The Naked Now

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Episode Star Trek: TNG
"The Naked Now"
STNakedNow.jpg
Episode no. 3
Kode prod. 103
Mengudara 5 Oktober 1987
Penulis J. Michael Bingham
John D.F. Black
Sutradara Paul Lynch
Bintang tamu Brooke Bundy,
Benjamin W.S. Lum,
Michael Rider,
David Renan,
Skip Stellrecht,
Kenny Koch
Tahun 2363
Stardate 41209.2
Kronologi episode
Sebelumnya "Encounter at Farpoint"
Sesudahnya "Code of Honor"


The Naked Now adalah sebuah episode film seri Star Trek: The Next Generation. Ini adalah episode kedua dalam urutan penayangan, dan memiliki kode produksi #103. Naskahnya ditulis oleh J. Michael Bingham, berdasarkan cerita oleh John D.F. Black dan J. Michael Bingham, disutradarai oleh Paul Lynch.

Episode ini memperkenalkan tokoh-tokoh utama dan menjelaskan hubungan antara mereka dengan menceritakan mereka dalam keadaan mabuk. Teknik yang sama digunakan dalam episode Star Trek: The Original Series berjudul The Naked Time.


Pada stardate 41209.2, USS Enterprise menyelidiki laporan aneh dari pesawat penelitian USS Tsiolkovsky, yang sedang menyelidiki sebuah bintang yang hampir meledak. Pesan terakhir dari Tsiolkovsky hanya terdiri dari tawa yang tak terkendali dan tiba-tiba dihentikan oleh sebuah ledakan di dalam pesawat. Lt. Cmdr. Data mengatakan suara itu adalah pintu darurat yang dibuka.

Beberapa kru kemudian dikirim untuk menyelidiki hal ini. Mereka menemukan kru Tsiolkovsky mati beku karena perubahan dalam environmental settings. Enterprise lantas menderek Tsiolkovsky untuk dibawa ke salah satu stasiun luar angkasa. Dr. Crusher mengkarantina semua tim yang dikirim ke Tsiolkovsky karena ia khawatir akan kontaminasi. Geordi mengeluh bahwa ruangannya terlalu panas. Dr. Crusher menyuruhnya tinggal di sickbay, namun Geordi kemudian melarikan diri.

Geordi kemudian masuk ke kamar Wesley Crusher di mana ia sedang merancang peralatan tractor beam dan juga rekaman interkom dari Captain Picard. Geordi kemudian ditemukan oleh Lt. Yar dan dikembalikan ke sickbay.

Riker menemukan kondisi medis yang mirip yang tercatat dalam log USS Enterprise pimpinan Captain James T. Kirk. Catatan ini juga mencantumkan obat yang digunakan untuk mengatasi hal ini. Dr. Crusher bekerja keras untuk memproduksi obat untuk semua orang.

Sementara itu penyakit ini telah menyebar ke semua kru. Wesley mengambil alih ruangan engineering dan bermain-main dengan peralatan di sana. Ia kemudian mengurung dirinya di ruangan itu. Data juga ditugaskan untuk mencari Lt. Yar di kamarnya, namun malah digoda secara seksual.

Serum yang diproduksi Dr. Crusher sesuai anjuran log Enterprise lama ternyata tidak bekerja. Ketika bintang yang diselidiki Tsiolkovsky meledak, banyak materi angkasa yang terlempar dan menghujani Enterprise. Data harus bekerja keras memperbaiki sistem pesawat yang telah diobrak-abrik awak yang mabuk karena virus.

Sementara itu Dr. Crusher telah meningkatkan dosis obatnya dan mulai mencobanya pada Geordi. Setelah terlihat bahwa serum ini bekerja, ia mulai menyuntik semua orang yang terinfeksi. Sementara itu walaupun Data telah bekerja secepat mungkin, Enteprise masih dalam bahaya karena materi dari bintang. Wesley kemudian memodifikasi tractor beam pesawat dan menggunakannya untuk mendorong Tsiolkovsky. Gaya yang dihasilkan membuat Enterprise juga ikut bergerak dan lolos dari hujanan materi. Hal ini memberi waktu beberapa detik untuk Data sehingga ia dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah ia selesai Enterprise dapat pergi dengan selamat dalam kecepatan warp.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Dalam film Star Trek: First Contact, Borg Queen bertanya pada Data kapan ia terakhir berhubungan seks, dan Data menjawab terakhir kali adalah dengan Lt. Yar yaitu 8 tahun, 7 bulan, 16 hari, 4 menit dan 22 detik yang lalu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]