Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA
Didirikan 1987
Jenis Sekolah tinggi pariwisata swasta
Lokasi Jl. Laksda Adisucipto KM 6 (utara Hotel Ambarrukmo),
Dusun Tempel Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55400, Indonesia
Situs web www.ampta.ac.id

Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta adalah sebuah sekolah tinggi pariwisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, Yayasan Pendidikan Karya Sejahtera yang beranggotakan para profesional dalam bidang perhotelan, mendirikan Akademi Pariwisata AMPTA. Pada tahun 1990, berdirinya AMPTA dikukuhkan oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Indonesia pada saat itu. Peletakan batu pertama Kampus AMPTA pada tahun 1991 dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kepercayaan masyarakat umum dan industri yang semakin solid menjadikan AMPTA terus berkembang dan maju dalam pendidikan tinggi profesional bidang pariwisata, dalam kurun waktu 25 tahun.[butuh rujukan]

Pada saat berdirinya, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA berbentuk Akademi, dengan nama Akademi Pariwisata Ambarrukmo Palace. AMPTA merupakan singkatan dari Ambarrukmo Palace Tourism Academy.

Ambarrukmo Palace merupakan Keraton Ambarrukmo yang merupakan peninggalan sejarah, aset wisata, dan tempat pesanggrahan/kedaton dari masa Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Selain itu, pemilihan nama tersebut dikarenakan para perintis AMPTA merupakan para senior Ambarrukmo Palace Hotel yang mempunyai perhatian terhadap pendidikan professional pariwisata, di mana AMPTA pada saat itu berlokasi di lingkungan Ambarrukmo Palace Hotel.

Komitmen yang tinggi dari pengurus terhadap pendidikan tinggi professional di bidang pariwisata, mulai tahun 1992 sampai sekarang, membuat AMPTA menempati gedung milik sendiri dengan area sekitar 1,25 hektar di sebelah utara Hotel Ambarrukmo dengan fasilitas dan dirancang sebagai sebuah kampus yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar, sehingga para mahasiswa dapat tenang dalam belajar tanpa harus kuatir pindah kampus.

Sejak tahun 2001, Akademi Pariwisata AMPTA mengembangkan diri dan mengubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) AMPTA.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Hospitality/Pengelolaan Pariwisata (Strata 1 – S1)

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja berorientasi keilmuan sampai tingkat pengambil keputusan kebijakan bidang pariwisata. Program studi ini merupakan program akademik jenjang sarjana yang memberikan pendidikan pengetahuan bidang pengelolaan/manajemen pariwisata secara umum dan keakomodasian pada khususnya. Lulusan berhak menyandang gelar akademik Sarjana Pariwisata (S.Par) Prospek kerja untuk lulusan dari program studi ini adalah dalam bidang industri pariwisata, pemerintahan, peneliti, konsultan pariwisata, dan dosen/guru yang professional dalam bidang pariwisata.

Perhotelan[sunting | sunting sumber]

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja Praktisi profesional sampai tingkat manajer dan usahawan dalam bidang industri Perhotelan.

Perhotelan /Hotel Operations ( Diploma 3)

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Ahli Madya yang memberikan pendidikan Ketrampilam bidang pengelolaan Hotel khususnya dibidang produk Akomodasi, Makanan dan Minuman serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Ahli Madya Pariwisata ( A.Md. Par)

Administrasi Hotel / Hotel Administration (Diploma 4)

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Sarjana setara dengan Strata Satu ( S1). Program Studi ini memberikan pendidikan Ketrampilam bidang Manajemen/pengelolaan Hotel baik manajemen hotel secara keseluruhan maupun dibidang produk Akomodasi, Makanan dan Minuman serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Sarjana Sain Terapan Pariwisata ( S.ST. Par) Prospek Kerja: Dalam bidang industri Perhotelan, Restaurant & bar, Café, Catering, Laundry, Bakery dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.

Usaha perjalanan wisata[sunting | sunting sumber]

Program ini bertujuan mendidik dan menghasilkan tenaga kerja Praktisi professional sampai tingkat manajer dan usahawan dalam bidang industri Tour dan Travel

Usaha Perjalanan Wisata/Tours & Travel ( Diploma3)

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Ahli Madya yang memberikan pendidikan Ketrampilam bidang pengelolaan Usaha Perjalanan Wisata (tour)l khususnya dibidang produk jasa perjalanan wisata, chargo/kurir, ticketing, guiding serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Ahli Madya Pariwisata ( A.Md. Par)

Manajemen Bisnis Perjalanan/ Travel Business Management (Diploma 4 )

Program Studi ini merupakan program Vokasi jenjang Sarjana setara dengan Strata Satu ( S1). Program Studi ini memberikan pendidikan Ketrampilam bidang Manajemen/pengelolaan bidang Usaha Wisata baik manajemen Travel Biro dan Pariwisatal secara keseluruhan maupun dibidang produk jasa wisata perjalanan wisata, chargo/kurir, ticketing, guiding serta Produk lainnya.

Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar vokasi Sarjana Sain Terapan Pariwisata ( S.ST. Par) Prospek Kerja: Dalam bidang industri tour dan travel seperti: Ticketing, Tour Planner, Guide, Cargo/Peti Kemas-Ekspedisi, Transportasi dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata, dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]