Universitas Pendidikan Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Pendidikan Nasional
Lambang Universitas Pendidikan Nasional
MotoTechno Research-preneur Undiversity
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan17 February 1969 (sebagai AKABA)[1]
RektorProf. Dr. Nyoman Sri Subawa S.T., S.Sos, M.M.
Lokasi, ,
Indonesia Indonesia
6°58′26.6″S 107°37′49.3″E / 6.974056°S 107.630361°E / -6.974056; 107.630361

8°40′38″S 115°13′37″E / 8.67722°S 115.22694°E / -8.67722; 115.22694Koordinat: 8°40′38″S 115°13′37″E / 8.67722°S 115.22694°E / -8.67722; 115.22694
Nama julukanUndiknas
Situs webwww.undiknas.ac.id

Universitas Pendidikan Nasional,

disingkat Undiknas adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Denpasar, Bali. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Prof. Dr. IGN Gorda, M.S. dan Drs. Ketut Sambereg, M.M. Sebelum berubah nama menjadi Universitas Pendidikan Nasional, dulu bernama AKABA (Akademi Keuangan dan Perbankan) yang berdiri pada tahun 17 Februari 1969 oleh Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional (YPKN). Dalam rangka memperluas cakupan program pendidikan yang diselenggarakan oleh AKABA, pegembangan kelembagaan kembali dilakukan pada tahun 1980 dengan perubahan AKABA menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan (STIK) Denpasar. Selanjutnya, guna menjawab tantangan dunia pendidikan di tingkat perguruan tinggi yang semakin dinamis pada tahun 1980-an, serta untuk mengakomodasi visi dan misi STIK Denpasar yang terus berkembang, pada tahun 1984 STIK Denpasar meningkatkan status kelembagaannya menjadi universitas, yaitu Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), sebuah lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi hingga saat ini.

Saat ini Undiknas memiliki 15 program studi, dengan komposisi

9 Program studi di tingkat sarjana ( S1 )

3 Program studi di tingkat magister ( S2 )

1 Program Profesi

1 Program Sarjana Terapan ( D4 )

1 Program Doktoral ( S3 )

Sembilan Program Studi di tingkat sarjana, Program Profesi, dan Sarjana Terapan dikelola melalui Empat ( 4 ) fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Hukum
  • Faskultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  • Fakultas Teknik dan Informatika

Sementara itu,

Program studi di tingkat Magister, Program Insinyur dan Doktoral dikelola melalui program pascasarjana Undiknas yang bernama Undiknas Graduate School.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Unggul dalam menghasilkan lulusan berintegritas, profesional, berjiwa entrepreneur, dan berdaya saing global (“Empowering globally competitive professional-preneur with integrity”).

STRUKTUR ORGANISASI FEB UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL

Dean Faculty Of Economics & Bussiness : Prof. Dr. I.B. Raka Suardana, SE.,M.M.

Secretary Dean of FEB : Ni Made Muliani S.E.

Vice Dean for Academic at FEB : Dr. I Made Suidarma , S.E., M.M.

Vice Dean for Financial Affairs at FEB : Dr. I Nyoman Sunarta, S.E., M.Si., Ak., CA.

Vice Dean for Student Affairs at FEB : Desak Made Febri Purnama Sari, S.E., M.M.

Fakultas Ilmu Hukum[sunting | sunting sumber]

Pada Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Nasional, menjadi satu-satunya program studi di kampus yang memberikan Program Pendidikan dan Pelatihan (PENLAT) langsung Advokat, yang isinya Konsultasi Hukum, Hukum Bisnis, Peradilan dan Pengacara di Bali.

Praktikum yang di berikan dalam Laboratorium Ilmu Hukum adalah praktikum Peradilan semu, yang dimana isinya pengaplikasian semua hasil dari PENLAT, diantaranya peradilan Pidana, Peradilan Perdata, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Acara Peradilan MK.

NO NAMA JABATAN PHOTO
1. Dr. Ni Nyoman Juwita Arsawati, SH., M.Hum. Dean of Faculty of Law and Social Science
2. ACACEMIC SENATE OF THE FACULTY
3. Ni Luh Oktarini, S.I.Kom. Secretary to Faculty Of Law and Social Science
4. I G.A.Ag. Dewi Sucitawathi Pinatih, S.Sos., M.Si. Head of Public Administration Departement
5. Nuning Indah Pratiwi, S.Sos., M.I.Kom. Head of Communication Department
6. Putu Eva Ditayani Antari, S.H., M.H. Head of Law Department
7. Drs. I Wayan Joniarta, M.Si. Head of Public Administration Laboratory
8. Putri Ekaresty Haes, S.I.Kom., M.I.Kom Head of Communication Laboratory

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora[sunting | sunting sumber]

Memiliki 2 Program Studi diantaranya

Program Studi Ilmu Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan program studi yang jebolannya kebanyakan menjadi Artis Nasional, dengan Bakat dan ilmu yang berkualitas yang di dapat sejak kuliah di Undiknas University.

