Tonight Alive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tonight Alive
Tonight Alive at The Bamboozle Festival 2011
Informasi latar belakang
AsalSydney, New South Wales, Australia
GenrePop punk, pop rock, power pop, alternative rock, emo
Tahun aktif2008–present (currently on touring hiatus) [1]
LabelSony, Fearless, Hopeless, UNFD
Situs webtonightalive.com
AnggotaJenna McDougall
Jake Hardy
Cameron Adler
Matt Best
Mantan anggotaWhakaio Taahi
Mitchell Stanger

Tonight Alive adalah band rock asal Sydney, Australia. Pada 2018, anggota band ini terdiri dari vokalis utama Jenna McDougall, pemain gitar Jake Hardy, pemain bass Cameron Adler dan pemain drum Matt Best.

Band ini dibentuk pada 2008 oleh Hardy, Adler dan Whakaio Taahi, dan kemudian McDougall and Best bergabung, Tonight Alive merekam dan meluncurkan sendiri dua album pertama mereka yaitu mini album All Shapes & Disguises and Consider This. Pada 2010, Tonight Alive menandatangani perjanjian dengan Fearless Records and Sony Music Entertainment Australia[2] dan meluncurkan album penuh debut pertama mereka yaitu What Are You So Scared Of?.[3] Album tersebut secara resmi dijual di Britania Raya dan Amerika Serikat pada Oktober 2012, satu tahun setelah peluncurannya di Australia. Album penuh kedua mereka yaitu The Other Side direkam di Australia dan diluncurkan pada 6 September 2013, memuat single berjudul Lonely Girl and Come Home. Album ini masuk ke dalam urutan No. 5ARIA Charts. Band ini juga berkontribusi untuk The Amazing Spider-Man 2 Soundtrack melalui lagunya yang berjudul The Edge. Tonight Alive meluncurkan lagu yang berjudul Human Interaction pada 30 Oktober 2015, disusul album ketiga mereka berjudul Limitless, yang mendapatkan respon beragam pada 4 Maret 2016. Gitaris utama dan penulis lagu band Whakaio Taahi keluar dari band tidak lama setelah mereka menyelesaikan rekaman untuk album kemepat mereka, Underworld yang diluncurkan pada 12 Januari 2018.

Tonight Alive merupakan salah satu dari 10 band top di Australia pada 2010 menurut stasiun radio rock asal Amerika Serikat KROQ.[4] Band ini biasanya melakukan tur selama setahun penuh.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan (2008)[sunting | sunting sumber]

Gitaris Jake Hardy dan pemain bass Cameron Alder telah memiliki proyek band rock yang menyanyikan ulang materi lagu band lain. Kemudian, mereka bertemu dengan Whakaio Taahi melalui teman, dan memintanya untuk bergabung sebagai keyboard dan lead guitar.

Jenna McDougall menulis musik akustik sendiri saat itu, dan meminta tolong Adler untuk merekam dan memproduksi rekaman demo. Setelah demo selesai, Adler meminta McDougall untuk melakukan rekaman lagu dari bandnya. Pada 31 Mei 2008, satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke-16, McDougall bergabug sebagai vokalis utama, dan membuat versi pertama dari band.

Mereka mendapatkan pertunjukan tetapi tidak memiliki nama band, seluruh anggota band berkumpul dan berdiskusi mengenai bagaimana mereka mereka mendeskripsikan kehidupan dan band, akhir mereka muncul dengan nama Tonight Alive.

Setelah tahun pertama, mereka kehilangan pemain drummer. Matt Best, teman sekolah Taahi, bergabung setelah mengetahui hal tersebut dari ibunda Taahi. Best menempuh perjalanan selama tiga sampai empat jam untuk sekedar berlatih bersama band.

Band mulai terkenal, mereka menjadi band pembuka dari band metal, bermain di festival-festival kecil, dan menghabiskan banyak waktu untuk bermain pada pertunjukan lokal di pusat pemuda disekitar wilayah Sydney[butuh rujukan].

