Universitas Janabadra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Janabadra
Didirikan 7 Oktober 1958
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Ir. H. Suharjanto, MSCE
Lokasi Kota Yogyakarta, Indonesia
Situs web http://www.janabadra.ac.id

Universitas Janabadra, adalah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Janabadra merupakan salah satu universitas yang cukup lama berdedikasi akan pendidikan nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra. Didirikan pada 7 Oktober 1958 dengan nama Perguruan Tinggi Janabadra, universitas ini menjadi salah satu universitas tertua di Kota Yogyakarta. Setelah disesuaikan dengan Undang-Undang No. 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi namanya diubah menjadi Universitas Janabadra. [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Universitas Janabadra tidak dapat dilepaskan dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satu tujuan perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Inilah yang melatarbelakangi beberapa tokoh pejuang saat itu mendirikan sebuah perguruan tinggi yang diharapkan mampu melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang berpengetahuan tinggi dan berkarakter pejuang.

Lambang Universitas Janabadra mengandung arti: Universitas Janabadra lahir hari Selasa, tanggal 7 Oktober 1958 berazaskan Pancasila dan berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 dengan tujuan membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang setia kepada cita-cita luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pimpinan Universitas Janabadra terdiri dari para akademisi yang mempunyai kompetensi di bidang keilmuannya dan merupakan tokoh-tokoh berdedikasi dalam pengembangan wawasan kebangsaan.

Fasilitas Universitas Janabadra merupakan salah satu yang terbaik di antara perguruan tinggi di Yogyakarta. Berbagai fasilitas yang dimiliki telah menempatkan Universitas Janabadra sebagai pusat pendidikan yang mengabungkan antara proses peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta wawasan kebangsaan para peserta didik.

Lokasi Universitas Janabadra terletak sangat dekat dengan pusat Kota Yogyakarta. Universitas Janabadra mempunyai dua gedung berlokasi strategis yang memudahkan bagi akses transportasi umum maupun fasilitas publik penunjang pendidikan lainnya di Yogyakarta dan satu gedung lagi di Wates, Kabupaten Kulon Progo. Dalam waktu dekat, Universitas Janabadra akan segera membangun gedung kampus terpadu yang areanya lebih luas di daerah Trini, Kecamatan Trihanggo, Kabupaten Sleman, DIY.

Sejak masa berdirinya, tentu saja telah banyak tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembangunan Universitas Janabadra. Salah satu dari tokoh-tokoh tersebut adalah para Rektor dan Dekan, yang telah melaksanakan masa jabatannya dari tahun ke tahun. Mereka telah banyak memperjuangkan kemajuan-kemajuan untuk Universitas Janabadra, baik dari segi materiil maupun spirituil.

Universitas Janabadra Yogyakarta didirikan oleh seorang tokoh teladan dan seseorang yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan pendidikan di Yogyakarta dan juga merupakan Walikota kedua Kota Yogyakarta (Periode Juli 1947 - Januari 1966) yang bernama KPH. Soedarisman Poerwokoesoemo, dimana nama beliau sekarang diabadikan menjadi nama gedung Auditorium Universitas Janabadra. Beliau juga sekaligus merupakan Rektor pertama Universitas Janabadra.

Universitas Janabadra merupakan salah satu Universitas tertua di Yogyakarta yang telah membuat dan melahirkan berbagai macam prestasi dari mahasiswa dan seluruh alumninya, dari bidang prestasi akademik maupun olahraga. Alumni Universitas Janabadra telah berhasil meraih jabatan atau pekerjaan di dunia kerja yang cukup membanggakan dimana mereka saat ini banyak yang duduk di instansi pemerintahan maupun menjadi seorang wirausahawan yang berhasil.

