Adnan Menderes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ali Adnan Ertekin Menderes
Perdana Menteri Turki
Masa jabatan
22 Mei 1950 – 27 Mei 1960
Presiden Mahmut Celal Bayar
Didahului oleh Semsettin Gunaltay
Digantikan oleh Cemal Gürsel
Informasi pribadi
Lahir 1899
Aydın, Kesultanan Usmaniyah
Meninggal 17 September 1961 (umur 62)
İmralı, Turki
Partai politik Republikan Liberal
Rakyat Republik (CHP)
Demokrat (DP)
Suami/istri Berrin Menderes
Alma mater Fakultas Hukum Universitas Ankara
Agama Muslim

Ali Adnan Ertekin Menderes (lahir di Aydin tahun 1899 – meninggal di Imrali, 17 September 1961 pada umur 62 tahun) merupakan seorang negarawan liberal Turki dan pimpinan pertama yang dipilih secara demokratis dalam sejarah Turki. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Turki antara tahun 19501960. Ia merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat pada tahun 1946, partai oposisi resmi ke-4 di Turki. Ia digantung menyusul kudeta tahun 1960 bersama dengan 2 anggota kabinet lain, Fatin Rüştü Zorlu dan Hasan Polatkan. Ia merupakan pemimpin politik terakhir di Turki yang digantung setelah kudeta militer dan merupakan salah satu dari 3 pimpinan politik Turki yang dibangunkan mausoleum untuk menghormatinya (lainnya adalah Mustafa Kemal Ataturk dan Turgut Ozal).

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Adnan dilantik sebagai perdana menteri dengan presiden Celal Bayar pada tahun 1950. Menjadi Perdana Menteri selama 10 tahun sampai kudeta milier yang dilakukan oleh jenderal-jenderalnya yang jahat pada tahun 1960 dengan mati syahid di tali tiang gantungan.[1] Sami Kohen, seorang wartawan berkata bahwa karena kebijakannya yang begitu dekat dengan Islam dan kaku dengan Israel juga keputusannya merubah adzan dari Bahasa Turki menjadi Bahasa Arab, juga membolehkan orang Turki untuk naik haji menyebabkan dia dihukum mati. Dia membolehkan pengajaran bahasa Arab dan membangun 10.000 mesjid dan 22 ma'had Islam di Anatolia, dalam rangka akselerasi program para khatib, dai, dan guru-guru ngaji al-Qur'an di Turki. Dia juga yang menganjurkan dalam penerbitan buku-buku, majalah, dan selebaran yang bertopik Islami. Lebih dari itu, dia mengaktifkan kembali masjid-masjid yang sebelum zamannya dipakai sebagai gudang menjadi tempat ibadah. Pada masa kepemimpinannya, dia membuka 25 madrasah penghapal Qur'an.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Buhairi, Mamduh Farhan. "Adnan Menderes: Perdana Menteri yang Berakhir di Tiang Gantungan". Qiblati 9 (3): 34 – 35. ISSN 1907-0039. 
Didahului oleh:
Mehmet Şemsettin Günaltay
Perdana Menteri Turki
1950-1960
Diteruskan oleh:
Cemal Gursel
Didahului oleh:
Celal Bayar
Ketua Partai Demokrat
1950-1960
Diteruskan oleh:
Süleyman Demirel (Partai Keadilan)
Necmettin Erbakan (Partai Pembebasan)
Didahului oleh:
Mehmet Fuad Köprülü
Menteri Luar Negeri
1955
Diteruskan oleh:
Fatin Rustu Zorlu