Mini Album All Shapes & Disguises and Consider This (2009–2010)[sunting | sunting sumber]

Pada 2009, band masuk ke studio untuk memulai rekaman perdana mini album mereka berjudul All Shapes & Disguises dengan produser album Greg Stace dan Dave Petrovic, album tersebut diluncurkan pada Juni 2010 dengan video musik dan single berjudul Wasting Away[5], McDougall masih bersekolah saat itu. Ia mengambil cuti dari sekolah untuk rekaman dan orang tuanya memberikan dana untuk memenuhi bagiannya dalam menyewa studio. Fakta yang sering kali digunakan rekan-rekannya untuk mengodanya.

Lagu berjudul Closer digunakan dalam musim keenam acara realitas TV The Hills asal Amerika Serikat.[6]

Pada November 2010, band meluncurkan tiga lagu dari mini album Consider This, sebelum melaksanakan tur nasional berasama dengan Sienna Skies, band asal Australia.

What Are You So Scared Of? (2011−12)[sunting | sunting sumber]

Setelah mendapatkan perhatian dari beberapa label rekaman besar, Tonight Alive diundang untuk melakukan showcase. Walaupun kedua gitaris band, Taahi dan Hardy, memutuskan senar gitar saat lagu pertama, band ini tetap mendapatkan kontrak dengan label rekaman.

Pada akhir 2010, material baru dari Tonight Alive mendarat di meja produser Mark Trombino. Ia kemudian menghubungi band, dan menunggu untuk ambil bagian dalam memproduksi album penuh pertama Tonight Alive.[7]

"Ketika ia menghubungi kita, dan ia menyatakan tertarik, itu merupakan hal besar" ucap Jenna. "Kami tidak percaya ia memposisikan diri seperti itu. Ia luar biasa. Mark menciptakan album yang kami semua dengarkan saat tumbuh dewasa, album-album yang meluncurkan karir semua band-band besar".

Pada awal tahun 2011, Tonight Alive terbang ke Los Angeles dan merekam album penuh debut mereka di NRG studios selama dua bulan.[7]

Band juga melakukan tur di Australia pada 2011 bersama dengan band pendukungnya seperti Skyway dan For This Cause.

Lagu To Die For, yang berasal dari mini album mereka All Shapes & DIsguises dan lagu Thank You and Goodnight yang berasal dari mini album kedua Consider This, direkam ulang untuk ablum penuh mereka. Thank You & Goodnight mengundang guest vocals yaitu Mark Hoppus dari Blink-182.[8]

Single pertama berjudul Starlight diluncurkan pada 1 Juli, dan video musik diluncurkan tiga hari kemudian.[9] Single kedua Let It Land diluncurkan bersama dengan musik video untuk lagu tersebut pada 19 September.[10]

Tonight Alive melakukan tur di Amerika Serika dan mengambil bagian dalam festival tahunan The Bamboozle,[11] tampil pada 1 Mei di Zumiez stage bersama dengan New Found Glory, Valencia, Thrice, The Downtonw Fiction dan band lainnya

Band ini tampil pada album kompilasi Punk Goes Pop 4, membawakan lagu Little Lion Man milik band Indie rock asal Inggris, Mumford & Sons. Album ini diluncurkan pada 21 November

McDougall merupakan bagian dari lagu Good Charlotte yang berjudul Like It's Her Birthday[12] dan juga tampil pada lagu Simple Plan berjudul Jet Lag saat tur Simple Plan di Australia. Ia juga tampil ada lagu Divided by Friday berjudul Face to Face[13].

What Are You So Scared Of? diluncurkan dibawah label Sony Records Australia pada 14 Oktober 2011, walaupun begitu pada November 2011 Tonight Alive menandatangani kontrak dengan Fearless Record[2] dan meluncurkan ulang album mini The Consier This pada 8 November dan album penuh debut mereka What Are You Scared Of? empat bulan kemudian di Amerika Serikat.[14]

Band ini meluncurkan mini album mereka Consider This di Britania Raya melalui Banquet Record pada 2 April 2012.[15]

Tonight Alive menjadi bagian dari tur musik Fearless Friend pada 2011 bersama dengan Blessthefall, The Word Alive, Motionless In White, dan Chunk! No, Captain Chunk.[16]

