Unbroken (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Unbroken"
Lagu oleh Demi Lovato
dari album Unbroken
Dirilis20 September 2011
Direkam2011 (Dreamlab Studios, Los Angeles, Kalifornia)
GenreDance, elektronik
Durasi3:18
LabelHollywood
PenciptaDaniel James, Leah Haywood, Demi Lovato
ProduserDreamlab

"Unbroken" adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato yang terdapat dalam album studio ketiganya dengan judul yang sama. Lagu ini direkam di Studio Dreamlab di Los Angeles, Kalifornia, ditulis oleh Daniel James, Leah Haywood dan Lovato, sementara produksi ditangani oleh Dreamlab Production.

Lagu ini mendapat review umumnya positif dari kritikus musik. "Unbroken" memuncak di nomor 98 di Billboard Hot 100, serta nomor 60 di Billboard Hot Digital Songs.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

"Unbroken" ditulis oleh Lovato, Daniel James dan Leah Haywood, dan diproduksi oleh "Dreamlab". Lagu ini direkam di Dreamlab Studios di Los Angeles, Kalifornia. Lagu ini dicampur oleh Serban Ghenea, dengan bantuan dari Phil Seaford, di Virginia Beach, Virginia di MixStar Studios. Lagu ini direkam dan dipilih untuk dimasukkan dalam album studio ketiga Lovato, Unbroken yang dirilis pada tanggal 20 September 2011.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"Unbroken" adalah lagu Dance-pop, terpengaruhi oleh elektro musik. Komposisi lagu menggabungkan pengaruh dari musik disko dari tahun 1980-an, vokal Lovato disertai dengan gema disintesis di latar belakang lagu. Mike Schiller dari PopMatters mencatat bahwa lagu Ini menggabungkan denyut elektronik berat dengan efek Keyboard synthesizer banyak.[2] Cristin Maher dari PopCrush mencatat bahwa lagu ini seperti "membangun rumah seperti sebuah lagu, klimaks dalam paduan suara". Lirik "Unbroken" adalah tentang melepaskan cinta dan tidak memegang apa-apa kembali ketika ia datang untuk mencintai. Hal ini ditafsirkan oleh Jocelyn Vena dari MTV yang liriknya ditulis tentang "diselamatkan oleh kekasih."

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Lagu ini mendapat review umumnya positif dari kritikus musik. Majalah Embrace You memuji lagu ini sebagai "lagu klub hidup yang membawa kita keluar dari lagu-lagu cinta mellow untuk ke lantai dansa". Megan Rozell dari Blogcritics mencatat lagu ini, bersama dengan "Hold Up", sebagai lagu "harus mendengarkan karena dua lebih optimis, menawarkan pendengar mendapat lirik dan ritme lebih cepat untuk menari." Seorang penulis dari Sputnikmusic mencatat "Unbroken", bersama dengan "Hold Up", sebagai lagu yang "menyenangkan" dan bahwa mereka "memberikan sentuhan baru ke akar signature popnya." Penulis juga berkomentar bahwa lagu ini harus dipilih sebagai single. Jason Scott dari seattlepi.com memuji "Unbroken", menyebutnya "tinju-memompa lagu" dengan lirik yang bermakna. Shaun Kitchener dari Trash Lounge mencatat bahwa lagu ini, bersama dengan "Hold Up", "terlalu uptempo tinggi pada efek produksi untuk 'balada' namun tidak kurang meledak dengan resonansi emosional dan penyanyi dunia bernyanyi." Jocelyn Vena dari MTV memuji lagu sebagai "lagu disco pemberdayaan".

Personil[sunting | sunting sumber]

Proses rekaman dan pencampuran
  • Direkam di Dreamlab Studios di Los Angeles, California
  • Pencampuran di MixStar Studios di Virginia Beach, Virginia
Personil
  • Vokal: Demi Lovato
  • Penulis lagu: Demi Lovato, Leah Haywood, Daniel James
  • Produksi: Dreamlab
  • Pencampuran: Serban Ghenea, Phil Seaford (Asisten)
  • Teknik: John Hanes

Chart[sunting | sunting sumber]

Setelah Unbroken dirilis, Unbroken di nomor 98 di Billboard Hot 100, Semata-mata berdasarkan pada download digital.

Chart (2011) Posisi
Amerika Serikat Billboard Hot 100 98

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.billboard.com/charts/billboard-200#/artist/demi-lovato/chart-history/1011430?f=395&g=Singles
  2. ^ Schiller, Mike. "Demi Lovato: Unbroken". PopMatters. PopMatters.com. Diakses tanggal 25 December 2011.