Yakitate!! Japan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yakitate!! Japan
Yakitate!! Japan volume 1.jpg
Sampul depan dari manga Yakitate!! Japan volume 1
焼きたて!! ジャぱん
Genre komedi, kuliner
Manga
Pengarang  Takashi Hashiguchi
Penerbit  Shougakukan
Penerbit bahasa Inggris Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat VIZ Media
Penerbit lainnya Bendera Perancis Bendera Quebec Delcourt
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Bendera Jerman Egmont Manga & Anime
Bendera Spanyol Ivrea
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Sunday
Tanggal Terbit 20022007
Volume 26
Anime
Sutradara  Yasunao Aoki
Studio Sunrise
Rilis 12 Oktober 200414 Maret 2006
Portal Anime dan Manga

Yakitate!! Japan (bahasa Jepang: 焼きたて!! ジャぱん) adalah manga yang dikarang oleh Takashi Hashiguchi (橋口たかし) dan diterbitkan oleh Shogakukan dalam majalah komik mingguan Shonen Sunday. Anime-nya diproduksi oleh Sunrise sejak Oktober 2004 dan telah ditayangkan sebanyak 69 episode oleh TV Tokyo dan channel lokal Jepang lainnya secara mingguan dan selesai pada Maret 2006.

Komik tankoubon Yakitate!! Japan ke-21 telah diterbitkan di Jepang pada bulan Januari 2006. Tankoubon Yakitate!! Japan di sana diterbitkan oleh VIZ Media[1]. Karena kepopulerannya di Jepang, pada tahun 2004 Yakitate!! Japan memenangkan penghargaan Shonen manga terbaik.

Yakitate!! Japan pertama kali dipublikasikan di Indonesia melalui majalah komik bulanan Shonen Star edisi pertama yang lisensinya dipegang oleh Elexmedia Komputindo, namun sampai saat ini anime-nya belum ditayangkan.

Garis besar cerita[sunting | sunting sumber]

Yakitate!! Japan menceritakan Azuma Kazuma, seorang remaja yang berkeinginan untuk membuat roti spesial buatan Jepang yang disebut Japan. Ia pergi ke Tokyo untuk menambah keahliannya dan bergabung dengan bakery terkenal di Jepang, Pantasia.

Di awal cerita, ia harus mengikuti seleksi terlebih dahulu dan bertemu dengan Kawachi Kyousuke yang usil padanya, namun ia mengundurkan diri sewaktu final ketika melawan Kai Suwabara, seorang samurai yang juga artisan roti. Tsukino Azusagawa, cucu dari Direktur Pantasia, melihat bakat Azuma dan mengajak mereka bekerja di Pantasia cabang Tokyo Selatan, yang dimilikinya dan dikelola oleh Manajernya, Ken Matsushiro.

Arti dari judul cerita ini, Yakitate!! (焼きたて!!) berarti roti yang baru saja selesai dipanggang, dan Japan, berasal dari gabungan dari Ja (atau Jya [ジャ] dalam bahasa Jepang yang merupakan singkatan dari bahasa Inggris Japan), dan Pan [ぱん] yang berarti roti yang berasal dari bahasa Portugis "pão".

Dalam bahasa Jepang, setiap roti dari negara yang berbeda diberi nama sesuai nama negaranya yang ditambah akhiran Pan [ぱん] seperti roti Perancis menjadi "Furansupan", roti rye Jerman menjadi "Doitsupan", roti Italia menjadi "Itariapan".

Azuma yang merupakan artisan roti yang berbakat, sejak kecil ia memiliki keahlian yang hanya sedikit orang yang memilikinya, yaitu Solar Hands yang diartikan Tangan Matahari.

Solar Hands adalah suatu keahlian di mana telapak tangan pemiliknya menjadi hangat sesuai suhu tubuh bagian dalamnya. Biasanya pada orang kebanyakan suhu telapak tangan sedikit lebih rendah dibandingkan suhu tubuh bagian dalam. Hal ini dikarenakan pada saat darah menyebar ke bagian tangan, darah melepaskan kalor karena terpengaruh suhu luar tubuh, namun pada pemilik Solar Hands ini darahnya memiliki suatu kekuatan untuk menjaga suhu tangannya tetap hangat.

Lalu apa hubungannya dengan pembuatan roti? Jelas ada, karena jika adonan roti yang beragi diolah pada suhu yang dingin, ragi tersebut tidak akan berkembang karena ragi tidak tahan terhadap suhu dingin. Walaupun suhu ruangan sudah cukup hangat, namun apabila tangan seorang pembuat roti terlalu dingin, maka akan sulit untuk menguleni adonan roti agar dapat mengembang dengan pas. Maka dengan Solar Hands, dan apabila ditunjang dengan suhu ruangan yang hangat maka akan dapat membantu ragi mengembangkan adonan dengan lebih cepat dari biasanya.

Walaupun Yakitate!! Japan memfokuskan ceritanya pada roti, namun banyak kejadian lucu dan menarik dari kisah ini, misalnya saja reaksi-reaksi (Reaction) para Judge (Juri) setelah memakan roti-roti yang telah dibuat. Tentu saja hal ini mengakibatkan cerita ini sangat disukai karena salah satu di antaranya reaksi-reaksinya yang sangat lucu dan terlalu melodramatik.