Band dijadwalkan untuk tampil dalam Lucky Street Tour untuk tampil bersama Go Radio and This Providence dan SXSW tetapi mereka harus mundur karena adanya masalah kesehatan, menulis di halaman Facebook mereka: "Kami mohon maaf karena harus mengumumkan pembatalan tur dengan Go Radio dan SXSW karena masalah kesehatan yang serius".[17] Masalah tersebut ternyata karena Mcdougall menderita eksim yang parah, membuatnya sulit bergerak. Band kemudian berangkat ke Jepang untuk tampil bersama Young Guns dan mereka juga hadir dalam acara Shibuya-AX. Tonight Alive menyelesaikan seluruh penampilan mereka dalam Warped Tour 2012.

Saat tur The Vans Warped Tour 2012, band memulai produksi video untuk lagu Listening, yang merupakan single ketiga dari album What Are You So Scared Of? meskipun fakta bahwa lagu dan video klip untuk lagu berjudul Breaking and Entering sudah dirilis secara digital, menurut McDougall, Listening menjadi single resmi untuk album WAYSSOF? . Video klip Listening diluncurkan via Youtube pada 12 Oktober 2012, yang menggunakan gambar dokumentasi dari hari-hari terakhir band melakukan tur sepanjang musim panas.

The Other Side (2013−14)[sunting | sunting sumber]

Tonight Alive meluncurkan single tunggal berjudul Breakdown pada 12 Maret 2013 dimana band berduet dengan Benji Madden dari Good Charlotte. Band merekam album baru mereka berjudul The Other Side di Coffs, Australia yang dirilis pada 6 September 2013 melalui Sony dan Fearless Records. Single pertama berjudul The Ocean meluncur perdana melalui Radio 1 di Britania Raya pada 11 Juli bersamaan dengan pengumuman album. The Ocean lalu dirilis melalui iTunes pada 22 Juli. Teaser dari single lainnya berjudul Lonely Girl diluncurkan pada 24 Juli. Lagu penuhnya diluncurkan pada malam harinya. Video klip untuk lagu tersebut diluncurkap pada 15 Agusuts. Lagu Come Home kemudian diluncurkan sebagai single pada akhir September, besama dengan video klip di saluran Vevo milik band.

Tonight Alive melakukan tur di Amerika Serikat sebagai bagian dari 2013 Vans Warped Tour. Mereka sempat tampil beberapa kali di Australia sebelum memulai tur lagi untuk promosi album mereka terbaru, ditambah dengan dua penampilan pada Rolling Stone Live Lodge acoustic shows[18]. Tonight Alive juga ambil bagian dalam Warped Tour Australia yang berlangsung pada November 2013.[19]

Mereka kemudian kembali melakukan tur The Other Side untuk mempromosikan album baru merek di Australia dan Amerika Serikat, tampil bersama dengan The Downtown Fiction, For the Foxes, and Echosmith. Tur mereka berakhir pada 23 November.

Band mengumumkan pada pertengahan Desember mereka akan berpartisipasi pada tur band All Time Low yaitu A Love like War: UK Tour. Diumumkan pada akhir Januari 2014 band juga akan ambil bagian pada tur Taking Back Sunday and The Used di Amerika Utara. Tur dimulai pada Maret 2014.

Tonight Alive berkontribusi pada lagu original berjudul The Edge untuk film The Amazing Spider-Man 2 dan Tonight Alive berpartisipasi pada edisi spesial soundtrack film tersebut di Australia, Selandia Baru, Britania Raya, dan Irlandia. Mereka tur bersa,a dengan Mayday Parade, PVRIS, and Major League. Mereka juga menyanyikan lagu-lagu dari album The Other Side saat tur di Britania Raya.

Limitless (2015–16)[sunting | sunting sumber]

Pada Januari, Band mengumumkan band akan berpartisipasi pada tur musim semi band All Time Low bersama dengan Issues dan State Champs.[20]

Band mulai mengerjakan album ketiga mereka pada Maret 2015 dengan produser David Bendeth.[21] Band ambil bagian dalam acara Soundwave 2015 di Australia.[22] Band mengeluarkan pengumuman pada April bahwa mereka membatalkan dua tur di Amerika Serikat karena drumer mereka membutuhkan operasi untuk mengobati penyakit tendinosis.[23] Tonight Alive menyelesaikan album ketiga mereka pada Juli 2015.

