Commander in Chief (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Commander in Chief"
Singel oleh Demi Lovato
Dirilis14 Oktober 2020 (2020-10-14)
Genre
Durasi3:14
LabelIsland
Pencipta
Produser
  • Finneas
  • Eren Cannata
Kronologi singel Demi Lovato
"Still Have Me"
(2020)
"Commander in Chief"
(2020)
"Monsters"
(2020)
Video musik
"Commander in Chief" di YouTube

"Commander in Chief" adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato, yang ikut menulis lagu dengan Justin Tranter, Julia Michaels dan produsernya Finneas dan Eren Cannata. Lagu ini dirilis sebagai single oleh Island Records pada 14 Oktober 2020. Liriknya ditujukan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan merupakan tanggapan terhadap pemilihan presiden Amerika Serikat 2020.[1][2] Sebuah musik video dirilis pada hari yang sama.

Latar belakang dan komposisi[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Lovato menegaskan bahwa dia menulis lirik lagu ini kepada Presiden Trump, secara khusus menyebut "kesalahan penanganan" atas ketidakadilan rasial, supremasi kulit putih, pandemi COVID-19, dan pembongkaran hak LGBTQ. Lovato mengatakan lagu ini dimulai dengan keinginan agar dia menulis surat kepada Presiden atau mengatur pertemuan dengannya untuk menanyakan pertanyaan, tetapi dia akhirnya memutuskan untuk menulis lagu sebagai gantinya dan merilisnya sehingga semua orang akan bisa berbagi konfrontasi dan menuntut "jawaban" juga. Dalam lagu ini, Lovato bertanya, "Do you even know the truth? / We're in a state of crisis / People are dying / While you line your pockets deep / Commander in Chief / How does it feel / To still be able to breathe?"[2] Selain itu, Lovato mengatakan bahwa dia tidak ingin memecah belah bangsa lebih jauh secara politik dengan lagu ini, tetapi berharap lagu ini malah menginspirasi percakapan dan meningkatkan partisipasi pemilih.[2]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Lagu telah bocor sebelum dirilis pada 11 Oktober 2020. Beberapa hari kemudian, pada 13 Oktober, Lovato mulai mengumumkan lagu ini dengan memposting beberapa klip video musik yang akan datang melalui Instagram-nya, menampilkan seorang gadis muda berkulit hitam dan seorang pria kulit putih yang lebih tua mengucapkan lirik lagu. Sampul singel juga menampilkan Lovato mengenakan masker wajah bertuliskan "VOTE". Penyanyi, yang telah blak-blakan tentang keyakinan politiknya di masa lalu, mengumumkan bahwa lagu ini akan dirilis pada tanggal 14 Oktober, dengan sebuah postingan bertuliskan "Saya memanggil kalian semua, silakan bergabung dengan saya dalam pemungutan suara untuk tahun pemilihan ini. Temukan informasi pemilih Anda di iwillvote.com ".[3]

Musik video[sunting | sunting sumber]

Musik video untuk lagu ini dirilis pada 14 Oktober 2020, dan disutradarai oleh Director X.[4] Video lagu ini menampilkan beragam orang Amerika Serikat dari berbagai jenis kelamin, ras, orientasi seksual, dan kelompok disabilitas lipsynch lagu sebelum akhirnya Lovato muncul di momen-momen terakhir dari video. The Lincoln Project, sebuah kelompok yang sebagian besar terdiri dari Partai Republik melawan Trump, bekerja sama dengan Lovato untuk merilis video musik alternatif yang menampilkan montase gambar orang yang menderita, dengan gambar orang-orang yang ditahan di pusat penahanan perbatasan, rawat inap COVID-19 dan aksi Black Lives Matter.[5]