Mengusung tagline Techno Research-preneur University program studi Ilmu komunikasi juga menawarkan program-program yang bersifat global dan berlandaskan digital.

Berkerjasama dengan Kementrian Luar Negeri, Program studi ini berhasil mengundang langsung beberapa Konsulat Jendral dan Duta Besar Negara-Negara Eropa yang tergabung dalam VISEGRAD Eropa yang memberikan ilmu seputar ilmu komunikasi. Yang dimana kegiatan ini akan terus akan dilakukan dengan bekerjasama dengan negara-negara lainnya.

Ada 2 konsentrasi di program studi Ilmu Komunikasi, Public Relation dan Jurnalistik. berbeda dengan kampus-kampus lainnya, Undiknas University memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa program studi Ilmu komunikasi untuk langsung terjun ke Radio-radio dan televisi swasta untuk menambah wawasan para mahasiswa.

Program Studi Ilmu Administrasi Negara[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ilmu Administrasi Negara, menawarkan program-program yang bersifat global, dengan salah satunya membangun kerjasama bilateral antara Indonesia dengan USA ( United States of America) dan mahasiswa program studi ini salah satunya berhasil mengikuti kegiatan “INDONESIA USA 70TH YOUTH AMBASSADOR” pada Juni 2019 lalu.

Selain itu Program Studi Administrasi Negara bekerja sama juga dengan Indonesian Association for Public Administration (IAPA) yang beranggotakan para Akademisi dan Praktisi dalam bidang Administrasi Publik yang aktif melakukan kajian-kajian dan penelitian untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik berdasarkan isu-isu yang up to date membuat program studi ini jauh lebih menjanjikan.

Dan lulusan program Studi ini sudah sangat diakui di Dunia kerja, salah satu contohnya bekerja di Kedutaan Timor Leste.

Fakultas Teknik dan Informatika[sunting | sunting sumber]

memiliki 3 Program Studi diantaranya

Program Studi Teknik Sipil⠀[sunting | sunting sumber]

Merupakan salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrakstruktur dan ekonomi. Program studi jni mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan dan insfrastruktur lainnya.

Ada 5 konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi teknik Sipil, diantaranya Struktur, Geoteknik, Transportasi, Hidrologi dan Manajemen Konstruksi.

Lulusan program studi ini bisa langsung mengambil gelar profesi Insinyur di Undiknas University juga loh, jadi bisa dapat 2 gelar.

Program Studi Teknik Elektro[sunting | sunting sumber]

Program Studi Teknik Elektro Undiknas University merupakan program studi satu-satunya di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Bali

Dengan adanya persaingan Revolusi 4.0, program studi teknik Elektro, memberikan banyak pembekalan-pembekalan kepada seluruh mahasiswa teknik elektro,yang sudah berkolaborasi dengan teknik Informatika.

Mahasiswa dari program studi Teknik Elektro, sudah berhasil memenangkan lomba pembuatan Robot Line Follower dengan meraih juara 1 tingkat Nasional.

Program Studi Teknologi Informasi[sunting | sunting sumber]

Undiknas baru saja melahirkan program studi baru 2 tahun terakhir ini dan diberi nama Program Studi Teknologi Informasi

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika membahas tentang program studi ini, pikiran kita akan langsung terfokus pada sekedar sebuah sistem atau aplikasi. Tapi tidak dengan program studi baru yang dimiliki Undiknas University.

Dalam waktu 2 tahun saja, para dosen muda dan handal yang bekerja sama dengan mahasiswa Teknologi Informasi ini sudah akan melaunching sebuah “PLATFORM” yang di beri nama UDAWA (Universal Digital Agriculture Watering) System yang merupakan sebuah Embedded Device yang mampu membantu mengatur kegiatan Agriculture para petani.

Program Magister[sunting | sunting sumber]

Saat ini Sekolah Pascasarjana Undiknas sudah mulai menapak pada tataran ASEAN, hal ini dibuktikan dengan terdaftarnya Sekolah Pascasarjana Undiknas sebagai member dari ABEST21 yaitu lembaga akreditasi internasional yang bermarkas di Jepang. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen Sekolah Pascasarjana Undiknas juga sudah terbit pada publikasi internasional bereputasi. Secara reguler, mahasiswa, dosen, dan karyawan telah terbiasa diberikan enrichment program ke luar negeri (Thailand, Malaysia, Singapore) untuk mengetahui perkembangan yang terjadi ditataran ASEAN. Dalam rangka memperjelas pencapaian visi menjadi Sekolah Pascasarjana Undiknas yang unggul maka ditentukanlah tonggak-tonggak pencapaian milestone yang kemudian dijabarkan sebagai berikut:

