Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Adi.akbartauhidin untuk pengurus 7 Januari 2016/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2016, Adi.akbartauhidin (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Bonaditya[sunting sumber]

Halo! Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pencalonan Anda sebagai pengurus Wikipedia bahasa Indonesia:

  • Berikan pendapat, apa arti "pengurus" di mata Anda?
  • Setiap pengurus diberikan alat khusus yang berperan untuk menjaga Wikipedia, seperti fitur blokir; hapus halaman maupun lindungi halaman. Bisa dijelaskan bagaimana cara Anda menggunakan alat tersebut jika ada permasalahan yang membutuhkan Anda sebagai pengurus?
  • Pengurus tidak hanya menangani masalah saja, namun sebisa mungkin membantu pengguna yang merasa kesulitan dalam menyunting. Jika Anda diharuskan memilih, lebih memilih untuk membantu pengguna yang artikelnya dirasa kurang baik atau menghapus halaman yang dirasa kurang layak tanpa memperhitungkan pengguna tersebut? Atau Anda memiliki jawaban lain? Silakan disertakan.
  • Apa yang Anda rasakan jika terpilih menjadi pengurus Wikipedia bahasa Indonesia? Deskripsikan secara rinci.

Itu saja pertanyaan dari saya. Semoga sukses! Bonaditya (bicara) 20 Desember 2015 01.03 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • "Pengurus" di dalam pandangan saya adalah seseorang yang diberi kemampuan untuk mengurusi Wikipedia ini supaya jangan berantakan, beraturan dalam menulis, menolong tiap anggota baru dalam membikin artikel dan agar supaya mereka jangan mudah kecewa manakala gagal, dan membuat agar semua pengguna baru lebih semangat dalam menulis artikel mereka masing-masing.
  • Adapun blokir, itu saya gunakan manakala ada pengguna yang bervandalisme keterlaluan, umpamanya telah kita beri nasihat berulang kali, dan "hukuman kecil" berkali-kali untuk "menjewer" dia supaya tobat, rupanya tidak mau, ya jalan terakhir ialah blokir. Adapun hapus, itu kita harus lihat halaman artikel dan penggunanya dulu. Manakala masih bisa berkembang jauh lebih baik, kemestian bagi kita memperbaikinya sampai genah. Adapun kalau itu cuma artikel ngawur, hapus saja. Adapun lindungi, itu semua orang tahu untuk melindungkan halaman dartipada vandalisme yang berulang. Demikianlah penjelasan saya.
  • Saya rasa lebih baik kita bimbing dulu sampai pintar, perbaiki keadaan artikel, dan kalau memang artikelnya dirasa bagus, referensi banyak, dan kerusakannya tak seberapa. Adapun kalau artikelnya cuma ngawur saja, lebih baik hapus.
  • Saya merasa senang, sedih, dan merasa bahwa ada kewajiban yang harus ditanggung di belakang punggung saya. Melihat kewajiban yang begitu banyak itu, saya harus cepat bergerak. Harus segera bergerak, melihat ada banyak kerjaan yang harus diselesaikan. Semuanya. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 20 Desember 2015 15.16 (UTC)[balas]

Maaf terlambat saya jawab

Al-Qhaderi Aliffianiko[sunting sumber]

Selamat! Anda akan menjadi pengurus 2016. Agar Anda lolos STJ ini, pahami dan cermati pertanyaan berikut ini.

  • Beberapa artikel memiliki kelangkaan referensi. Akankah Anda mengembangkan artikel tersebut meskipun referensinya langka?
  • Apakah Anda akan mengintensifkan ngobrol di Warung Kopi?
  • Saya masih punya kebijakan proposal mengenai plagiarisme dan apakah Anda sepakat untuk mendukung anti-plagiarisme di Wikipedia? Beranikah Anda memblokir permanen pengguna yang memplagiat karya orang lain jika memang pencipta karya tersebut keberatan?

