The Sky at Night

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Sky at Night
GenreDokumenter
PresenterSir Patrick Moore (1957-2012)
PemeranSir Patrick Moore
Chris Lintott
Pete Lawrence
Paul Abel
Chris North
Penggubah lagu temaJean Sibelius
Lagu pembuka"At the Castle Gate"
Lagu penutup"At the Castle Gate"
Negara asal Britania Raya
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode705
Produksi
Durasi30 menit
Rumah produksiBBC Birmingham
Rilis asli
JaringanBBC One
BBC Four
Rilis24 April 1957 (1957-04-24) –
sekarang (66 tahun, 341 hari)

The Sky at Night adalah sebuah program televisi dokumenter bulanan tentang astronomi yang diproduksi oleh BBC. Acara ini memiliki presenter tetap, Sir Patrick Moore, dari penayangan pertama pada 24 April 1957 hingga Januari 2013 yang akan menjadi episode terakhir dari Patrick Moore karena kematiannya[1] pada 9 Desember 2012, menjadikannya sebagai presenter terpanjang sebuah program televisi dalam sejarah televisi.[2] Banyak episode-episode awal yang hilang, disebabkan karena rekaman yang telah dihapus atau dibuang, atau karena episode disiarkan secara langsung.[3]

Musik tema pembuka dan penutup program ini adalah "At the Castle Gate", dari musik yang terkait dengan Pelléas et Melisande oleh Jean Sibelius, yang dilakukan oleh Royal Philharmonic Orchestra dan dilakukan oleh Sir Thomas Beecham.

Isi[sunting | sunting sumber]

Program ini mencakup berbagai macam hal tentang astronomi umum dan ruang topik terkait. Topik meliputi siklus kehidupan bintang, astronomi radio, satelit buatan, lubang hitam, bintang neutron dan banyak lainnya. Program ini juga mencakup apa yang terjadi di langit pada malam hari saat sedang disiarkan, terutama ketika sesuatu yang kurang umum, seperti datangnya komet atau hujan meteor.

Bintang tamu terkenal[sunting | sunting sumber]

Banyak astronom terkemuka di dunia telah muncul di acara itu selama bertahun-tahun, termasuk Harlow Shapley (orang pertama yang mengukur ukuran galaksi Bima Sakti), Fred Hoyle, Carl Sagan,[4] Jocelyn Bell Burnell, Samuel Tolansky, Harold Spencer Jones, Martin Ryle, Carlos Frenk, dan Bart Bok.[butuh rujukan] Tamu-tamu lainnya adalah Arthur C. Clarke,[3] Astronom Kerajaan, Sir Martin Rees, Arnold Wolfendale, Allan Chapman, Sir Bernard Lovell, Michael Bentine, Wernher von Braun, John Zarnecki, Monica Grady, Edwin Maher dan Colin Pillinger.[butuh rujukan]

Banyak astronaut terkenal juga muncul pada program ini, seperti Piers Sellers, Eugene Cernan, Buzz Aldrin dan Neil Armstrong.

Pada Juli 2004, Moore tidak mampu untuk membuat siaran karena serangan parah salmonelosis.[5] Ia digantikan untuk satu kesempatan oleh kosmolog Chris Lintott dari Universitas Oxford, tapi kembali bersiaran pada Agustus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Patrick Moore Eccentric Amateur TV Star". Guardian. 9 December 2012. Diakses tanggal 15 December 2012. 
  2. ^ "Biography of Sir Patrick Moore Retrieved 4/Jan/07". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-18. Diakses tanggal 2012-12-18. 
  3. ^ a b "Arthur C Clarke predicted Russians would put first man on moon". Guardian. 1 December 2011. Diakses tanggal 14 April 2012. 
  4. ^ "Leading astronomers on The Sky At Night". BBC News. 8 January 2007. Diakses tanggal 10 September 2007. 
  5. ^ "Food poisoning". BBC News. 6 July 2004. Diakses tanggal 10 September 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]