Pada Oktober 2015, band mengumumkan album ketiga mereka Limitless akan diluncurkan pada 4 Maret 2016[24][25] pengumuman tersebut bersamaan dengan peluncuran single perdananya berjudul Human Interaction. Pada 21 November, band meluncurkan single kedua mereka berjudul To Be Free. Band meluncurkan single lainnya berjudul Drive melalui Spotify pada 11 Desember, dan memberikan akses kepada lagu tersebut sebagai bagian dari pre-order album[26]

Single ketiga, How Does It Feel?, Dan video klip lagu tersebut dirilis pada 12 Januari 2016.[27]

Perubahan label, kepergian Taahi dan album Underworld (2017–2018)[sunting | sunting sumber]

Pada 3 April 2017, band mengumumkan bahwa mereka menandatangani kontrak dengan Hopeless Records and UNFD,[28] dan meluncurkan single berjudul World Away[29]. Band mulai merekam materi baru untul album mereka di Thailand bersama dengan Dave Petrovic pada Juli 2017. Pada 16 Oktober mereka meluncurkan single berjudul Temple[30] dan mengumumkan album keempat mereka Underworld. Pengumuman ini juga bersamaan dengan pengumuman Taahi akan berpisah dari band setelah produksi album tersebut selesai, dengan alasan ingin mengejar karir sebagai penulis dan produser lagu.[30] Empat anggota band tersisa kemudian berangkat untuk melakukan tur di Australia pada November 2017.

Pada 11 Desember 2017, band merilis lagu Crack My Heart[31] sebagai single kedua dari album Underworld, dan pada 4 Januari 2018, meluncurkan single ketiga berjudul Disappear berduet dengan Lynn Gunn dari PVRIS.[32] Album dirilis pada 12 Januari melalui UNFD di Australia dan Hopeless Records secara internasional.

Masa jeda tur (2018–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2018, setelah penampilan pada acara Good Things festival, band mengumumkan untuk melakukan jeda tur internasional dan membatalkan jadwal tur di Amerika Serikat, hal ini dilakukan untuk "memperbaiki dan memprioritaskan" kesehatan fisik dan mental dari anggota band.[33] Pengumuman ini dibuat setelah wafatnya anggota pengaman berusia 46 tahun saat konser mereka di Sydney.[34]

Gaya bermusik[sunting | sunting sumber]

Tonight Alive dideskripsikan sebagai band dengan aliran pop punk,[35][36][37] pop rock,[36][38] power pop,[36] rock alternatif[37] and emo[39] oleh pengamat musik. Band sering dibandingkan dengan sesama grup band dengan aliran rock/pop punk yaitu Paramore,[35][36][39] menanggapi perbandingan gitaris Whakaio Taahi menyatakan "Orang-orang akan selalu membandingkan, hal tersebut adalah hal alamiah tetapi hal tersebut tidak akan mempengaruhi kami. Kami hanya melakukan apa yang kami suka dan berahrap orang-orang menyukainya".[36]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Mantan anggota band
  • Mitchell Stanger - drum, perkusi (2008–2009)
  • Whakaio "Whak" Taahi - gitar utama, keyboard, piano, vokal latar (2008–2017)

Linimasa[sunting | sunting sumber]