Nuwun. Alqhaderi AliffianikoBicara 21 Desember 2015 03.27 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • Bagaimanapun akan kita cari referensinya, kalau kebetulan ada. Pun kalau misalnya tidak, yang penting rapi. Seperti kasusnya dalam beberapa artikel desa-desa. Sebab saya lihat pernah sekali, di en.wp, seseorang menulis artikel desa, kurang referensi, tapi nilai tambahnya: rapih. Tidak diapa-apakan oleh pengurus.
  • Insya Allah, ya. Sekalian kalau ada cerita-cerita unik di Wikipedia yg dapat diomongkan di grup Facebook, pasti akan sy omongkan juga.
  • Saya tidak meridhai adanya plagiarisme. Berani, kalau mereka tidak kunjung tobat. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 21 Desember 2015 15.29 (UTC)[balas]

Hanamanteo[sunting sumber]

Selamat pagi, kawan! Saya memiliki beberapa pertanyan mengenai kepengurusan dan Wikipedia:

  • Bagaimana caranya agar Anda dapat menghadapi pengguna lain yang memiliki beragam sifat dan tingkah laku?
  • Bila Anda melakukan kesalahan dengan pengguna lainnya dan pengguna tersebut meminta kejelasan dari apa yang Anda lakukan, apa yang Anda lakukan?
  • Anda telah mengajukan diri sebagai pengurus pada 2013, 2014 (namun Anda tidak memberikan konfirmasi hingga batas waktu yang ditetapkan). Mengapa Anda mengajukan diri lagi untuk ke-3 kalinya?

Demikian pertanyaan dari saya. Semoga berjaya! Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 21 Desember 2015 03.31 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • Semuanya harus diselesaikan dengan dialog yang penuh kelemahlembutan, kebijaksanaan, dan tak patut bagi kita memaksa dengan keterlaluan. Atau kalau perlu, mari ajak, ajak untuk saling kerjasama.
  • Saya klarifikasi dulu sampai sejelas-jelasnya. Sudah dia bisa ridha dan memberi kemaafan, baru saya perbaiki kesalahan saya di Wikipedia ini.
  • Karena saya merasa artikel Wikipedia dan penggunanya makin banyak. Maka adanya saya di sini adalah ingin meringankan beban pengurus lain, dan menjadikan Wikipedia ini bernilai sebagai bahan referensi yang bermanfaat bagi semua orang. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 21 Desember 2015 15.35 (UTC)[balas]

Pertanyaan (2)[sunting sumber]

  • Sudah menjadi rahasia umum kalau Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus memiliki ratusan halaman yang diusulkan untuk dihapus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Selain itu, Wikipedia:Usulan penghapusan memiliki banyak pengusulan penghapusan yang tak tersentuh pengurus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Jika Anda terpilih sebagai pengurus, apakah Anda yakin bahwa jawaban-jawaban yang Anda lontarkan di sini akan Anda terapkan dalam kehidupan Anda di Wikipedia?

Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 Desember 2015 08.02 (UTC)[balas]

Jawab (2)[sunting sumber]

  • Saya tentu akan menyelesaikannya, sesegera mungkin. Itu pun juga, kalau misalnya tidak ada halangan berupa waktu dan tiada gangguan lain.
  • Itu jawabannya sama seperti nomor 1.
  • Insya Allah, karena dalam pandangan saya, itu adalah perkara yang berat. Juga perkara yang bukan perkara ringan.

Maaf saya jawab terlambat. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 25 Desember 2015 13.46 (UTC)[balas]

Sabjan Badio[sunting sumber]

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.

  • Menyambung pertanyaan Al-Qhaderi Aliffianiko, secara pribadi, bagaimanakah Anda mendefinisikan plagiarisme di WBI?
  • Jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana sikap Anda terhadap pengurus lain yang kurang aktif?
  • Menurut Anda, mengapa Anda layak untuk menjadi pengurus? (mohon maaf, tidak bermaksud menyinggung, hanya bertujuan menggali informasi).

