Daredevil (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daredevil
Daredevil poster.JPG
Poster film Daredevil
Sutradara Mark Steven Johnson
Produser Avi Arad
Gary Foster
Arnon Milchan
Penulis Skenario:
Mark Steven Johnson
Buku Komik:
Stan Lee
Bill Everett
Pemeran Ben Affleck
Jennifer Garner
Michael Clarke Duncan
Colin Farrell
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis 14 Februari 2003
Durasi Teater
103 menit
Dengan Komentar Sutradara
133 menit
Bahasa Inggris
Anggaran $75.000.000 (perkiraan)
Pendapatan kotor Amerika Serikat:
$102,543,518
Dunia:
$178,780,000
Diikuti oleh Elektra
(Spin-off)

Daredevil adalah film Amerika Serikat yang berdasarkan dari komik yang diterbitkan oleh Marvel Comic. Daredevil diciptakan oleh Stanley Lyeber/Stan Lee dan Bill Everest. Identitas aslinya adalah Matthew Michael Murdock/Matt Murdock, putra tunggal dari seorang petinju jalanan yang sangat terkenal bernama Jack "Devil" Murdock. Matt bersama ayahnya bertempat tinggal di Hells Kitchen.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah berawal dari sebuah kecelakaan yang menimpa Matt ketika kecil. Sebuah drum berisi limbah kimia jatuh dan menimpa Matt sehingga Matt terkena limbah kimia tersebut. Hal itu mayebabkan Matt kehilangan pengelihatannya. Namun sebagai gantinya, keempat indra Matt yang lainnya menjadi sangat tajam, terutama telinganya yang sepeka radar.

Suatu hari, Matt mendapati ayahnya dibunuh oleh sekelompok penjahat. Hal itu dikarenakan ayahnya tidak mau mengalah kepada lawannya pada sebuah pertandingan. Sejak saat itu Matt berjanji akan menumpas kejahatan, dan setelah dewasa ia menjelma menjadi Daredevil. Daredevil mempunyai banyak julukan, di antaranya 'man without fear', 'iblis pelindung (guardian devil)' dan sebagainya. Matt sebagai daredevil memiliki keahllian beladiri yang ia pelajari secara ortodidak. Daredevil mempunyai sebuah senjata berupa tongkat yang bisa dipisah, dijadikan tongkat peraba orang buta, dan bisa mengeluarkan kawat atau tali untuk berayun.

Setelah dewasa Matt juga menjadi seorang pengacara. Ia memiliki partner bernama Foggy Nelson. Matt juga menemui beberapa penjahat tangguh seperti Bullseyes dan Kingpin/Wilson Fisk. Selain itu ia juga bertemu dengan gadis pujaannya yang bernama Elektra Natchios yang ahli dalam bela diri terutama dalam menggunakan trisula/sai.

Saat ayah dari Elektra Natchios (Jennifer Garner), dibunuh oleh Bullseyes, Matt yang telah menjelma menjadi Daredevil berusaha untuk melindunginya namun ketika ia akan menangkap tongkat yang akan menusuk Tuan Natchios, motor Bullseyes meledak sehingga pendengarannya menjadi terganggu dan gagal untuk menangkap tongkat itu. Kesalahpahaman terjadi oleh Elektra dan Matt. Elektra mengira bahwa daredevil yg membunuh ayah-nya,sejak saat itu elektra mulai menjauhi matt. Matt lalu marah pada Bulls eyes,dan melancar-kan aksi balas dendam.Tragis-nya ,matt sempat diserang oleh elektra yg marah.tetapi kemudian matt(yg masih memakai kostum daredevil)menunjukkan wujud asli-nya,sebelum elektra dibunuh oleh Bullseyes.Matt kemudian bertemu bullseyes di gereja dimana matt tinggal.walau di-desak oleh bullseyes berkali-kali,matt akhir-nya menang dari bullseyes & membunuh-nya.setelah selesai,matt kemudian pergi ke tempat kingpin.pertarungan terjadi di-antara keduanya.matt yg didesak mengingat kemampuan dlm mencari org lewat air.dia membocorkan tangki air & menghajar kingpin dgn cpt.otomatis matt yg akhirnya menang. Film berakhir ketika wartawan yang mengetik indentitas daredevil, menghapus makalahnya & melihat daredevil di luar pintunya dan Daredevil kemudian beraksi lagi.Di ending-nya,bullseyes yang dirawat di rumah sakit tahanan,masih dapat melempar benda secara akurat & tepat sasaran.seperti-nya bullseyes ingin balas dendam pada daredevil.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

2003 BMI Film & TV Awards
Pemenang (BMI Film Music Award) Untuk Graeme Revell
2003 Golden Trailer Awards
Nominasi Best Action (Golden Trailer )
2004 Hollywood Makeup Artist and Hair Stylist Guild Awards
Nominasi Best Contemporary Makeup - Feature (Hollywood Makeup Artist and Hair Stylist Guild Award) Untuk Deborah La Mia Denaver, John E. Jackson, dan Cinzia Zanetti
2003 MTV Movie Awards
Pemenang Breakthrough Female Performance (MTV Movie Award) Untuk Jennifer Garner
Nominasi Best Kiss (MTV Movie Award) Untuk Ben Affleck dan Jennifer Garner
Nominasi Best Villain (MTV Movie Award) Untuk Colin Farrel
2004 MTV Movie Awards, Mexico
Nominasi Best Colin Farrell in a Movie (Mejor Colin Farrell en una Película) (MTV Movie Award) Untuk Colin Farrel
Nominasi Sexiest Hero (Héroe más Sexy) (MTV Movie Award) Untuk Ben Affleck
2010 Razzie Awards
Nominasi Worst Actor of the Decade (Razzie Award) Untuk Ben Affleck
2004 Razzie Awards
Pemenang Worst Actor (Razzie Award) Untuk Ben Affleck, juga lewat film Paycheck (2003) dan Gigli (2003)
2003 Teen Choice Awards
Pemenang Choice Movie Villain (Teen Choice Award) Untuk Colin Farrell
Nominasi Choice Movie - Drama/Action Adventure (Teen Choice Award)
Nominasi Choice Movie Actor - Drama/Action Adventure (Teen Choice Award) Untuk Ben Affleck
Nominasi Choice Movie Actor - Drama/Action Adventure (Teen Choice Award) Untuk Colin Farrell, juga lewat film Phone Booth (2002)
Nominasi Choice Movie Actress - Drama/Action Adventure (Teen Choice Award) Untuk Jennifer Garner
Nominasi Choice Movie Breakout Star - Female (Teen Choice Award) Untuk Jennifer Garner
Nominasi Choice Movie Breakout Star - Male (Teen Choice Award) Untuk Colin Farrell, juga lewat film The Recruit (2003) dan Phone Booth (2002)
Nominasi Choice Movie Chemistry (Teen Choice Award) Untuk Ben Affleck dan Jennifer Garner
Nominasi Choice Movie Fight/Action Sequence (Teen Choice Award)

Trivia[sunting | sunting sumber]