Nama Tur Partisipasi Band Wilayah/Negara Waktu
Don't Trust Me Tour 3OH!3, Tonight Alive Australia Australia 13–18 October 2009
The Lying Tour Amy Meredith, Tonight Alive Australia Australia 24 April – 15 May 2010
Lostprophets Australian Tour Lostprophets, The Blackout, Tonight Alive Australia Australia 27–30 May 2010
The Streets of Gold Tour 3OH!3, Tonight Alive, For Our Hero Australia Australia 12–15 August 2010
Hits, Tits and Pits Tour The Wonder Years, Heroes for Hire, Tonight Alive, Skyway Australia Australia 9–18 September 2010
Consider This Tonight Alive, Sienna Skies Australia Australia 19–28 November 2010
The Reclamation Tour The Getaway Plan, Tonight Alive, Secrets in Scale Australia Australia 9–19 February 2011
Spring Break Your Heart Tour Forever the Sickest Kids, Breathe Carolina, This Century, We Are the In Crowd, Before Their Eyes, Tonight Alive Amerika Serikat North America 30 March – 26 April 2011
Bamboozle 2011 Short Lived Affair, Tonight Alive, Man Overboard, Valencia, I Am the Avalanche Amerika Serikat North America 29 April – 1 May 2011
The Higher Education Tour Amy Meredith, Tonight Alive Australia Australia 11 May – 10 June 2011
Tonight Alive 2011 Australian Tour Tonight Alive, Skyway Australia Australia 1–16 July 2011
Rockvolution Tour Rufio, The Datsuns, Marky Ramone, Tonight Alive Indonesia Indonesia 23–24 July 2011
An Evening with Anberlin Anberlin, Tonight Alive Australia Australia 26 August – 2 September 2011
Get Your Heart On! Tour Simple Plan, Tonight Alive, New Empire Australia Australia 30 September – 5 October 2011
What Are You So Scared Of? Tour Tonight Alive, Rufio Australia Australia 14–23 October 2011
Indent 2011 Tour BIG STAGE w/ I, Soar Eagles, Evacuate the Fallen, Gerkin, Everything Red Australia Australia 28 October – 6 November 2011
The Fearless Friends 2011 Tour blessthefall, The Word Alive, Motionless in White, Tonight Alive, Chunk! No, Captain Chunk! Amerika Serikat North America 9 November – 16 December 2011
Never Shout Never 2012 UK Tour Nevershoutnever, Tonight Alive Uni Eropa Eropa 16–27 January 2012
Bare Bones Club Tour Young Guns, Tonight Alive, Polar Britania Raya Britania Raya 2–15 February 2012
Soundwave 2012 3 Annex w/ Conditions, The Summer Set, Framing Hanley, Dashboard Confessional, Relient K, The Ready Set, Heroes for Hire Australia Australia 25 February – 5 March 2012
No Place Like Home Tour Tonight Alive, Young Guns, Totally Unicorn Australia Australia 17 May – 2 June 2012
Warped Tour 2012 Kevin Says Stage with: After the Burial, Captain Capa, Impending Doom, Living with Lions, Lost in Society, Make Do and Mend, Sick of Sarah, Ten Second Epic, Twin Atlantic, We Are the Ocean Amerika Serikat Amerika Utara 16 June – 5 August 2012
European Headline Tour Tonight Alive, LostAlone, Blitz Kids Uni Eropa Eropa 26 September – 9 October 2012
Collide with the Sky Tour 2012[40] Pierce the Veil, Sleeping with Sirens, Tonight Alive, Hands Like Houses (replaced by I Am King on Canadian dates) Amerika Serikat Kanada Amerika Utara 12 October – 23 November 2012
Kerrang! Tour 2013 Black Veil Brides, Chiodos, Tonight Alive. Fearless Vampire Killers Britania Raya Britania Raya 3–15 February 2013
