Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta adalah sebuah sekolah tinggi pariwisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, Yayasan Pendidikan Karya Sejahtera yang beranggotakan para profesional dalam bidang perhotelan, mendirikan Akademi Pariwisata AMPTA. Pada tahun 1990, berdirinya AMPTA dikukuhkan oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Indonesia pada saat itu. Peletakan batu pertama Kampus AMPTA pada tahun 1991 dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pada saat berdirinya, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA berbentuk Akademi, dengan nama Akademi Pariwisata Ambarrukmo Palace. AMPTA merupakan singkatan dari Ambarrukmo Palace Tourism Academy.

Ambarrukmo Palace merupakan Keraton Ambarrukmo yang merupakan peninggalan sejarah, aset wisata, dan tempat pesanggrahan/kedaton dari masa Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Selain itu, pemilihan nama tersebut dikarenakan para perintis AMPTA merupakan para senior Ambarrukmo Palace Hotel ( Hotel Inna Group ) yang mempunyai perhatian terhadap pendidikan professional pariwisata, di mana AMPTA pada saat itu berlokasi di lingkungan Ambarrukmo Palace Hotel.

Mulai tahun 1992 AMPTA keluar dari Hotel Inna Group. Dimana Inna Hotel group pada tahun 2001 mendirikan STiPRAM ( yayasan ambarrukmo ) yang sekarang relokasi ke kawasan baru di jalan Ahmad Yani No 56 B Banguntapan Yogyakarta karena lokasi yang lama di utara hotel royal ambarrukmo sangatlah kecil dan tidak memungkinkan untuk menampung mahasiswa stipram yang membeludak ( pada tahun 2017 terdapat 1800 mahasiswa yang diterima dari 3000 pendaftar ) dan pada tahun 2001, Akademi Pariwisata AMPTA mengembangkan diri dan mengubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) AMPTA.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Hospitality/Pengelolaan Pariwisata (Strata 1 – S1)

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja berorientasi keilmuan sampai tingkat pengambil keputusan kebijakan bidang pariwisata. Program studi ini merupakan program akademik jenjang sarjana yang memberikan pendidikan pengetahuan bidang pengelolaan/manajemen pariwisata secara umum dan keakomodasian pada khususnya. Lulusan berhak menyandang gelar akademik Sarjana Pariwisata (S.Par) Prospek kerja untuk lulusan dari program studi ini adalah dalam bidang industri pariwisata, pemerintahan, peneliti, konsultan pariwisata, dan dosen/guru yang professional dalam bidang pariwisata.

Perhotelan[sunting | sunting sumber]

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja Praktisi profesional sampai tingkat manajer dan usahawan dalam bidang industri Perhotelan.

Perhotelan /Hotel Operations ( Diploma 3)

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Ahli Madya yang memberikan pendidikan Ketrampilam bidang pengelolaan Hotel khususnya dibidang produk Akomodasi, Makanan dan Minuman serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Ahli Madya Pariwisata ( A.Md. Par)

Administrasi Hotel / Hotel Administration (Diploma 4)

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Sarjana setara dengan Strata Satu ( S1). Program Studi ini memberikan pendidikan Ketrampilam bidang Manajemen/pengelolaan Hotel baik manajemen hotel secara keseluruhan maupun dibidang produk Akomodasi, Makanan dan Minuman serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Sarjana Sain Terapan Pariwisata ( S.ST. Par) Prospek Kerja: Dalam bidang industri Perhotelan, Restaurant & bar, Café, Catering, Laundry, Bakery dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.

Usaha perjalanan wisata[sunting | sunting sumber]

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja Praktisi professional sampai tingkat manajer dan usahawan dalam bidang industri Tour dan Travel

Manajemen Bisnis Perjalanan/ Travel Business Management (Diploma 4 )

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Sarjana setara dengan Strata Satu ( S1). Program Studi ini memberikan pendidikan Ketrampilam bidang Manajemen/pengelolaan bidang Usaha Wisata baik manajemen Travel Biro dan Pariwisatal secara keseluruhan maupun dibidang produk jasa wisata perjalanan wisata, chargo/kurir, ticketing, guiding serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Sarjana Sain Terapan Pariwisata ( S.ST. Par) Prospek Kerja: Dalam bidang industri tour dan travel seperti: Ticketing, Tour Planner, Guide, Cargo/Peti Kemas-Ekspedisi, Transportasi dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata, dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.