Sabjan Badio (bicara) 21 Desember 2015 07.31 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • Plagiat itu ialah seseorang menuliskan sesuatu, tanpa diterangkan ini sumbernya dari mana, dan referensi bagaimana. Seakan-akan itu ialah ide dia sendiri. Padahal, dia mengutip dari orang lain, tanpa menjelaskan hal-ihwalnya. Ini tak baik. Wajib bagi seseorang menulis artikel, dia mengutip pendapat/temuan orang lain, mustilah bagi dia menuliskan sumbernya. Dengan demikian, jujurlah dia bahwa dia mengutip orang lain.
  • Mengingatkannya. Atau, seumpama kita bisa mengerjakan tugasnya, mari kerjakan tugasnya. Hitung-hitung itu bantu orang lain adalah amal saleh juga 'kan?
  • Saya ingin membantu memudahkan kerja pengurus di sini. Apalagi saya sadar bahwa saya punya waktu luang, ide di kepala banyak, hendak membantu memperbaiki Wikipedia yg sudah baik ini bertambah baik, sebab itulah, saya sadar bahwa saya merasa dapat -insya Allah- jadi pengurus di Wikipedia ini. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 21 Desember 2015 15.39 (UTC)[balas]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Hai Akbar! Saya ada beberapa pertanyaan untuk anda.

  1. Apa kesibukan/pekerjaan anda di dunia nyata? (selain berwikipedia)
  2. Jika dirata-rata, berapa jam dalam seminggu anda: a.)membuka wikipedia? b.)menyunting wikipedia?
  3. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau wikimedia)? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  4. Jika anda diminta menyebutkan, dapatkah anda memilih: a.)satu atau beberapa artikel yang kualitasnya terbaik di WPID? b.)satu atau beberapa artikel terbaik buatan anda (sebagian besar dikembangkan oleh anda)? (parameternya bisa kelengkapan, gambar, tabel/diagram/skema/grafik, tata bahasa, tata letak, dll.)
  5. Seberapa sering anda mengecek e-mail? Berapa kali seminggu?
  6. Dimanakah domisili anda saat ini? Apakah anda pernah bertemu langsung dengan wikipediawan lain di daerah/wilayah anda tinggal?
  7. Lalu, acara kopdar. Anda harusnya tau dong, beberapa penyelenggaraan kopdar Wikipedia (yang juga ditulis di halaman utama). Bagaimana pendapat anda mengenai acara kopdar ini? Tertarikkah anda untuk datang, jika diundang? Kenapa? (tolong diberikan alasannya)
  8. Terakhir, kelayakan artikel. Beberapa kali ditemukan ada artikel ditulis dengan rapi, baik, referensi ada, kotak info ada, okelah pokoknya. Tapi, sebenarnya artikel ini tidak memenuhi kelayakan. Misalkan artikel band/artis/album. Banyak band pemula memasukkan grup mereka ke Wikipedia meski istilahnya masih bau kencur. Bagaimana anda menghadapi artikel semacam ini? Disisi lain, proposal kebijakannya juga belum mendapat konsensus, jadi sebenarnya anda belum punya dasar kuat untuk menghapus artikel tersebut.