The Supply Nation Tour 2013 The Story So Far, Man Overboard, Tonight Alive, Citizen, The American Scene Amerika Serikat Kanada Amerika Utara 14 March – 13 April 2013
Tonight Alive 2013 Tonight Alive, A Sleepless Melody, Because They Can Australia Australia 16–19 May 2013
Slam Dunk Festival 2013 Main Stage with: The Summer Set, Tonight Alive, Mallory Knox, We Are the Ocean, Sleeping with Sirens, Kids in Glass Houses, Deaf Havana, All Time Low Inggris Inggris 25–27 May 2013
Warped Tour 2013 #DOMO Stage with: Action Item, Anarbor, Big D and the Kids Table, The Early November, Goldfinger, Goldhouse, Hands Like Houses, RDGLDGRN, Stick to Your Guns Amerika Serikat Kanada Amerika Utara 15 June – 4 August 2013
Bazooka Rocks II Music Festival 2013 All Time Low, Tonight Alive, A Rocket to the Moon, RadioDriveBy, Anberlin, The Red Jumpsuit Apparatus, We Came as Romans, UchuSentai:Noiz Filipina Filipina 25 August 2013
The Other Side - Australian Tour Tonight Alive, Hands Like Houses, D at Sea Australia Australia 5–15 September 2013
The Other Side - UK Tour Tonight Alive, Set It Off, Decade Britania Raya Britania Raya 29 September – 12 October 2013
You Me at Six Fall US Tour You Me at Six, Conditions, Tonight Alive, Dinosaur Pile-Up Amerika Serikat Amerika Utara 13–20 October 2013
The Other Side - USA Tour[41] Tonight Alive, The Downtown Fiction, For the Foxes, Echosmith Amerika Serikat Amerika Utara 23 October – 23 November 2013
Warped Tour 2013 The Offspring, Simple Plan, Millencollin, Tonight Alive Australia Australia 29 November – 8 December 2013
A Love Like War: UK Tour All Time Low, Tonight Alive Britania Raya Britania Raya 8–11 March, 13–15 March, and 21 March 2014
Taking Back Sunday & The Used co-headling tour Taking Back Sunday, The Used, Tonight Alive, sleepwave Amerika Serikat Amerika Utara 18 March – 27 April 2014
You Me At Six Australian Tour[42] You Me At Six, Tonight Alive Australia Australia 5–11 September 2014
Honeymoon Tour[43] Mayday Parade, Tonight Alive, Major League, PVRIS Amerika Serikat Amerika Utara 14 October – 14 November 2014
Live On The Other Side Tonight Alive, Chunk! No, Captain Chunk!, Britania Raya Britania Raya 24–30 November 2014
Soundwave Festival 2015 Tonight Alive Australia Australia February 2015
The Future Hearts tour All Time Low, Issues, Tonight Alive, State Champs Amerika Serikat Amerika Utara 15 April – 24 May 2015
Limitless - Australian Tour Tonight Alive Australia Australia 16–29 January 2016
Limitless - European Tour Tonight Alive, Our Last Night, Milk Teeth Uni Eropa Eropa 2–26 February 2016
The Fight For Something Tour Tonight Alive, Set It Off, SayWeCanFly, The Ready Set Amerika Serikat Amerika Utara 1–28 March 2016
Warped Tour 2016 Journey's Right Foot Stage with: 3oh!3, Issues, The Maine, Mayday Parade, Pepper, Real Friends, Sleeping with Sirens, State Champs, The Story So Far Amerika Serikat Amerika Utara 24 June – 13 August 2016
End The Madness Tour Sleeping with Sirens, State Champs, Tonight Alive, Waterparks Amerika Serikat Amerika Utara 3 November – 4 December 2016

