Encounter at Farpoint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Episode Star Trek: TNG
"Encounter at Farpoint"
STEncFarpoint.jpg
Episode no. 1
Kode prod. 101 dan 102
Mengudara 28 September 1987
Penulis D. C. Fontana
Gene Roddenberry
Sutradara Corey Allen
Bintang tamu John de Lancie
Michael Bell
DeForest Kelley
Colm Meaney
Cary-Hiroyuki Tagawa
Timothy Dang
David Erskine
Evelyn Guerrero
Chuck Hicks
Tahun 2364
Stardate 41153.7
Kronologi episode
Sebelumnya "tidak ada"
Sesudahnya "The Naked Now"

Encounter at Farpoint adalah episode pertama Star Trek: The Next Generation. Pertama mengudara pada 28 September 1987 dan merupakan episode Star Trek non-kartun pertama yang mengudara sejak 1969, episode ini panjangnya dua kali panjang episode biasa dan dalam tayang ulang sering disajikan dalam dua bagian.

DeForest Kelley muncul dalam penampilan cameo sebagai Doctor Leonard McCoy yang berusia 137 tahun, dan memulai tradisi setiap seri Star Trek baru selalu menyertakan tokoh penting dari seri sebelumnya (atau film, dalam hal Star Trek: Generations).

Pesawat Enterprise memulai perjalanannya di luar angkasa dan menguak misteri sebuah stasiun angkasa.

Pada Stardate 41153.7, perjalanan pertama pesawat Enterprise, NCC-1701-D, di bawah pimpinan Captain Jean-Luc Picard, dimulai. Misi pertama mereka adalah membuka hubungan diplomasi dengan Farpoint Station di planet Deneb IV, di mana United Federation of Planets sedang mencoba untuk merundingkan penggunaan sumber energi yang melimpah di stasiun ini.

Tiba-tiba mereka dihentikan oleh mahluk yang menyebut dirinya "Q". Q memiliki kekuatan luar biasa, dapat muncul dengan tiba-tiba atau membekukan seorang petugas keamanan yang akan menembaknya. Q mengatakan bahwa manusia adalah spesies barbar dan harus diadili. Ia kemudian membawa Picard dan beberapa awaknya ke sebuah pengadilan dengan Q sendiri sebagai hakimnya.

Sementara itu, first officer William Riker, dokter Beverly Crusher, dan engineer Geordi La Forge menunggu kedatangan Enterprise di Farpoint. Mereka mengamati fenomena ajaib di mana segala sesuatu yang mereka inginkan tiba-tiba muncul. Security officer Tasha Yar, Deanna Troi, La Forge, dan Data kemudian menyelidiki katakomba di bawah stasiun tersebut dan Troi merasakan sesuatu emosi misterius karena ia adalah seorang Betazoid.

Tiba-tiba, sebentuk pesawat piring terbang muncul, jauh lebih besar daripada Enterprise, dan menembaki kota Bandi di planet tersebut, dekat Farpoint Station. Riker dan Data dikirim untuk menyelamatkan pemimpin kota itu yang bernama Zorn, tapi ia keburu diambil oleh mahluk di piring terbang tersebut. Setelah itu, penembakan oleh pesawat asing dihentikan.

Ternyata pesawat asing tersebut adalah mahluk luar angkasa yang berbentuk seperti ubur-ubur, dan stasiun Farpoint adalah pasangannya yang ditawan oleh penduduk planet tersebut. Picard memutuskan untuk memberi sinar energi kepada stasiun Farpoint agar ia dapat melepaskan diri dan bergabung dengan pasangannya kembali.

Setelah melihat hal ini Q mengatakan bahwa manusia telah lulus ujian namun ia akan tetap mengamati perkembangannya lebih lanjut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]