1. Tahun 2018 – 2023 Sekolah Pascasarjana Undiknas akan melakukan penguatan-penguatan daya saing ASEAN dengan cara penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi dengan mengadopsi standar tata kelola sesuai badan akreditasi internasional skala ASEAN (ABEST21), bersinergi dengan mitra PT atau instansi luar negeri pada tataran ASEAN dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, Perekrutan dosen yang memiliki kualifikasi doktor dari Perguruan Tinggi luar negeri yang bereputasi.
2. Tahun 2023 – 2028 setelah dapat bersaing pada tataran ASEAN, maka daya saing Sekolah Pascasarjana Undiknas akan lebih ditingkatkan pada tataran ASIA. Hal ini diwujudkan dalam peningkatan kualitas tata kelola program studi dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pengajuan akreditasi AACSB (lembaga akreditasi skala internasional), penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia dengan tidak menutup peluang sinergi dengan perguruan tinggi di kawasan lain (misalnya universitas di Australia, Amerika Serikat, dan Eropa). Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat Asia melalui program-program seperti: joint research, joint publication, student exchange serta enrichment program.
3. Tahun 2028 – 2033 daya saing pada tonggak ini lebih diperluas lagi pada tataran Asia-Pasifik diwujudkan dalam melanjutkan tahapan-tahapan dalam pengajuan akreditasi pada AACSB dan mengadopsi tata kelola sesuai standar AACSB. Penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia-Pasifik. Meningkatkan peringkat Sekolah Pascasarjana Undiknas dalam daftar pemeringkatan business school oleh pemeringkat internasional bereputasi, sehingga bisa posisi top 600 kawasan Asia-Pasifik.
4. Pada tahun 2033 – 2038 Sekolah Pascasarjana Undiknas Unggul, yaitu masuk jajaran Program Pascasarjana terbaik di Asia-Pasifik.

Program Insinyur[sunting | sunting sumber]

Program studi ini, dikhususkan bagi kalian yang sudah mendapatkan gelar sarjana (S1), Program Studi Insinyur merupakan salah satu dari tujuh bidang keprofesian yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/U/1993, Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Dikti, Perpres No.8 tahun 2012 tentang KKNI, Undang-Undang nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran serta Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang SNDIKTI.

Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran.

Program Doktoral[sunting | sunting sumber]

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:

Tahun 2038 menjadi program studi yang unggul di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan dijiwai oleh nilai-nilai Tri Hita Karana untuk menghasilkan sumber daya manusia berintegritas, profesional, berwawasan global dan digita Sejalan dengan visi dan misi program studi PDIM Undiknas merumuskan tujuan sebagai berikut ini:

1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang holistik dan berorientasi kemajuan teknologi, dengan senantiasa mengacu pada standar mutu yang tinggi dan best practices di tingkat internasional;
2. Menghasilkan temuan penelitian manajemen yang menghadirkan inovasi mutakhir dalam teori dan praktik manajemen, yang terpublikasi secara internasional;
3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui aplikasi hasil riset manajemen, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai yang dianut masyarakat;
4. Menguatkan posisi dan legitimasi program studi di tengah-tengah masyarakat;
5. Memastikan terpenuhinya kriteria terbaik dalam akreditasi program studi oleh badan akreditasi nasional, serta mewujudkan status terakreditasi oleh badan akreditasi internasional dengan menunjukkan nilai kebijaksanaan lokal sebagai keunikan;
6. 6. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi digital, dan sumber daya keuangan program studi secara berkelanjutan, dengan beorientasi pada kemajuan teknologi, kualifikasi tingkat internasional, dan nilai-nilai kebijaksanaan lokal;
7. Memperluas jejaring kerja sama program studi dengan institusi di luar negeri, lembaga internasional, institusi tingkat nasional, dan institusi lokal, serta mengoptimalkan pemanfaatan hasil-hasilnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah Undiknas, di situs resminya.

Undiknas menjadi satu-satunya Diarsipkan 2022-12-13 di Wayback Machine. yang memiliki Program Studi S3 Ilmu Manajemen di Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Bali, NTB dan NTT

Website resmi Universitas Pendidikan Nasional https://undiknas.ac.id/

Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional

Profil Fakultas Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Nasional

Profil Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Pendidikan Nasional

Profil Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Pendidikan Nasional

Pasca Sarjana Universitas pendidikan Nasional : https://pasca-undiknas.ac.id/

Informasi pendaftara pascasarjana Universitas Pendidikan Nasional https://pasca-undiknas.ac.id/_reg_on_diknas.php?data=syarat

informasi pendaftara program sarjana Universitas Pendidikan Nasional https://undiknas.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-tahun-akademik-2022-2023/ Diarsipkan 2022-12-13 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]