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Campbell, Rachel (18 December 2018). "Tonight Alive cancel tour, announce international touring hiatus—UPDATED". Altpress.com. 
  2. ^ a b "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2011. Diakses tanggal 2011-11-05. 
  3. ^ "TONIGHT ALIVE | Gratis muziek, tourneedata, foto's, video's". Myspace.com. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  4. ^ Derek Walz (16 October 2010), Top 10 bands from Australia, KROQ, diakses tanggal 26 November 2011 
  5. ^ "Tonight Alive - 'Wasting Away' OFFICIAL MUSIC VIDEO". YouTube. 14 June 2010. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  6. ^ Vaughan, Owen (17 June 2010). "Sydney band Tonight Alive crashes US TV". News.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-21. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  7. ^ a b "Tonight Alive". Tonightaliveofficial.com. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  8. ^ "Alternative Press | News | Listen to a new Tonight Alive song featuring Mark Hoppus". Altpress.com. 11 October 2011. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  9. ^ "Tonight Alive - Starlight". YouTube. 4 July 2011. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  10. ^ "Tonight Alive - Let It Land". YouTube. 19 September 2011. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  11. ^ The Telegraph - Sydney Confidential: Australian band Tonight Alive score a slot at the Bamboozle punk and hip-hop festival in New Jersey by Kathy McCabe - Music Editor, The Daily Telegraph, 17 January 2011
  12. ^ "Like It's Your Birthday feat. Tonight Alive". YouTube. Diakses tanggal 17 December 2012. 
  13. ^ "Divided by Friday feat. Jenna McDougall". YouTube. Diakses tanggal 17 December 2012. 
  14. ^ "Beyond The Barricade Photography". Beyond The Barricade Photography. 2 November 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-25. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  15. ^ "Tonight Alive Consider This (UK Release)". Banquet Records. Diakses tanggal 2 April 2012. 
  16. ^ "The 2011 Fearless Friends Tour". Fearlessfriendstour.com. Diakses tanggal 2012-03-27. 
  17. ^ "Tonight Alive Facebook post March 8". Facebook.com. Diakses tanggal 21 April 2012. 
  18. ^ "TONIGHT ALIVE TO RELEASE NEW ALBUM THE OTHER SIDE ON SEPTEMBER 6TH". May The Rock Be With You. Tonight Alive. 24 June 2013. 
  19. ^ Haworth, Glenn (4 August 2013). "Check out Tonight Alive on Vans Warped Tour". Illawarra Mercury. 
  20. ^ "Issues, Tonight Alive, State Champs to open All Time Low's spring headlining tour". Altpress.com. 13 January 2015. 
  21. ^ "Tonight Alive to begin recording new album later this month". Altpress.com. 4 March 2015. 
  22. ^ "Interview: Tonight Alive [May 2014]". Punktastic.com. 
  23. ^ "Tonight Alive cancel shows due to drummer's health". Altpress.com. 21 April 2015. 
  24. ^ "Tonight Alive". Facebook.com. Diakses tanggal 2020-03-30. 
  25. ^ "Tonight Alive Reveal New Album, UK Tour And New Video". Kerrang!. Diakses tanggal 2 March 2016. 
  26. ^ Chatterjee, Kita. "Listen to Tonight Alive's new single, "Drive"". Alternative Press. Diakses tanggal 2016-01-12. 
  27. ^ Sharp, Tyler. "Tonight Alive drop new single, "How Does It Feel?"". Alternative Press. Diakses tanggal 2016-01-12. 
  28. ^ Ralph, Caitlyn (3 April 2017). "Tonight Alive sign to Hopeless Records, unveil new track, "World Away"—listen". Altpress.com. 
  29. ^ Hopeless Records (2017-04-03), Tonight Alive - World Away (Official Lyric Video), YouTube, diakses tanggal 2017-08-07 
  30. ^ a b "Tonight Alive - Temple (Official Music Video)". YouTube. 16 October 2017. 
  31. ^ "Tonight Alive - Crack My Heart (Official Music Video)". 11 December 2017. 
  32. ^ "Tonight Alive - Disappear (Feat. Lynn Gunn) (Official Music Video)". YouTube. 4 January 2018. 
  33. ^ Mack, Emmy (20 December 2018). "Tonight Alive Announce Hiatus From International Touring To Focus On "Mental & Physical Health"". Music Feeds. Diakses tanggal 15 January 2019. 
  34. ^ "Security Guard Dies Following 'Medical Episode' At Good Things' Sydney Festival". Themusic.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-31. Diakses tanggal 2020-03-30. 
  35. ^ a b James Christopher Monger. "Tonight Alive". AllMusic. Diakses tanggal 2 December 2015. 
  36. ^ a b c d e "Interview: Tonight Alive". Soundspheremag.com. Diakses tanggal 2 December 2015. 
  37. ^ a b "Tonight Alive - The Other Side - Reviews". Killyourstereo.com. 3 September 2013. Diakses tanggal 2 December 2015. 
  38. ^ Emma Garland. "Alter The Press!: ATP! Album Review: Tonight Alive - The Other Side". Diakses tanggal 2 December 2015. 
  39. ^ a b "7 Incredible Emo Bands Fronted by Female Musicians". Mic.com. Diakses tanggal 2 December 2015. 
  40. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 August 2012. Diakses tanggal 2012-08-20. 
  41. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 November 2013. Diakses tanggal 2013-11-26. 
  42. ^ "You Me At Six & Tonight Alive September 2014 Australian Tour". Musicfeeds.com.au. 20 June 2014. Diakses tanggal 2020-03-30. 
  43. ^ Crane, Matt (4 August 2014). "Mayday Parade announce fall tour with Tonight Alive". Altpress.com. Diakses tanggal 2020-03-30.