Roti-roti dalam Yakitate!! Japan sepertinya merupakan khayalan belaka, namun banyak di antaranya adalah buatan seorang baker rekan dari Takashi Hashiguch, Kouichi Uchimura (内村 浩一 Uchimura Kōichi) roti-roti dalam Yakitate!! Japan banyak yang merupakan kreasinya sendiri, dan ada pula yang ia buat setelah roti tersebut telah dirilis dalam manga ataupun animenya. Kouichi Uchimura memiliki bakery di Kyoto yang bernama Pan no Mimi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pantasia Southern Branch Store (Pantasia Cabang Tokyo Selatan)[sunting | sunting sumber]

Artisan roti yang bercita-cita membuat Ja-pan terbaik.

Azuma Kazuma.png

Ia kelihatannya tidak pintar, namun dalam hal roti ia sangat jenius. Ia juga memiliki pengetahuan tentang beras karena kakeknya adalah seorang petani beras. Azuma memiliki Solar Hands (Tangan Matahari) yang sangat membantunya dalam membuat roti (Keterangan lebih lanjut lihat di atas). Sangat optimis dan ceria, ia sangat jarang berputus asa dalam pertandingan roti apapun, namun kadang ia mengalaminya tetapi setelah itu ia pasti dapat bangkit kembali oleh bujukan teman-temannya. Ia mendapat ilham tentang berbagai Ja-pan dari berbagai sumber, seperti dari masakan-masakan Jepang dan kakeknya yang terlalu banyak bicara yang juga seorang petani beras. Azuma juga pintar dalam mental aritmatika dalam soal yang diberikan Pierrot padanya untuk mengulur waktu.

Roti milik Azuma bernama Japan. Dia memiliki 61 percobaan Japan yang dibuatnya demi menghasilkan roti kebangsaan di Jepang. pertama kali Yakitate!! Japan dimulai, Azuma masih memiliki 55 percobaan Japan. sementara sisa 6 percobaannya didapat dari berbagai sumber, yaitu Japan #56 sampai Japan #61. 3 Japan andalan Azuma adalah Japan #44, Japan #51 Kai, Japan #56, dan Japan #61. Japan #44-nya adalah Roti Petalite Surgawi yang mampu membawa orang yang memakannya ke Surga. Sementara Japan #51 Kai adalah Japan yang didapat dari semangat Kai Suwabara dan membuatnya muncul ide membuat Roti Sport dengan Kacang Hitam, Nori, Sutra dan Belut dengan warna yang serupa tapi lebih hijau dari Japan #56-nya, Japan #56 ini adalah Black Japan, dengan bentuk Croissant berwarna Hitam yang dapat membawa orang ke sejarah Putri Kaguya. Dan Japan #61-nya adalah Taima Do-Natsu Pan atau Roti Donat Cannabis yang mampu membawa orang yang memakannya ke masa lalu. Semua Japan andalannya dibuat dengan penuh cita rasa tinggi oleh Azuma

  • Kyousuke Kawachi (河内 恭介 Kawachi Kyōsuke ) Seiyuu : Shuhei Sakaguchi

Rival dan teman kerja Azuma, berasal dari Kansai.
Sebenarnya Kawachi memiliki pengalaman yang lebih dari Azuma, namun semakin berkembangnya cerita ia menjadi orang yang kelihatannya lebih bodoh dari Azuma, karena itu Kawachi sering menjadi bahan lelucon dalam manga ini. Ucapannya yang sering dilakukan adalah "Apaa???" atau "Nanyate???" dalam bahasa Jepang. Kawachi berusaha menjadi rival Azuma, namun di dalam cerita mereka berdua terlihat seperti kakak beradik. Kawachi mendapatkan "Solar Gauntlet" dibantu oleh Tsukino untuk berusaha mengimbangi Azuma dengan latihan khusus. Kawachi menjadi seorang baker untuk berusaha memenuhi impian ayahnya yang berkali-kali gagal untuk bergabung di Pantasia dan akhirnya meninggal dalam kebakaran di rumah mereka. Kawachi di dalam serial ini berganti model rambut empat kali.

  • Tsukino Azusagawa (梓川 月乃 Azusagawa Tsukino) Seiyuu : Chihiro Otsuka

Cucu dari pemilik Pantasia, dan ia diajar oleh Matsushiro Ken. Tsukino masih seorang pelajar SMA, namun ia sepulang sekolah selalu pergi ke Pantasia untuk menyemangati pegawai-pegawainya. Tsukino sangat baik dan rendah hati, namun saudara-saudara tirinya selalu jahat padanya. Tsukino dianggap sebagai anak terkutuk oleh saudaranya karena ia lahir dari ibu yang berbeda dengan mereka. Namun ia tidak pernah marah akan mereka berdua, walaupun abu makam ibunya pernah dibuang ke pohon mati oleh Yukino, kakak tirinya. Tsukino sangat dekat dengan pegawai-pegawainya di Pantasia cabang Tokyo selatan karena ia memiliki perhatian dengan mereka. Kawachi juga memiliki Solar Gauntlet karena bantuannya. Ia mengagumi Azuma karena kemampuan tersembunyi yang ada padanya. Tsukino menjadi direktur Pantasia setelah turnamen Monaco Cup berakhir.