Universitas Janabadra Yogyakarta juga membuka Program kelas kuliah malam atau Program Kelas Ekstensi yang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa atau pegawai yang ingin melanjutkan kuliah di malam hari. Seluruh Fakultas di Universitas Janabadra saat ini Membuka Program Kelas Ekstensi Malam dengan biaya yang terjangkau. Hal ini menjadikan Universitas Janabadra Yogyakarta semakin mengukuhkan dirinya menjadi ujung tombak kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya tanpa mengenal waktu baik pagi, siang, atau malam hari nonstop tetap fokus untuk melaksanakan kegiatan akademiknya.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

  • Alamat Kampus (Kampus Pusat) :

Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 55-57 Yogyakarta 55231, No.Telepon dan Fax : (0274) 561039

  • Alamat Kampus II (Kampus Fakultas Hukum) :

Jl. Timoho II No 40 Yogyakarta, No. Telepon (0274) 562716 dan Fax. (0274) 548851

  • Alamat Kampus III Wates :

Jl. Khudori No. 28 Wates Kulon Progo Yogyakarta, No. Telepon (0274) 773254

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Janabadra memiliki 4 Fakultas (S-1) yaitu:

1. Fakultas Ekonomi

  • Program Studi Ekonomi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan

2. Fakultas Hukum

  • Program Studi Ilmu Hukum

3. Fakultas Pertanian

  • Program Studi Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Agribisnis

4. Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Informatika

Universitas Janabadra Juga Memiliki 3 Program Magister (S-2), yaitu:

1. Magister Manajemen

  • Program Studi Konsentrasi Manajemen Keuangan
  • Program Studi Konsentrasi Manajemen Pemasaran
  • Program Studi Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

2. Magister Hukum

  • Program Studi Konsentrasi Hukum Bisnis dan Sistem Peradilan Pidana

3. Magister Teknik Sipil

  • Program Studi Konsentrasi Manajemen Konstruksi
  • Program Studi Konsentrasi Pengelolaan Sumber Daya Air
  • Program Studi Konsentrasi Rekayasa Struktur
  • Program Studi Konsentrasi Rekayasa Transportasi

Pimpinan Universitas[sunting | sunting sumber]

Rektor & Wakil Rektor :

  1. Rektor  : Dr. Ir. H. Suharjanto, M.S.C.E
  2. Wakil Rektor I  : Dr. Ir. Cungki Kusdarjito, M.P.,Ph.D
  3. Wakil Rektor II  : Dra. Nining Widiyanti, M.M.
  4. Wakil Rektor III  : J.S. Moerdomo, S.H.,M.Hum


Pimpinan Fakultas Ekonomi :

  1. Dekan  : Drs. Titop Dwi Winarno, M.M.
  2. Wakil Dekan I  : Drs. Aan M. Yunianto, M.Si.
  3. Wakil Dekan II  : Nurwiyanto, S.E.,M.M.


Pimpinan Fakultas Teknik :

  1. Dekan  : Risdiyanto, S.T.,M.T.
  2. Wakil Dekan I  : Drs. Rusdy Agustaf, M.Kom.
  3. Wakil Dekan II  : Ir. Syahril Machmud, M.T.


Pimpinan Fakultas Hukum  :

  1. Dekan  : Eko Nurhayanto, S.H.,M.Hum
  2. Wakil Dekan I  : Ambar Setya Wicaksana, S.H.,M.Hum
  3. Wakil Dekan II  : Hartanti, S.H.,M.H


Pimpinan Fakultas Pertanian:

