Wetar, Maluku Barat Daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wetar
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Maluku
Kabupaten Maluku Barat Daya
Jumlah penduduk 7937 (2010)[1]

Wetar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Indonesia.[2]

Daftar pulau[sunting | sunting sumber]

Pulau-pulau yang merupakan bagian dari Kecamatan Wetar adalah:


Untuk menuju ke Pulau Wetar, akses yang dapat digunakan adalah kapal motor, dengan route Ambon (Prop. Maluku) - Kupang (Prop. NTT) PP. Itu pun hanya dilayani oleh 2 kapal motor yaitu KM. Pangrango dan KM. Maloli. KM. Pangrango berkapasitas penumpang sekitar 500 orang, dengan jadwal pelayaran yang lebih pasti daripada KM. Maloli, yaitu 2 minggu satu kali. Sementara, KM. Maloli berkapasitas sedikit di bawah KM. Pangrango. Waktu tempuh Ilwaki - Kupang, kurang lebih 24 jam, dengan kecepatan kapal maksimal 20km/jam (untuk KM. Pangrango).

Pulau Wetar terdiri dari 1 (satu) yaitu Kecamatan Wetar dan mempunyai 23 desa (Karbubu, Tolemar, Arnau, Hiai, Ilwaki, Ilputih, Mahuan, Masapun, Tomliapat, Ilpokil, Kahiling, Ilway, Arwala, Moning, Uhak, Lurang, Naumatang, Esulit, Nabar, Eray, Ilmamau, Klisatu, Ustutun). Dengan ibukota kecamatan di Desa Ilwaki. Sejak berdirinya Kecamatan Wetar, telah dipimpin oleh 3 orang camat.

Kecamatan Wetar merupakan penghasil kopra, masih banyak potensi alam yang besar namun belum digali dengan baik, seperti kacang mede, asam jawa, pala hutan, hasil laut dan madu hutan.

Infrastruktur di Wetar sementara ini masih sangat minim. Jaringan jalan hanya ada di Ilwaki dan untuk menjangkau desa yang lain masih harus menggunakan kapal layar bermotor.

Sarana telekomunikasi hanya mengandalkan SSB dan GSM. SSB mampu menjangkau seluruh desa di Wetar, namun untuk GSM hanya di Ilwaki (ibukota kecamatan) itu pun dengan radius kurang lebih 100 meter.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Badan Pusat Statistik Maluku Tenggara Barat, HASIL SENSUS PENDUDUK 2010 Agregat Data per Kecamatan Kabupaten Maluku Barat Daya
  2. ^ Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Maluku Barat Daya Di Provinsi Maluku
  3. ^ a b Departemen Kelautan dan Perikanan, Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia
  4. ^ Departemen Kelautan dan Perikanan, Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia: Profil Pulau Lirang
  5. ^ Departemen Kelautan dan Perikanan, Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia: Profil Pulau Wetar