Demikian pertanyaan saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Desember 2015 17.19 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • Bersepeda, membaca buku, membantu orangtua, kalau libur. Selain daripada itu, saya bersekolah kalau hari sekolah, dan kadangkala bepergian sampai jauh, juga dengan sepeda.
  • b. menyunting wikipedia.
  • Fotografi, kalau misalnya saya punya uang untuk beli kamera, lalu saya foto hal-hal yang mungkin belum ada di Wikipedia. Selain itu, tidak ada. Sementara ini, saya hanya paling dapat menulis, dan memperbaiki artikel sampai dirasa baik sebagai referensi.
  • Adapun yang terbaik menurut saya: jalak suren, lamtoro, Mohammad Natsir, dan dampak lingkungan dari pestisida. Adapun yang pengembangan saya adalah: turi, kacang gude, Adnan Menderes, dan cipoh kacat.
  • Saya hanya kadang-kadang saja buka email. Paling paling sedikit sekali seminggu, oleh sebab isinya tidak terlalu penting semua. Tapi yang jelas, email pasti selalu tak pantau terus, jangan sampai lepas dari pandangan mata.
  • Pontianak, pernah sekali. Tapi dia sekarang jauh daripada saya.
  • Pasti saya usahakan datang. Karena dengan pertemuan itu, kita dapat menjalin dan melebarkan pertemanan; dan, boleh jadi juga kita dapat saling memahami dan mengerti karakter masing-masing Wikipediawan. Sehingga, hubungan kita dan Wikipediawan lain lebih baik jadinya.
  • Akan saya nyatakan dengan {{tak layak}}, mengenai penghapusan, tentu saja harus kita bicarakan dulu dengan diskusi dan mufakat. Mudah-mudahan kata bulat tercapai. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 22 Desember 2015 04.50 (UTC)[balas]

Tanggapan: Terima kasih atas jawabannya. Namun, untuk jawaban no.2, mestinya jawabannya "... jam" untuk masing-masing a. dan b. Untuk membuka e-mail/surel, anda baiknya buka e-mail minimal sehari sekali, karena kelak jika anda terpilih sebagai pengurus, anda bisa mendapat pesan dari pengguna lain setiap saat - dan sebaiknya secepatnya dibalas. Lalu untuk pertanyaan terakhir, apakah diberi templat {{tak layak}} saja? Bagaimana kalau nanti banyak artikel serupa bermunculan? Apa mau diberi {{tak layak}} semua? Diskusinya seperti apa? Apakah proposal kebijakannya harus disetujui dulu, baru bisa dihapus? Atau ada saran lain? Salam, RaymondSutanto (bicara) 26 Desember 2015 08.05 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  1. Adapun tentang saran Anda, akan saya perhatikan dan terima kasih atas peringatannya.
  2. Terima kasih sarannya, sebisa mungkin, itu saya lakukan kelak terpilih nanti.
  3. Templat-templat serupa akan saya berikan seumpama masih ada jalan lain. Bisa {{rapikan}}, bisa pula {{hapus}}, bisa pula {{yatim}}, dan semacamnya. Usulan penghapusan akan tetap berjalan, saya akan mengikuti pendahulu-pendahulu saya yang lebih dulu dari kalangan pengurus dan "orang-orang tua Wikipedia" dalam membentuk usulan penghapusan artikel. Baru kelak hapus, kalau memang tidak ada perubahan, dan artikel itu kelihatan tidak berguna. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 26 Desember 2015 16.36 (UTC)[balas]

Henky Yoga[sunting sumber]

Selamat siang. Saya merupakan salah satu pengguna yang belum seberapa mengerti aturan-aturan di WBI. Bila terpilih, apa yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak jumlah artikel di WBI, setidaknya sebanyak jumlah penggunanya? Terima kasih dan mohon maaf. Henky Yoga (bicara) 23 Desember 2015 14.10 UTC+7

Jawab[sunting sumber]

  1. Akan membantu sedikit-demi-sedikit pada pembuatan artikel yang dirasa perlu dan masih bisa saya buat, mudah-mudahan usaha saya berhasil nanti.
  2. Adapun pengguna, saya akan mengajak lewat FB bisa, lewat ajakan di dunia nyata bisa. Saya pernah mengaja tetangga saya, dia termasuk orang yang berilmu. Karena saya tahu dia pintar, dan punya banyak buku, makanya saya ajak dia berwikipedia.