  • Ken Matsushiro (松代 健 Matsushiro Ken) Seiyuu : Hiroki Touchi

Manajer dari Pantasia cabang Tokyo selatan.
Ken (Atau biasa dipanggil Manajer atau Mr. M di Anime) adalah orang yang tinggi kekar, berambut afro dan berkacamata hitam. Ia jago dalam membuat roti Perancis yang artistik, mudah dikonsumsi, dan tidak menimbulkan alergi pada orang yang tidak kuat memakan mentega susu sapi. Dulu ia adalah teman seperjuangan dengan Meister Kirisaki dan Mokoyama, dan juga guru dari Kuroyanagi. Namun setelah ia menemukan bakat terpendam Kuroyanagi sebagai kritikus makanan, ia marah pada Kuroyanagi yang memilih jalan yang salah dan tidak mengizinkannya untuk menjadi muridnya lagi. Manajer sangat suka menggoda Kawachi untuk memberinya ide membuat roti, dan sering membuat Kawachi melamun dan memikirkannya.
Manajer akhirnya juga mendapatkan jalannya yang benar, yaitu sebagai pemimpin bos mafia menggantikan Kanmuri dan saudaranya Tsutsumi yang mengambil jalannya sebagai artisan roti.

  • Shigeru Kanmuri (茂冠 Kanmuri Shigeru) Seiyuu : Marina Inoue

Adik kelas Kuroyanagi dan pembuat roti berbakat di Pantasia.
Kanmuri adalah seorang pembuat roti berbakat di Pantasia. Sebelum ia bekerja di Pantasia cabang Tokyo selatan bekerja pada kakak "iblis" Tsukino, Yukino Azusagawa. Pertama kali ditemui Azuma di pertandingan pegawai baru di semifinal. Kanmuri memiliki Solar Hands seperti Azuma dan sangat jenius karena telah lulus dari Harvard setelah Kuroyanagi di umur 16 tahun. Ia juga adalah adik kelas Kuroyanagi yang suka memanggilnya "Senpai". Ia menyerahkan predikatnya untuk mengikuti Monaco Cup pada Kawachi untuk menjaga toko dan mengatur strategi mendapatkan 10.000.000.000 Yen, dan kembali bergabung dengan Kawachi dan Azuma dalam mengikuti turnamen Yakitate!! 25 (Dalam anime Yakitate!! 9).
Kanmuri merupakan salah satu dari dua orang yang dicalonkan menjadi pimpinan Yakuza di Hashiguchi Company (Organisasi gangster terkuat di Jepang). Walaupun ia hanya ingin menjadi pembuat roti, namun muncul masalah karena kakaknya yang calon penerus yakuza pula, Tsutsumi Masanobu tidak mau menerima posisi sebagai pemimpin yakuza dan memilih untuk tetap menjadi koki.

  • Kageto Kinoshita (木下陰人 Kinoshita Kageto)

Kinoshita juga baker di Pantasia cabang Tokyo selatan. Kinoshita biasanya selalu bekerja sendirian di toko sedangkan yang lain mengikuti kejuaraan roti. Ia suka pada Tsukino sehingga ia memutuskan bekerja di cabang yang sama dengan Tsukino. Kinoshita memiliki rambut yang membuat kepalanya terlihat seperti jamur. Hal ini yang hanya diingat teman-temannya sehingga teman-temannya sering memanggilnya "Rambut jamur" yang membuatnya marah.
Kinoshita memiliki kemampuan yang unik, yaitu ia dapat memperbanyak dirinya sendiri sehingga mencapai dua puluh untuk memudahkannya bekerja. Ia juga memiliki kemampuan untuk mengopi roti-roti teman-temannya yang ada pada saat pertandingan walaupun tidak diajarkan padanya.

Pantasia Central Chain Store (Pantasia Bakery Pusat)[sunting | sunting sumber]

  • Ryo Kuroyanagi (黒柳亮 Kuroyanagi Ryō)

Manajer dari Pantasia pusat, Seorang baker dan juri makanan ahli. Kuroyanagi sebelumnya berkuliah di Harvard sebelum Kanmuri, dan ia lulus dalam umurnya yang masih 19 tahun di bidang sains makanan. Ia sebelumnya sangat malu untuk menjadi juri makanan, apalagi sewaktu ia menjadi murid Ken (Manajer) ia langsung diusir, namun setelah Monaco Cup ia diberi kesempatan oleh Yūichi Kirisaki (Direktur St. Pierre) untuk menjadi juri dalam acara Yakitate!! 25 (Yakitate!! 9) ia berubah menjadi seorang judge (juri) yang tidak memikirkan nyawanya walaupun setelah makan suatu yang lezat ia pasti meninggal.

  • Kai Suwabara (諏訪原戒 Suwabara Kai)

Suwabara selalu memakai bandana birunya dan selalu membawa pedang samurainya. Suwabara juga berbakat yang ikut serta dalam ujian masuk Pantasia pusat, ia pernah dibuat malu oleh Azuma karena ia meragukan croissant yang dibuatnya bersama Kawachi. Sebenarnya ia kalah pada mereka berdua, namun karena Azuma yang kasihan pada Kawachi sehingga ia mengundurkan diri, dan Kawachi yang juga mengundurkan diri, maka akhirnya Suwabara menang karena dua lawannya pergi, namun ia masih merasa dendam akan mereka berdua dan bertekad untuk mengalahkan Azuma dan Kawachi pada pertandingan pegawai baru Pantasia.
Suwabara yang seri dengan Kawachi di pertandingan perebutan juara 3 mengikuti pelajaran ke Perancis bersama Azuma dan Kawachi, dan mereka berhasil saling membantu hingga ke final, namun ia kalah dengan Monica Adenauer, salah seorang wakil dari St. Pierre dan juga perwakilan dari Amerika. Namun pada akhir Monaco Cup mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih dan kemudian bertanding dengan Azuma, Kawachi, dan Kanmuri pada turnamen Yakitate!! 25 dan Yakitate!! 9.

