCTV
Bedah Rumah Lagi
Diary The Onsu Trans TV
Ngonten SEA Today
Barakallah SCTV
Cooking is Fun Kompas TV Pembawa Acara
2022, 2023 Dream Box Indonesia Trans TV Bintang Tamu
2023 Nyari Makan BTV
Konser Ngabuburit Nikmatnya Ramadan iNews
Family 100 MNCTV
Tukang Makan GTV
Dahsyatnya RCTI 34 RCTI
Dahsyatnya Pesta Rakyat HUT 78 TNI
MNC Group 34 Anniversary Celebration

Iklan[sunting | sunting sumber]

Tahun Produk
2022 Lazada

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sanitha (2021-08-16). "Yulita Masterchef Indonesia". Dailysia. Diakses tanggal 2021-11-10. 
  2. ^ Pranoto, Edy (2021-08-19). "Profil dan Biodata Yulita MasterChef Season 5 RCTI, Mama Lita MCI Unggah Foto dengan Firhan Ashari di IG". Pikiran-Rakyat.com. Diakses tanggal 2021-11-14. 
  3. ^ Nopiyanti, Yuli (2020-11-28). "Biografi dan Profil Lengkap Mama Lita MasterChef Indonesia, Suami Meninggal Diduga COVID-19". correcto.id. Diakses tanggal 2021-11-14. 
  4. ^ Puspita, Arum (2020-11-28). "Biodata Lita Masterchef Indonesia 5 yang Suaminya Meninggal Dunia Kemarin, Fans Berat Chef Juna". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2021-11-14. 
  5. ^ Rahman, Naufal Al (2020-09-11). "Biografi dan Profil Yulita MasterChef yang Selalu Mencuri Perhatian". IDN Times. Diakses tanggal 2021-11-13. 
Didahului oleh:
Shella Jane Lokito
MasterChef Indonesia
Tempat Keempat

2019
Diteruskan oleh:
Fransisca