--A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 28 Desember 2015 14.26 (UTC)[balas]

Arifin.wijaya[sunting sumber]

Halo. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk Anda.

  1. Apa tujuan Anda untuk menjadi pengurus?
  2. Topik apakah yang disukai oleh Anda di Wikipedia?
  3. Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk berkontribusi di Wikipedia?
  4. Bila ada pengguna yang kebetulan melakukan vandalisme, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Apakah Anda langsung memblokirnya atau memperingatinya terlebih dahulu?
  5. Bila ada pengguna baru yang belum tahu seluk beluk WBI, apa yang sebaiknya Anda lakukan?
  6. Baru-baru ini kan ada beberapa artikel yang pendek dan masih rintisan apalagi yang tidak memiliki referensi sama sekali. Apakah Anda menghapus artikel tersebut atau merapikan artikel tersebut sehingga artikel tersebut menjadi artikel yang layak?

Itu saja pertanyaan dari saya. Terima kasih. Pengguna:Arifin.wijaya/tt 23 Desember 2015 pukul 23.12 WIB

Jawab[sunting sumber]

  1. Saya ingin memperbaiki keadaan Wikipedia, yang saya lihat, masih kacau keadaannya. Mudah-mudahan dengan kehadiran saya, keadaannya membaik.
  2. Botani, biografi, agama, sejarah, dan budaya.
  3. Ada 3-4 jam dalam sehari, dan kalau waktunya benar-benar lebar, bisa lebih dari itu.
  4. Adalah kemustian bagi pengurus Wikipedia untuk mengingatkannya dulu, kalau dia tetap tidak mendengar, baru diblokir.
  5. Diajarkan, manakala dia merasa kesulitan dan dipahamkan mudah-mudahan dia mau paham.
  6. Perbaiki dulu, sampai betul sampai sekuat tenaga saya. Kalau memang dirasa itu tak bisa, saya akan hapus. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 25 Desember 2015 13.50 (UTC)[balas]


Halo, Mas Adi, saya ingin bertanya beberapa hal, dan tolong dijawab dengan penjelasan secukupnya...

  1. Menurut Anda, untuk mengembangkan artikel rintisan, lebih baik dengan cara menerjemahkan artikel serupa di en.wp atau dengan mencari sendiri referensi di internet ?
  2. Menurut Anda, dalam waktu berapa lama, sebuah artikel rintisan harusnya sudah tumbuh menjadi artikel sesungguhnya ? Karena saya masih mendapati artikel rintisan yang tidak tersentuh selama beberapa tahun
  3. Selanjutnya, mengapa Anda ingin menjadi pengurus, mengingat bahwa wikipedia ini bersifat sukarela ?
  4. Dengan makin banyaknya tuntutan pekerjaan jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana cara Anda mengatur waktu, supaya "tuntutan" dalam dunia nyata dan Wikipedia Anda tetap dapat dikerjakan dengan baik ? Dengan masih mengingat bahwa Wikipedia ini bersifat sukarela

Baiklah, cukup sekian dari saya. Semoga sukses.. ardhan (bicara) 28 Desember 2015 03.34 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  1. Menurut saya pribadi, dalam hal artikel rintisan, kita lebih baik menggunakan referensi sendiri, dan gaya bahasa sendiri. Itu, bagi saya lebih mudah daripada menulis memakai metode menyadur Wikipedia Inggris, oleh sebab, kemampuan bahasa Inggris saya lumayan saja. Contoh pengembangan saya: turi, Adnan Menderes, sama gude. Itu adalah hasil pengembangan saya dari artikel yang dulunya rintisan. Adapun kalau memang referensi itu sulit untuk dicari, yah, saya kira ndak apa-apa memakai Wikipedia English.
  2. Paling tidak antara 3 minggu-2 bulan. Lihat pengembangan saya pada artikel-artikel saya di atas. Salah satunya turi. Anda lihat artikel itu belum pernah tersentuh beberapa tahun. Alhamdulillah, sejak saya ubah, itu berhasil jadi artikel pilihn.
  3. Saya sungguh ingin jadi pengurus oleh sebab itu panggilan dari dalam diri saya sendiri, menjaga, mengembangkan, dan menjadikan Wikipedia sebagai referensi yang reliable/dipercaya, dan dijadikan panduan oleh orang banyak.
  4. Saya walau sesibuk apapun, insya Allah akan selalu mampir ke Wikipedia, mengadakan patroli, dan kalau memang ada artikel yang harus ditambah, diperbaiki, dan kebetulan ada referensinya, pasti akan saya lakukan di Wikipedia ini --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 28 Desember 2015 13.32 (UTC)[balas]