  • Meister Silvan Kirisaki (霧崎・メイスタ・ーシルバン Kirisaki Meisutā Siruban)

Meister Kirisaki adalah anak dari Yūichi Kirisaki, pemilik St. Pierre, namun adik perempuannya Sophie Balzac Kirisaki, sangat membenci ayahnya, karena ayahnya pergi ke Jepang dan meninggalkan mereka bersama ibunya di Perancis tanpa ada kabar berita. Beberapa bulan setelah mereka ditinggalkan ibu mereka meninggal dan mereka ditinggali sebuah bakery di Paris. Beberapa bulan kemudian, Yūichi Kirisaki kembali ke Paris dan datang pada mereka dengan membawa banyak roti di hadapan mereka yang sangat kelaparan. Yūichi menanyakan pada mereka pada siapa ia harus memberi roti yang baru dibuatnya itu pertama kali, Sophie sangat gembira dan menjawab untuk mereka, namun Yūichi menjawab, "Untuk diriku sendiri!" dan pergi. Karena itulah mereka marah dan membenci ayahnya.
Meister Kirisaki yang pintar kemudian melanjutkan usaha ibunya dan mulai berjualan di pinggir jalan, namun tidak ada yang mau membelinya, akhirnya ia mulai menggunakan sulap untuk menarik pengunjung, akhirnya bakery mereka dapat buka di toko mereka sendiri setelah uang mulai terkumpul. Akhirnya setelah bakery mereka mulai didatangi orang ia pergi ke Jepang dan bekerja di Pantasia karena ajakan kakek Azusagawa. Di Pantasia ia bertemu dengan Matsushiro Ken dan mereka berteman baik, dan ia menceritakan seluruh mesalahnya pada Ken. Meister menggunakan topeng titanium untuk menutupi wajahnya karena tidak ingin mengingat masa lalunya. Meister kemudian membuat Pantasia menjadi bakery terbesar di Jepang dan menjadi GM Chain Pantasia mengalahkan St. Pierre.
Meister akhirnya pada turnamen Yakitate!! 25/Yakitate!! 9 menjadi lawan Azuma, Kanmuri, dan Kawachi di akhir turnamen.

Monaco Cup Arc Characters (Karakter Monaco Cup)[sunting | sunting sumber]

  • Pierrot Bolneze (ピエロ・ボルネーゼ Piero Borunēze)

Pierrot adalah "world class clown" (badut kelas dunia) yang menjadi judge roti pada Monaco Cup, berumur 22 tahun. Ia dapat berbicara dalam 135 bahasa yang berbeda, dan ia juga dapat mengopi dirinya menjadi ratusan, dan melakukan segala yang menakjubkan sebagai seorang badut. Sebenarnya Pierrot adalah pewaris kerajaan Monaco. Ia menurut rahasia Monaco harus tinggal di rumah penduduk biasa selama kecilnya, namun orang tua yang diharuskan mengasuhnya melarikan diri dan membawa lari uang tunjangan dan meninggalkannya di sirkus Quedam. Orang tua yang melarikan diri tadi bunuh diri, sehingga ia diangkat untuk bekerja di Quedam.

Ibunya yang sebenarnya adalah ratu Monaco meninggal sewaktu melahirkannya. Sewaktu kemenangan Kawachi di final (Kawachi Final Victory) reaksinya mengakibatkan Pierrot terluka. Raja Monaco yang menemukan bahwa Pierrot memiliki golongan darah "Bombay" yang sama dengannya, maka raja Monaco mendonorkan darah padanya dan meninggal. Di surga (tempat yang sama dengan Kuroyanagi) ia berbicara terakhir kali dengan ayahnya sebelum ayahnya meninggal. Setelah itu ia dinamai "Pangeran Ajaib" dan tim Jepang (Kazuma Azuma) dan Amerika (Shadow White) pada final berusaha membuat roti untuk mempertemukan Pierrot dengan orang tuanya. Akhirnya Japan #61 Azuma membawa Pierrot ke masa lampau. Pierrot menyelamatkan ibunya dan mengubah sejarah tentang dirinya sehingga ayah dan ibunya tetap hidup setelah reaksinya berakhir.

Saat Pierrot menerima donor darah dari Raja Monaco (King Leonheart XIV), tiga orang Polisi Rahasia Monaco (yang menyamar menjadi Tim Mesir saat Monaco Cup berlangsung) mengatakan bahwa ada kemungkinan Pierrot adalah Leol, anak dari Raja Monaco dan Istrinya yang hilang bersama orang tuanya, dan juga orang yang akan dinobatkan menjadi Raja Monaco yang berikutnya, yaitu Leonheart XV. Kuroyanagi juga menyimpulkan bahwa tidak ada yang sama sekali orang yang ingin mendonorkan darahnya kecuali jika orang tuanya memberikan gen-nya sendiri sehingga dia berpikir bahwa Pierrot adalah anak dari Raja Monaco yang hilang.

