Wagri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wagri, Wagiri, atau Wagria adalah suku Slavia Polabia yang menghuni wilayah Wagria atau Holstein timur di Jerman utara dari abad ke-9 hingga ke-12. Mereka merupakan bagian dari Konfederasi Obotrite.

Selama terjadinya pemberontakan Slavia pada tahun 983 dan sekitar tahun 1040 di bawah kepemimpinan Gottschalk, Wagria mengalami kehancuran. Banyak kota dan gereja di Jerman yang hancur dan penduduknya menjadi kosong. Pada tahun 1066, suku Wagri bersekutu dengan suku Wilzi untuk menyerbu burgward Sachsen dari Mecklenburg hingga Schwerin dan memasuki wilayah Jerman hingga mencapai Hamburg. Sekitar tahun 1090, suku Wagri dan Liutizi yang masih menganut kepercayaan paganisme tunduk kepada Kruto yang berlatar belakang Suku Rani. Masing-masing suku memilih kepala sukunya sendiri yang tunduk kepada Kruto. Pada tahun 1093, suku Obotrite Kristen di bawah kepemimpinan Heinrich dengan bantuan dari beberapa orang Sachsen dan penduduk Jerman Hilir berhasil mengalahkan Kruto dalam Pertempuran Schmilau di dekat Ratzeburg. Suku Wagri pun kembali menjadi suku pembayar upeti.

Proses penyebaran agama Kristen di Wagria dimulai di bawah kepemimpinan Unwan, Uskup Agung Bremen pada tahun 1020-an. Seorang pastur yang bernama Vicelin dari Oldenburg mulai menginjilkan orang Wagri dan Wilzi dengan izin Heinrich yang berkuasa dari Lübeck sekitar tahun 1126. Beberapa tahun setelah misi yang dilakukan oleh Vicelin, Kaisar Lothair II memenuhi wilayah Wagria dengan kastel, dan Knud Lavard dan orang Hostein juga menyerbu wilayah tersebut dan menawan dua pemimpin Wagria, Pribislav dan Niklot.

Pada tahun 1142, Heinrich si Singa dan Adolf II dari Holstein membagi-bagi Slavia yang baru saja mereka taklukan.[1] Wagria dan kastilnya di Sigberg jatuh ke tangan Adolf, sementara Polaboa dan Ratzeburg diberikan kepada Heinrich. Sungai Trave memisahkan kedua kawasan tersebut. Sesudah itu datang banyak orang-orang Jerman. Pada masa Perang Salib Wend pada tahun 1147, suku Wagri menyerang koloni-koloni orang Fleming dan Frisia, tetapi itu adalah kabar terakhir mengenai upaya mereka untuk melawan Jermanisasi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Bagnell Bury (1936), The Cambridge medieval history, The Macmillan company, p. 725 - Vol. 7, OCLC 390849

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]