Ucok Baba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ucok Baba
Ucok Baba.jpg
Nama lahir Usnan Batubara
Lahir 10 Mei 1971 (umur 42)
Bendera Indonesia Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Pekerjaan aktor, presenter, pelawak
Tahun aktif 1993 - sekarang
Pasangan Rina Angelina
Anak Ahmad Usriano Batubara
Septi Aulia

Usnan Batubara (lahir di Medan, Sumatera Utara, 10 Mei 1971; umur 42 tahun) adalah aktor, presenter, dan pelawak Indonesia yang dikenal luas masyarakat dengan nama Ucok Baba. Ucok Baba adalah sedikit dari aktor dan pelawak yang bertubuh kecil (tinggi 91 cm) yang sangat dikenal masyarakat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Lahir sebagai anak ketujuh dari sembilan bersaudara pasangan alm. Mahad Batubara dan Zakiah Lubis, Ucok menghabiskan masa kecilnya hingga SMA di Medan. Setelah lulus SMA, Ucok ingin melanjutkan kuliah, namun orang tuanya yang bekerja sebagai petani tak mampu membiayai. Sempat menganggur, akhirnya Ucok mengadu nasib ke Jakarta pada tahun 1990.

Nasib baik menghampiri saat Ucok bertemu dengan salah satu staf Soraya Film di tempat fotokopi. Dia ditawari main film Bagi-bagi Dong bersama Warkop. Selain bermain film, Ucok juga kerap menjadi badut di beberapa acara hiburan. Nama Ucok mulai melejit kala membawakan acara World Cup di RCTI bersama Dik Doank tahun 2002.

Kehidupan pribadi dan sosial[sunting | sunting sumber]

Ucok menikah dengan Rina Angelina pada tahun 1997. Pernikahan Ucok dengan Rina yang saat itu baru berusia 26 tahun sempat ditentang oleh orang tua Rina. Namun akhirnya mereka merestui. Dari pernikahan ini lahir Ahmad Usriano Batubara dan Septi Aulia yang keduanya tak memiliki masalah dengan tinggi badan.

Tahun 2000, Ucok bersama teman-temannya yang sama-sama bertubuh kecil, Asep Rahman, Dani Acil, dan Kasmui mendirikan Unique Entertainment yang menaungi orang-orang bertubuh kecil. Perkumpulan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan diri dan memupuk rasa percaya diri anggotanya.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]