  • Sophie Balzac Kirisaki (ソピー・バルザク・霧崎 Kirisaki Sopii Baruzaku)

Sophie adalah adik perempuan dari Meister Kirisaki dan juga adalah anak dari Yūichi Kirisaki, dia membenci ayahnya dan ia takkan memaafkan ayahnya yang sangat jahat pada mereka berdua. Ia sangat lincah, sehingga ia dapat mencopet dompet Kawachi pada awal kedatangan mereka di Perancis. Ia juga sangat mahir membuat roti Perancis seperti kakaknya, dan ia berhasil mempertahankan bakery mereka. Namun pengunjung bakery-nya berkurang setelah bakery Mayson Kayser milik Kayser bersaudara dibuka tepat di depan toko kecilnya. Bakerynya semakin sepi setelah Kayser bersaudara memenangkan Monaco Cup yang pertama. Ia memutuskan untuk menutup bakerynya sementara selama Monaco Cup berlangsung untuk memantau keadaan Azuma dkk. Ia juga mengajarkan hal roti-roti Eropa pada Azuma, Kawachi, dan Suwabara sebagai ganti Kuroyanagi sebelum Monaco Cup.

  • King Leonheart XIV (レオンヘアルト・XIV Reonharuto XIV)

Raja Leonheart ke-14 ini merupakan ayah kandung dari Pierrot yang sebenarnya. Ia terpaksa menitipkan anaknya saat masih bayi pada sebuah keluarga menurut hukum Monaco. Tetapi orang tua yang ditugaskan memeliharanya kabur dan membawa uang perawatan Pierrot dan meninggalkannya di sirkus Quedam. Namun kedua orang tua tadi bunuh diri karena tidak tahan dikejar. Akhirnya ia mengira anaknya satu-satunya itu telah meninggal. Namun saat ia menemukan bahwa golongan darahnya sama dengan Pierrot ia baru mengetahui bahwa Pierrot adalah anaknya. Sewaktu donor dilangsungkan ia dengan sengaja memberikan semua darahnya pada Pierrot dan memutuskan untuk mati karena ia merasa bersalah pada Pierrot yang sudah terlanjur membenci orang tua yang tidak diketahuinya. Raja ini sangat pemarah dan adil, namun ia tidak mampu melawan apabila sang ratu berada disebelahnya. Akhirnya ia dapat bersatu kembali karena sejarah yang diubah oleh Pierrot dengan Japan #61 Milik Azuma.

St. Pierre Bakery Chain Store (Bakery St. Pierre)[sunting | sunting sumber]

  • Yūichi Kirisaki (霧崎雄一 Kirisaki Yūichi)

Pemilik bakery St. Pierre yang sangat licik. Ia merupakan ayah dari Sophie dan Meister, namun Sophie anaknya tidak pernah menganggap mereka sebagai ayah karena merasa ia tidak bertanggung jawab. Ia sangat pintar mencuri perhatian orang dan kejam. Ironisnya, Yūichi adalah orang yang sama yang memberikan semangat pada Azuma pada awal cerita untuk membuat roti. Akhirnya ia membuat turnamen Yakitate!! 9/Yakitate!! 25 yang digunakan Azuma dkk untuk merebut kembali Pantasia dari tangannya. Selama turnamen Yakitate!! 25/Yakitate 9 ia tidak lagi mengurus St. Pierre dan mengatur strategi.

Roti milik Yuichi bernama Gopan. Sama namanya dari roti-roti milik Azuma yaitu Japan. Disaat Yuichi dan Azuma bertemu saat Azuma berumur 6 tahun, Yuichi menamai sedikit rotinya Japan dan diwariskan oleh Azuma. Gopan pertamanya (Gopan #1) bernama "Devil's Gopan". Gopan ke 97 adalah Roti Sport Paella yang mampu menandingi Japan #51 Kai milik Azuma. Gopan lainnya adalah Bagel Ultimate Milky Way Gopan Maetel, dan Gopan ke 104-nya memiliki nama aneh, yaitu 'Anime Rewriter'. Jika Japan #61 milik Azuma dapat mengubah sejarah, Gopan #104 milik Yuichi mampu mengubah Yakitate!! Japan menjadi Takitate!! Gohan yang menceritakan tentang seorang anak dengan Sarung Tangan Kutub Utara dari Amerika yang ingin menciptakan nasi kebangsaan untuk Amerika.

  • Yukino Azusagawa (梓川雪乃 Azusagawa Yukino)

Sebenarnya Yukino adalah pemilik Pantasia cabang Tokyo 1, namun ia menjadi tangan kanan Yūichi Kirisaki hanya untuk menjadi Direktur dari Pantasia. Ia selalu jahat pada Tsukino dan ia tidak mengkhawatirkan sama sekali adik kandungnya Mizuno. Ia sebelumnya merupakan bos dari Kanmuri, namun setelah kekalahan Kanmuri melawan Azuma di kompetisi pegawai baru Pantasia ia meledakkan laboratorium miliknya yang dipakai oleh Kanmuri untuk bereksperimen dan Kanmuri membencinya. Yukino setelah Monaco Cup menjadi Direktur St. Pierre menggantikan Yūichi Kirisaki.

CMAP Members (クマップ)[sunting | sunting sumber]

CMAP merupakan akronim dari Cooking Meal Assemble People yang berarti orang-orang yang berkumpul untuk memasak (selain itu CMAP juga merupakan parodi dari SMAP, kelompok penyanyi dari Jepang). Ini berarti CMAP adalah orang-orang terkuat di Jepang dalam hal memasak. Namun, sebagai entertainer hubungan pertemanan antar mereka amatlah buruk.

