X-Men: First Class

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
X-Men: First Class
Movie Poster
Theatrical release poster
Sutradara Matthew Vaughn
Produser Gregory Goodman
Simon Kinberg
Lauren Shuler Donner
Bryan Singer
Skenario Ashley Edward Miller
Zack Stentz
Jane Goldman
Matthew Vaughn[1]
Cerita Sheldon Turner
Bryan Singer[1]
Pemeran James McAvoy
Michael Fassbender
Rose Byrne
January Jones
Jennifer Lawrence
Oliver Platt
Kevin Bacon
Musik Henry Jackman
Sinematografi John Mathieson
Penyunting Eddie Hamilton
Lee Smith
Studio Marvel Entertainment
Dune Entertainment
Bad Hat Harry Productions
Donners' Company
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
Durasi 132 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Inggris
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $140[3]–160[4] juta
Pendapatan kotor $334,312,000[4]

X-Men: First Class adalah film superhero asal Amerika Serikat pada tahun 2011 yang disutradarai oleh Matthew Vaughn dan diproduksi oleh Bryan Singer, berdasarkan karakter X-Men yang muncul di Marvel Comics. Seri kelima dalam seri X-Men, film ini bertindak sebagai prekuel untuk trilogi X-Men, yang didirikan pada tahun 1962 terutama selama Krisis Misil Kuba. Ini berfokus pada hubungan antara Xavier (Profesor X) dan Lensherr (Magneto), dan asal usul kelompok mereka—X-Men dan Brotherhood of Mutants masing-masing. Film ini dibintangi James McAvoy sebagai Xavier dan Michael Fassbender sebagai Lensherr, memimpin para pemain yang mencakup Kevin Bacon, January Jones, Rose Byrne, Jennifer Lawrence, Zoë Kravitz, Nicholas Hoult dan Lucas Till. First Class diumumkan secara umum pada tahun 2006 dan memulai produksinya pada bulan Agustus 2010 dan telah fotografi utamanya yang selesai pada bulan Desember, dengan pasca produksi dan fotografi tambahan finishing hanya tiga minggu sebelum penayangan perdana film tersebut pada bulan Juni 2011. Jadwal yang ketat merupakan tantangan terhadap enam perusahaan bertanggung jawab untuk efek visual yang luas, termasuk yang dihasilkan komputer set dan digital ganda untuk para aktor. Lokasinya termasuk di Oxford, gurun Mojave dan Georgia, dengan pekerjaan panggung oleh Pinewood Studios dan 20th Century Fox di Los Angeles. Penggambaran tahun 1960-an mendapat inspirasi dari film-film James Bond. First Class menerima banyak tanggapan positif, yang dianggap sebagai tulisan yang baik dan membangkitan saham, dan berhasil menjadi box-office dengan pendapatan US$ 353juta di seluruh dunia.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kit, Boris (April 29, 2011). "'X-Men: First Class' Writing Credits Appeal Denied". The Hollywood Reporter. Diakses May 11, 2011. . WebCitation archive.
  2. ^ Bentley, David (May 23, 2011). "X-Men: First Class gets a UK rating and official running time". Coventry Telegraph. Diakses May 24, 2011. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama McClintock_.282011.29
  4. ^ a b X-Men: First Class di BoxOfficeMojo.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]