  1. Dekan  : Ir. Kadarso, M.S
  2. Wakil Dekan I  : Ir. Subeni, M.S
  3. Wakil Dekan II  : Ir. Ichwani Kurniasih, M.P



Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Universitas Janabadra memiliki banyak Fasilitas di dalam menunjang kegiatan perkuliahan dan akademiknya, diantaranya adalah seluruh gedung Kampus sudah dilengkapi dengan jaringan Wireless Local Area Network (W-LAN) atau hotspot yang memungkinkan untuk mengakses jaringan internet nirkabel/tanpa kabel. Kemudian area parkir kendaraan roda 4 dan sepeda motor yang juga cukup luas, dimana untuk kendaraan roda 2 atau sepeda motor disediakan tempat parkir di Basement. Dengan sistem penjagaan yang aman dan petugas jaga yang selalu siap memantau keadaan selama proses perkuliahan. Selanjutnya Universitas Janabadra memiliki ruang kuliah yang sudah ber AC dan berbagai Laboratorium sebagai penunjang perkuliahan seperti Laboratorium Bahan Bangunan, Laboratorium Transportasi, Laboratorium Hidrolika, Laboratorium Ilmu Ukur Tanah, Laboratorium Penyehatan Lingkungan, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Struktur, Laboratorium Manajemen Konstruksi, dan Studio Gambar. Kemudian Juga ada Laboratorium Teknologi Mekanik, Laboratorium Logam, Laboratorium Prestasi Mesin, Laboratorium Fenomena dasar, Laboratorium Gambar dan Perencanaan, dan tersedia bengkel motor mahasiswa Laboratorium Otomotif. Selanjutnya masih ada lagi Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Aplikasi Komputer, Laboratorium Jaringan Komputer, dan Laboratorium Elektronika Digital. Disamping itu juga ada Laboratorium Komputerisasi Sistem Ekonomi untuk Fakultas Ekonomi dan Laboratorium Teknologi Pertanian untuk Fakultas Pertanian, ruang sidang ujian pendadaran Skripsi, kemudian di sekitar gedung kampus juga terdapat fasilitas lapangan basket, lapangan bulu tangkis / badminton, Masjid kampus (Masjid Ash-Shoff), Kantin / Kafe yang disediakan untuk istirahat dan makan atau minum seluruh civitas akademika kampus, Auditorium yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan termasuk kegiatan wisuda (Auditorium KPH Poerwokoesoemo), Perpustakaan Pusat dan Perpustakaan Fakultas dengan koleksi berbagai macam buku / pustaka, klinik kesehatan, dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI.

Pusat Studi[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Janabadra memiliki beberapa Pusat Studi sebagai berikut :

1. Pusat Studi Kebangsaan
2. Pusat Studi Kewirausahaan
3. Pusat Studi Lingkungan
4. Pusat Studi Pemikiran Sistem & Komputasi Lunak
5. Pusat Studi Pengembangan Daerah
6. Pusat Studi Pengembangan Teknologi
7. Pusat Studi Transportasi
8. Pusat Studi Wanita


Biro Dan Unit Pelayanan Teknis (UPT)[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada seluruh mahasiswa, Universitas Janabadra memiliki Biro dan Unit Pelayanan Teknis yang siap memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada seluruh mahasiswa, baik yang bersifat akademis maupun non akademis. Diantaranya sebagai berikut :

1. Badan Penjaminan Mutu (BPM)
2. Biro Administrasi Dan Keuangan Umum (BAKU)
3. Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan (BAAK)
4. Lembaga Pengembangan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M)
5. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kerjasama
6. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Pusat
7. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sistem Informasi dan Komputer


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang dan mengembangkan potensi atau bakat kepada mahasiswa, Universitas Janabadra memiliki berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa dan organisasi diantaranya sebagai berikut :

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas dan Fakultas
2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam " MAPALA JANAGIRI "
3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola
4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket
5. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bela diri Tae Kwon Do
6. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis / Badminton
7. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Janabadra
8. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian / Keagamaan " Hosana Alabare "
9. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamaah Pengajian & Silaturahmi Janabadra

IKABADRA (Ikatan Keluarga Alumni Universitas Janabadra)[sunting | sunting sumber]

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Janabadra berdiri sebagai wadah bagi alumni Universitas Janabadra dan juga sebuah pengejawantahan dari Kebhinekaan yang tetap terjalin dengan kesatuan seperti dasar dari Kampus Kebangsaan Universitas Janabadra. Nama IKABADRA dengan kepanjangannya Ikatan Keluarga Alumni Universitas Janabadra, pernah mengalami pertentangan dalam perjalanan sejarahnya. Menurut penuturan salah satu saksi sejarah didirikannya IKABADRA, usulan nama pada mulanya dimunculkan nama KABADRA (Keluarga Alumni Janabadra), akhirnya atas usul dari Drs. Koestomo Koesno (Ketua IKABADRA ke-3) maka ditetapkan nama wadah alumni menjadi IKABADRA sampai sekarang.
Pengurus IKABADRA masa bakti 2010 – 2014 telah dilantik oleh Rektor Universitas Janabadra Dr. Ir. H. Suharjanto, MSCE pada tanggal 30 September 2010 di Kampus Kebangsaan Universitas Janabadra.

Rujukan[sunting | sunting sumber]