  • Tsubodzuka Takumi (坪塚拓美 Takumi Tsubodzuka) 

Salah seorang yang sangat pendiam dalam CMAP. Ia memiliki keanehan yaitu sering menggunakan katakana dan bahasa asing dalam berbicara sehingga ia memiliki ciri khas yang mencolok di antara 4 orang CMAP yang lain. Takumi-lah satu-satunya orang di CMAP yang sangat mencintai dunia masak-memasak. Namun, ia agak sombong dan melupakan cintanya pada masakan sehingga ia kalah akan Azuma walaupun roti Super Toro Aburi-nya berhasil membuat Kuroyanagi menjadi Super Kuroyanagi (Seperti Super Saiya pada Dragon Ball). Karena ia tidak puas, ia mencoba memakan roti Chawanmushi Japan Azuma dan menjadikan rambutnya menjadi tajam beterbangan kesana-sini, dan wajahnya menjadi seperti Onitarou di Gegege no Kitaro. Di akhir pertarungan ia menjadi teman Azuma, karena kelemahannya adalah ia tidak mempunyai teman.]]

Perjalanan Cerita (Story Arcs)[sunting | sunting sumber]

Yakitate!! Japan berawal dari masa kecil Azuma yang berawal dari permulaan ia mengetahui cara membuat roti untuk membuktikan bahwa kakeknya salah. Setelah sepuluh tahun kemudian...

Seleksi Pegawai Baru Pantasia[sunting | sunting sumber]

Ini adalah bagian awal dari Yakitate!! Japan yang mengisahkan tentang Azuma yang baru datang ke Tokyo untuk menjadi pegawai bakery terbesar se-Jepang, Pantasia demi mencari petunjuk untuk membuat berbagai macam roti dalam targetnya membuat Japan. Dalam seleksi ini ia bersaing dengan 35 orang artisan roti lainnya. Di dalam seleksi ini Azuma mendapat ketidakberuntungan karena ia hampir kehilangan sepuluh poinnya. Dalam seleksi ini ia bertemu dengan Kawachi, Suwabara, Tsukino, dan Kuroyanagi.
Setelah seleksi ia akhirnya bekerja di Pantasia cabang Tokyo Selatan dan bertemu dengan Kinoshita dan menyelesaikan tugas yang ditugaskan manager Matsushiro pada mereka. Dalam bagian ini pula mereka bertemu dengan lawan dari bakery seberang, Mokoyama yang ditantang manager dalam kompetisi roti baru Pantasia dan St. Pierre. Bagian ini adalah awal perseteruan antara St. Pierre dan Pantasia. Di turnamen ini Azuma juga bertemu dengan GM Pantasia, Meister Kirisaki.

Kompetisi Pegawai Baru Pantasia[sunting | sunting sumber]

Bagian ini menceritakan turnamen sengit antara pegawai-pegawai baru yang diikuti seluruh pegawai baru Pantasia yang diikuti oleh seluruh pegawai baru Pantasia yang tersebar di seluruh cabang Pantasia yang berjumlah 512 orang. Bermula dari seleksi yang bertemakan roti tawar (Diner Bread) yang takkan berjamur sampai 2 minggu, seleksi kedua bertemakan Butter Roll hingga turnamen utama yang temanya berturut-turut adalah "Roti Melon", "Roti Yakisoba", "Roti Hewan", hingga pada semi final dan final bertemakan roti yang dipilih sendiri oleh peserta. Dalam turnamen ini muncul beberapa tokoh baru, yakni Mizuno (Adik tiri Tsukino), Sachihokou, Liu Laomien, Koala (Penyamaran dari Mokoyama yang diusir dari St. Pierre), Kanmuri, Yukino (Kakak tiri Tsukino), dan beberapa karakter lain. Suwabara dan Kuroyanagi juga muncul kembali dalam turnamen ini.

Monaco Cup[sunting | sunting sumber]

Azuma, Kawachi, dan Suwabara berangkat ke Perancis untuk berpartisipasi dalam kompetisi roti tingkat dunia, Monaco Cup demi menentukan keberadaan Pantasia yang berada dalam ancaman St. Pierre. Sebelumnya mereka berlatih di bakery milik kakak beradik Kirisaki. Dalam pelatihan mereka bertemu dengan musuh beru pemenang Monaco Cup pertama, Kayser bersaudara. Disini Azuma dan Suwabara menyadari keahlian kedua mereka, Goddess Hands - La Man Du Deese yang membuat musuhnya gentar. Dalam Monaco Cup muncul tokoh baru, Pierrot Bolneze (Yang merupakan juri mereka), Monica Adenauer yang jatuh cinta pada Suwabara, Shadow White, Yuuichi Kirisaki, Raja Leonheart XIV, Maetel Leonheart, dan muncul kembali musuh lama Azuma, yaitu Sachihokou. Dalam bagian ini Yuuichi berusaha membuat Azuma dkk gagal tanpa alasan. Namun akhirnya mereka memenangkan Monaco Cup dan mengalahkan perwakilan St. Pierre pusat di Amerika.