Singkat saja: apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain? Terima kasih :) Muhraz (bicara) 28 Desember 2015 15.48 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Sy punya fokus dalam hal bantu2 mengembangkan artikel from zero to hero, membantu newbie agar lebih paham sistem Wikipedia dan membantu mereka supaya mau ikut kerjasama di Wikipedia ini. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 2 Januari 2016 15.00 (UTC)[balas]

Kenrick95[sunting sumber]

Jawab dengan singkat: apa yang mau diurus saat jadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 28 Desember 2015 15.58 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Persoalan pengguna baru dan pengembangan artikel-artikel. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 2 Januari 2016 15.01 (UTC)[balas]

Bisa dijelaskan apa "persoalan pengguna baru" yang dimaksud? Terus bukankah pengembangan artikel-artikel dapat dilakukan tanpa menjadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 Januari 2016 14.32 (UTC)[balas]

Halo, mas Adi. Saya ingin mengajukan pertanyaan:

  • Bila Anda sudah menjadi pengurus, bagaimana cara Anda memberantas vandalisme?
  • Bila suatu saat Anda ingin menghapus suatu artikel, apakah Anda akan memberitahu si pembuat artikel bahwa artikel buatannya akan dihapus?
  • Apakah Anda selalu memantau suntingan terbaru dari pengguna anon?
  • Apakah Anda mempunyai cukup waktu luang untuk membuka e-mail, membalas pesan, berpatroli, dan yang berkenaan dengan WBI?

Salam! A2613 (bicara) 1 Januari 2016 12.13 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  • Vandalisme ialah sesuatu yang jelas tak mungkin kita hilangkan dan tak mungkin pula kita lupakan. Sehingga saya akan bekerja sebagaimana biasa, yaitu tetap mengembalikan artikel yang divandal, dan mengunci artikel2 yang memang itu rawan divandal. Kemudian, kalau pelakunya keras kepala, dengan terpaksa tentu saja harus diblok dan dijewer.
  • Tentu saja aaya akan memberitahukannya terlebih dulu.
  • Selama suntingan anon itu baik, saya biarkan oleh sebab ada di antara anon yang pernah membangun artikel sampai baik. Adapun subtingan anon yang buruk, tentu mesti kita tertibkan.
  • Insya Allah, sy selalu punya waktu untuk itu. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 2 Januari 2016 15.06 (UTC)[balas]

Rahmatdenas[sunting sumber]

Semangat buat dinda Adi yang menyediakan dirinya mengurus Wikipedia.

Apa tanggapan dinda terhadap hal ini. Para pengurus, meskipun tidak banyak, telah mendampingi para kontributor sehingga melahirkan generasi baru yang berjerih berkontribusi dan mengurus Wikipedia. Namun, dari yang saya lihat, para pengurus tidak terorganisasi sehingga secara kolektif pengurus tidak memilkki rencana strategi Wikipedia Indonesia ke depannya. Hal yang terjadi selama ini, proyek-proyek Wikipedia lahir dari inisatif perorangan dan bersifat insidentil. Rahmatdenas (bicara) 3 Januari 2016 13.52 (UTC)[balas]

Lihat pula[sunting sumber]