Buzz Aldrin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Buzz Aldrin
Buzz Aldrin Autograph.svg
NASA Astronaut
Kewarganegaraan American
Status Pensiunan
Lahir 20 Januari 1930 (umur 84)
Glen Ridge, New Jersey, Amerika Serikat
Profesi lain Fighter pilot
Peringkat Colonel, USAF
Waktu di angkasa 12 hari, 1 jam 52 menit
Seleksi 1963 NASA Group
Misi Gemini 12, Apollo 11
Lambang misi
Gemini 12 insignia.png Apollo 11 insignia.png

Buzz Aldrin (lahir Edwin Eugene Aldrin, Jr. ;lahir di Amerika Serikat, 20 Januari 1930; umur 84 tahun) adalah seorang insinyur mesin, pensiunan pilot angkatan udara dan astronot Amerika Serikat. Aldrin merupakan orang kedua yang menjejakkan kaki di Bulan setelah Neil Armstrong. Pada tanggal 20 Juli 1969 (21 Juli waktu WIB) , dia dan Neil Armstrong mendarat di Bulan dengan kendaraan udara kecil, yang telah dikirim ke Bulan dengan roket Saturn V dalam misi Apollo 11.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Akademi Militer Amerika Serikat, ia masuk Angkatan Udara Amerika serikat. Ia pun ikut Perang Korea dan menjalankan tugas tempur hingga 66 kali, lalu ia dipindahkan ke Jerman barat. Tahun 1963, ia mendapat gelar doktor dari Institut Teknologi Massachusetts. pada tahun yang sama ia dipilih sebagai astronot group ketiga oleh Badan Antariksa Amerika Serikat(NASA). Penerbangannya yang pertama terjadi pada tahun 1966dengan wahana Gemini 12, bersama James A. Lovell. Pada penerbangan pertama ini, ia berada di luar angkasa selama 5 1/2 jam. Selanjutnya ia mengikuti misi Apollo 11, bersama Neil Armstrong dan Michael Collins, pada tanggal 16 Juli 1969, dan 4 hari kemudian, ia mendarat di bulan. setelah selama dua jam berada di permukaan bulan, untuk mengumpulkan batu, membuat foto dan melakukan beberapa percobaan ilmiah, mereka mengangkasa kembali dengan modul Lunar. Misi Apollo 11 berakhir, setelah mereka mendarat di samudra pasifik pada tanggal 24 Juli 1969.

Setelah pensiunan dari NASA, ia mendapat kepercayaan memimpin sekolah pilot Angkatan Udara Amerika serikat di Lapangan Udara Edwards Air Force Base, California. Tahun 1972, ia pensiun dari tugas aktif militer. Ia juga sempat menulis beberapa buku, diantaranya: Return to Earth (1973), Men From Earth (1989), Magnificent Desolation (2009).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]