Turnamen Panel Yakitate!! 25 / Yakitate!! 9[sunting | sunting sumber]

Yuuichi Kirisaki, setelah Monaco Cup berakhir menantang Pantasia untuk bertanding roti dengan St. Pierre dengan sistem panel berbentuk seperti othello namun dengan bentuk panel. Dalam bagian ini mereka diharuskan untuk membuat roti dalam tiap daerah di Jepang. Tiap satu panel mewakili daerah yang berbeda-beda. Dalam tiap daerah tersebut perwakilan dari St. Pierre dan Pantasia diwajibkan membuat roti yang berbahan dasar yang ada di daerah tersebut. Semakin banyak bahan yang terdapat pada roti tersebut, maka akan mendapatkan nilai tambah. Azuma, Kawachi, dan Kanmuri terus memenangkan tiap bagian dari turnamen ini, dan bertemu lawan-lawan yang tangguh seperti CMAP (Mungkin merupakan pelesetan dari band musik SMAP di Jepang) yang berarti Cooking Meal Assemble People yang pada bagian pertama diwakili Tsubodzuka Takumi, kemudian Liu Laomien yang membantu Azuma dkk dalam roti yakisoba pada turnamen pegawai baru, lalu sisa CMAP tanpa Tsubodzuka, Suwabara dan Monika, Tsutsumi Masanobu, kemudian Miki Norihei, Mr. Panda (Mokoyama), lalu Yukino Azusagawa, dan yang terakhir Meister Silvan Kirisaki. Akhirnya Azuma dkk memenangkan turnamen ini dan mengalahkan musuh terakhir mereka, Meister Kirisaki.

Daftar Japan[sunting | sunting sumber]

  • Ja-pan #1: Roti panggang Susu Kedelai Ja-pan
  • Ja-pan #2: Suihan ja-pan (Suihan berarti Rice Cooker)
  • Ja-pan #3: Roti Sesame Microwave
  • Ja-pan #8: Kura-kura berwarna dan manis Ja-pan
  • Ja-pan #9: Roti Taiyaki
  • Ja-pan #10: Ja-pan Millet Rendam (Diet Ja-pan rendah karbohidrat)
  • Ja-pan #15: Autodigest millet ternak Jepang
  • Neo Ja-pan #15: Autodigest Tepung Gandum Nanshõkasei
  • Ja-pan #16: Kari Gunung Fuji Ja-pan
  • Ja-pan #21: Budding Wheat Flour Castella Ja-pan (Castella adalah semacam kue berbentuk sponge yang populer di Jepang)
  • Ja-pan #22: Kamaboko Ja-pan
  • Ja-pan #24: Roti Perancis dengan Mentega Susu Sapi Biasa
  • Neo Ja-pan #24: Roti Perancis dengan Mentega Susu Hanako (susu kambing)
  • Ja-pan #32: Roti Tawar Wasabi
  • Ja-pan #43: Croissant 324 lapis
  • Ja-pan #44: Roti Petal Light Surgawi Ja-pan
  • Ja-pan #51: Roti Sport Bawang Putih
  • Ja-pan #51 Kai Version: Roti Belut, Nori, Sutra, dan Kacang hitam untuk Pembalap F1
  • Ja-pan #55: "Anpan" (Roti isi Kacang Adzuki)
  • Ja-pan #56: Black Ja-pan (Tidak jadi karena keisengan Kawachi di Seleksi Pegawai Baru Pantasia; hanya ada di episode 29 animenya dan diberi arang bambu spesial milik Kawachi)
  • Ja-pan #57: Kabukiage Roti Sisa Ja-pan
  • Ja-pan #58: Roti Melon ala Sushi
  • Ja-pan #59: Sandwich Okonomiyaki dengan isi Yakisoba
  • Ja-pan #60: "Lengket dan Mengembang" Vital Gluten Ja-pan
  • Ja-pan #61: Donat Cannabis Ja-pan (Dalam Bahasa Jepang Artinya Taima Do-Natsu Pan. 'Taima' Dalam Bahasa Inggris Terdengar Seperti Time)

Pada turnamen Yakitate!! 25/ Yakitate!! 9, Azuma mengganti nomor-nomor pada Ja-pan buatannya menjadi nama tiap-tiap daerah ia membuat Ja-pan.

  • Ōma Ja-pan: Chawanmushi Ja-pan dengan Bulu Babi
  • Saito Ja-pan: Waffle Haniwa Ja-pan
  • Ōmagari Ja-pan: Ja-pan Daun Bawang Double-Fondue
  • Uppurui Ja-pan: Roti Spring Roll/Harumaki dengan Nori Rebus Cola
  • Gero Ja-pan: Roti Triple Bamboo
  • Higashi Ja-pan : Roti Sandwich Babi Agu Miskin a.l.a Kawachi (Dengan adonan super lembut dari Azuma dan dipenuhi kepercayaan)

Seri Yakitate! 25:

  • Iyo Ja-panCake : Pancake Mudah Dibuat dengan Tepung Beras dan Tepung Soba (dengan ide dari Kawachi yang tercebur ke kloset)
  • Chitose Takoyaki Pizza : Pizza Dibuat dengan Kentang "Penyadaran Inka"

Seri Yakitate!! 9:

  • Ōkuchi Wafuu Bakpao Ja-pan Man : Bakpao dengan Teknik Mie Tenobe dan Daging Babi Hitam
  • Tomiura Ja-pan: Tart Croissant Super dengan Loquat/Biwa berperisa Gula Merah

Lain-lain:

