The Recruit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Recruit
Sutradara Roger Donaldson
Produser Jeff Apple
Gary Barber
Roger Birnbaum
Penulis Roger Towne
Kurt Wimmer
Mitch Glazer
Pemeran Al Pacino
Colin Farrell
Bridget Moynahan
Gabriel Macht
Musik Klaus Badelt
Sinematografi Stuart Dryburgh
Penyunting David Rosenbloom
Distributor Touchstone Pictures
Spyglass Entertainment
Tanggal rilis 31 Januari 2003
Durasi 115 menit
Negara United States
Bahasa Bahasa Inggris
Pendapatan kotor US$101,191,884[1]


The Recruit film thriller mata-mata Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai Roger Donaldson serta dibintangi Colin Farrell, Al Pacino dan Bridget Moynahan. Film ini dirilis pada tanggal 31 January 2003 di Amerika Utara oleh Touchstone Pictures.

Film ini mendapat tinjauan yang beragam dari para kritikus. Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 43% dari para kritikus memberikan tinjauan positif berdasarkan 163 tinjauan dengan nilai rata-rata 5.5/10.[2] Metacritic memberikan nilai 56 dari 100 berdasarkan 36 tinjauan.[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

James Clayton (Colin Farrell), seorang ahli pemrograman komputer di Institut Teknologi Massachusetts, direkrut instruktur senior CIA Walter Burke (Al Pacino) . Clayton bersedia , untuk mencari informasi tentang ayahnya yang dia dia curigai adalah seorang agen CIA yang hilang ketika Clayton masih kecil. Setelah melewati sejumlah tes psikometrik, psikoanalitis, bakat dan kebohongan, Clayton dibawa ke The Farm, sebuah fasilitas pelatihan CIA. Di sana, Burke dan instruktur lain mengajarkan kandidat serangkaian keterampilan pengintaian, protokol operasi terselubung, dan teknik pengumpulan intelijen. Selama latihan pengawasan, Clayton dan rekan merekrut Layla Moore (Bridget Moynahan) yang diculik oleh orang-orang yang tampak dari sebuah jasa intelijen asing.

Clayton dibawa ke sebuah sel isolasi dan disiksa selama beberapa hari dan dipaksa untuk menyerahkan nama-nama instruktur CIA, tapi ia menolak untuk menyerahkan nama-nama instruktur CIA. Ketika para interogator memberikan bukti bahwa pembangkangan nya berkontribusi terhadap penderitaan Layla ini, mengalah Clayton dan nama Burke. Dinding belakang sel kemudian terbuka untuk mengungkapkan Burke, Layla, dan peserta lainnya duduk di teater kuliah di The Farm, setelah menyaksikan seluruh acara; penculikan itu menjadi sekadar latihan. Clayton dkeluarkan dari program ini, tapi Burke tiba di hotelnya keesokan harinya untuk memberikan meberitahu Clayton bahwa pemecatannya itu palsu dan dia telah ditunjuk untuk penutup non-resmi (NOC) operasi. Burke memberikan Clayton untuk memata-matai Layla, mengklaim CIA memiliki bukti dia tahi lalat untuk layanan intelijen asing mencoba untuk mencuri virus komputer atas rahasia dari database CIA. Clayton disediakan pekerjaan sebagai prosesor rendah-tingkat pemasukan data CIA dan menjadi terlibat dalam romantis, meskipun meragukan, hubungan dengan Layla. Dia akhirnya mengungkapkan bukti bahwa dia menghapus virus sepotong-demi-sepotong menggunakan USB flash drive.

Clayton memantau Layla saat Layla memberikan flash drive ke kenalan dia dan mengikuti lelaki itu melalui stasiun kereta api. Setelah perkelahian singkat, Clayton membunuh dia dan menemukan kenalannya adalah Zack (Gabriel Macht), seorang agen CIA yang juga telah direkrut di The Farm. Ketika dihadapkan dengan bukti, Layla menjelaskan ke Clayton dia dikenakan sanksi resmi untuk menguji protokol keamanan dari markas CIA dengan mencoba untuk membuang virus palsu, dan Zack adalah seorang agen NOC. Clayton, Karena sudah terbiasa dengan program komputer, adalah ragu dan melaporkan kecurigaannya kepada Burke yang awalnya mengucapkan selamat kepada Clayton tentang kelulusan "ujian akhir". Burke terjebak dalam kebohongan, bagaimanapun, ketika ia mencoba untuk meyakinkan Clayton senjatanya ini berisi peluru kosong. Clayton menembakkan senjata yang membuktikan bahwa senjata itu berisi peluru tetapi dia melarikan diri ketika Burke merebut pistol dari pegangannya. Burke kemudian mengejar Clayton melewati gudang kosong, dan menceritakan bahwa dia mengatur seluruh peristiwa dalam rangka menjual virus. Tertekan karena ditodong, Clayton setuju untuk menyerahkan virusnya, hanya untuk mengungkapkan dia telah menyiarkan pengakuan Burke dari laptop kembali ke markas CIA. Burke menjadi marah dan mengejar Clayton keluar untuk mencari SWAT tim yang berkumpul.

Tanpa diketahui Burke, penyiaran radio Clayton tidak bekerja, CIA yang berada di sana menangkap Clayton dan mereka tidak tahu tentang pengkhianatan Burke. Percaya dia akan tertangkap, Burke memrotes atas perlakuan CIA yang tidak adil terhadap dirinya, yang menjadikan para agen untuk berkesimpulan bahwa Burke ini pengkhianat. Burke kemudian menyadari dia memberatkan dirinya sendiri dan menarik senjatanya; kemudian bunuh diri. Setelah itu, Layla menghibur Clayton sebelum dia kembali ke markas CIA untuk wawancara. Dalam perjalanan ke Langley, Virginia, Dennis Slayne instruktur senior CIA (Karl Pruner) membuat komentar yang menyindir bahwa ayah Clayton adalah seorang agen NOC ketika ia meninggal.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Reception[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritikal dari film tersebut beragam. Rotten tomatoes melaporkan rating rata-rata 'busuk' sebesar 5,5 dari 10, ""[2] The movie garnered $52,802,140 in the United States and $48,389,744 in other countries, making a total worldwide gross of $101,191,884.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]