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Lovato membawakan lagu ini secara live untuk pertama kalinya pada acara Billboard Music Awards 2020, di mana dia menyanyikan lagu ini sambil bermain piano.[6][7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Vulture memuji lagu ini karena tidak hanya menggambarkan emosi yang dipicu oleh kepresidenan Donald Trump, namun juga mendorong pendengarnya untuk "memperjuangkan apa yang benar" dan "mempertahankan pendirian kita", termasuk memberikan suara dalam pemilu mendatang.[8] Selain itu, mereka mencatat bahwa lagu ini lebih dari sekedar "seruan kepada Presiden Donald Trump dan semua kebodohannya yang kejam", tetapi juga "pengingat bahwa para pengkritiknya tidak akan mundur."[8] Sementara itu, Billboard melaporkan bahwa "Make America United Again" adalah tujuan Lovato dengan "lagu barunya yang kuat dan bernuansa politik" mengingat lirik lagu dan visual dari musik video yang menyertainya.[9]

Dorian Lynskey dari The Guardian memuji lagu ini sebagai "lagu protes paling memberatkan di era Trump", mengatakan bahwa lagu ini memiliki "potensi yang kuat" dan memuji Lovato karena menjadi artis pertama yang menantang Trump secara langsung dalam liriknya.[10] Ulasan tersebut membandingkan lagu ini dengan balada tentang patah hati, dengan mengatakan bahwa lagu ini adalah salah satu caranya, karena "mengungkapkan kepedihan emosional di era Trump",[10] dan juga secara khusus disesuaikan dengan tahun 2020, sebagai lagu ini merujuk pada peristiwa kontemporer termasuk protes tahun 2020 atas ketidakadilan rasial, dan karena bagian refrainnya ("How does it feel to still be able to breathe?") terlihat langsung ditujukan kepada Trump sehubungan dengan "dengan Covid-19, yang telah membunuh lebih dari 215.000 orang Amerika di bawah pengawasan Trump, dan slogan Black Lives Matter 'I can't breathe'".[10] Lagu ini juga dibandingkan dengan lagu-lagu politik dan protes masa lalu – tetapi Lynskey menulis bahwa Lovato memperkenalkan sesuatu yang baru pada genre lagu protes dengan "balada pop yang menyakitkan dan melismatis".[10]

Chart[sunting | sunting sumber]

Chart (2020) Posisi
Amerika Serikat (Billboard Digital Song Sales) 18
Selandia Baru (RMNZ Hot Singles)[11] 13
Skotlandia (OCC) 95

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Legaspi, Althea (October 14, 2020). "Demi Lovato, Finneas Team Up for Political Ballad 'Commander In Chief'". Rolling Stone. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  2. ^ a b c Melas, Chloe (October 14, 2020). "Demi Lovato has a few words for President Trump". CNN. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  3. ^ Justich, Kerry (October 15, 2020). "Demi Lovato defends her latest single 'Commander in Chief': 'I have a right to political views'". Yahoo!. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  4. ^ Lovato, Demi [@ddlovato] (October 14, 2020). "Won't give up, stand our ground ... We'll be in the streets while you're #CommanderInChief. Video dropping tomorrow" (Tweet). Diakses tanggal October 14, 2020 – via Twitter. 
  5. ^ Nolan, Emma (October 16, 2020). "Lincoln Project make music video for Demi Lovato's 'Commander In Chief'". Newsweek. Diakses tanggal October 16, 2020. 
  6. ^ Kaufman, Gil (October 1, 2020). "Demi Lovato, Sia and En Vogue to Perform at 2020 Billboard Music Awards". Billboard. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  7. ^ McRady, Rachel; Wills, Jackie (October 13, 2020). "Billboard Music Awards 2020: John Legend and Host Kelly Clarkson to Perform". Entertainment Tonight. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  8. ^ a b Haylock, Zoe (October 14, 2020). "Demi Lovato Drops Anti-Trump Anthem, 'Commander in Chief'". Vulture. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  9. ^ Aniftos, Rania (October 14, 2020). "Demi Lovato Sends a Direct Message to the 'Commander in Chief' in New Song: Listen". Billboard. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  10. ^ a b c d Lynskey, Dorian (October 15, 2020). "Demi Lovato has made the most damning protest song of the Trump era". The Guardian. ISSN 0261-3077. Diakses tanggal October 15, 2020. 
  11. ^ "NZ Hot Singles Chart". Recorded Music NZ. October 26, 2020. Diakses tanggal October 23, 2020.