  • Nou/Niigata Ja-pan: Ultimate Nou-Miso Ja-pan dengan Beras Niigata, daun Mugwort, dipanggang dengan Lempengan Petalite


Hasil Karya Lainnya[sunting | sunting sumber]



Roti Non-Japan Karya Azuma[sunting | sunting sumber]

  • Super Vapor Action Margarine Roll
  • Nikuman Bertemperatur Sedang (Versi Spesial dibuat dengan Roti Daging Beruap Air yang dimakan setelah dingin)

Roti Karya Kawachi[sunting | sunting sumber]

  • Hua-Chuan Panggang
  • Roti Perancis Beragi Oat
  • Roti Tawar ala Osaka "O-sake"
  • Roti Melon "Super Sunrise Crush" (Dengan adonan Pai sebagai bagian luarnya menggantikan adonan cookie)
  • Roti Yakisoba "Dog"
  • Roti Kepiting Berjalan
  • Roti Perancis Bernyanyi "Double-Crust"
  • Ultimate White Bread "Victory"
  • Roti Higashi: Roti Sandwich Babi Agu Miskin Kawachi (Dengan adonan super lembut dari Azuma dan dipenuhi kepercayaan)


Roti Karya Suwabara[sunting | sunting sumber]

  • Super Vapor Action Croissant 648 Lapis
  • Roti Perancis "Menari" Super Panjang
  • Lupan #5: Pain d' Epice (Mixed Fruit Juice dengan Almond dan Kacang)
  • Lupan #6: Roti Sport Kura-kura Merah (Dengan darah Kura-kura Snapper dan Red Wine)
  • Lupan #1: Pan d'loro dengan Permata Buah-buahan


Roti Karya Baker Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • [Tsuyoshi Mokoyama]: Kouign Pudding Amman (Butter Cake berisi Puding Rendah Gula)
  • [Mizuno Azusagawa]: Roti Musk Melon Super Manis ala Pantasia Shintokyo
  • [Spencer Henry Hokou/Sachihokou]: Roti Yakisoba ala Nagoya dengan Saus Kouchinmi
  • [Koala/Mokoyama]: Roti Naga Jalinan dengan Lapisan Marmalade dan Cokelat
  • [Shigeru Kanmuri]: Pan au Algue dengan Ragi Kaiyou
  • [Shigeru Kanmuri: Pan au Rustique dengan Ragi
  • [Edward Kayser]: Konglof au Miel
  • [Team Amerika]: Roti Balon dari Mixer Dragon Hook
  • [Team Perancis]: "Roti Soda Irish" beragi menggantikan baking powder
  • [Gran Kayser]: Roti Sport "Blue Lagoon" dengan Yogurt Blueberry, Amacha Hydrangea, dan bubuk Mutiara Kan Kyuu Mo
  • [Shadow White-Yuuichi Kirisaki]: Go-pan #97 - Roti Paella dari Tepung Beras, Seafood, dan ekstrak Protein
  • [Monica Adenauer]: Roti Rye (Gandum Hitam) "Mother", dengan Permen Mawar dan Lima Tepung Rye berbeda
  • [Spencer Henry Hokou/Sachihokou]: Roti Mesir [Slow Food] "Alexandria" dengan pelapis Kodaimai Miso
  • [Shadow White-Yuuichi Kirisaki]: Go-pan Bagel, Super Goman Maetel bagel
  • [Yuuichi Kirisaki]: Go-pan #104 - "Penggubah Anime" (Hanya di anime episode 53)
  • [CMAP: Takumi Tsubodzuka]: Roti Ōma: Super Toro Aburi (Dengan bahan dasar tuna khas Ōma dan pastry sarang lebah)
  • [Liu Laomian]: Roti Ōkuchi: Bakpau Dimsum keluarga Laomien dengan daging babi Isa (Hanya di anime episode 56)
  • [CMAP: Gou Chimatsuri, Hiroshi Kaname, Shizuto Narumi]: Roti Saito: Roti Kari Mangga Spesial CMAP
  • [Kai Suwabara-Monica Adenauer]: Ōmagari Lupan: Roti "Tourner" Unclang khas Ōmagari Blanchir
  • [Miki Norihei] Roti Uppurui: Roti Isi Nori Ledakan Seni Monet-Ya
  • [Panda Man/Tsuyoshi Mokoyama]: Roti Gero: Roti Kukus Triple Alpen
  • [Umino Katsuo]: Roti Sandwich Kaisersemmel Daging Babi "Agu"
  • [Giovanni van deer Hessering]: Pancake 100% Lembab Biwa Galette "Demokrasi"
  • [Yukino Azusagawa]: Roti Tomiura: Roti Tart Strawberry Reverse Folding Technique dengan Blizzard Hands
  • [Meister Silvan Kirisaki]: Roti Nou (Niigata): Omanta Go-pan


Hasil Non-roti[sunting | sunting sumber]

  • [Shigeru Kanmuri]: Selai Shinanomachi: Selai Rhubarb dengan Teknik Shock Freeze dan diasap dengan batang Apel Shinanomachi
  • [Tsutsumi Masanobu]: Selai Shinanomachi: Jam Flambe Rhubarb dengan batu volcanoic Shinanomachi

Musik[sunting | sunting sumber]

Opening

  • Houki Gumo (ホウキ雲) oleh Rhytem (1-29)
  • Promise oleh TiA (30-53)
  • Chiisana Uta (小さな詩) oleh MARIA (54-69)

Ending