Code of Honor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Episode Star Trek: TNG
"Code of Honor"
STCodeHonor.jpg
Episode no. 4
Kode prod. 104
Mengudara 12 Oktober 1987
Penulis Katharyn Powers
Michael Baron
Sutradara Russ Mayberry
Bintang tamu Jessie Lawrence Ferguson,
Karole Selmon,
James Louis Watkins,
Michael Rider
Tahun 2363
Stardate 41235.25
Kronologi episode
Sebelumnya "The Naked Now"
Sesudahnya "The Last Outpost"


Code of Honor adalah episode dalam tahun pertama Star Trek: The Next Generation, nomor #4, kode produksi #104, pertama ditayangkan 12 Oktober 1987. Ditulis oleh Katharyn Powers dan Michael Baron, disutradarai Russ Mayberry.

Bintang tamu adalah Jessie Lawrence Fergusson, Karole Selmon dan James Louis Watkins.


Pada stardate 41235.25, Enterprise tiba di planet Ligon II untuk mengambil vaksin yang diperlukan untuk menangani demam Anchilles di Styris IV. Penduduk planet Ligon atau Ligonian memiliki kode kehormatan yang teguh. Mereka ingin ditranspor ke pesawat Enterprise dan mengantarkan vaksin tersebut sendiri. Delegasi Ligonian dipimpin oleh Lutan dan pengawalnya Hagon.

Ketika melihat bahwa pengawal Captain Picard adalah Lt. Yar, Lutan merasa kagum karena di planetnya wanita hanyalah pemilik tanah namun tunduk pada laki-laki yang memimpin. Tidak dinyana ketika Lutan akan kembali ke planetnya, ia menculik Lt. Yar.

Picard kemudian mengontak pihak Ligonian dan mengatakan bahwa penculikan tersebut adalah pernyataan perang terhadap Federation. Lutan akhirnya setuju bahwa Yar akan dikembalikan bila awak Enterprise mau datang ke planet Ligon dan dijamu. Ketika delegasi Enterprise datang, Lutan tiba-tiba mengumumkan bahwa ia akan menikahi Lt. Yar. Hal ini membuat Yarenna, istri Lutan, marah.

Walaupun demikian, Picard tidak dapat bertindak sembrono karena Dr. Crusher berkata vaksin tersebut tidak dapat ditiru dan hanya dapat diperoleh di Ligon. Selain itu penyakit demam di Styris IV semakin berjangkit. Mereka harus menemukan jalan keluar tanpa kekerasan.

Yarenna kemudian menantang Lt. Yar untuk duel sampai mati dengan senjata pilihannya sendiri. Geordi yang mengamati senjata-senjata tersebut berkata bahwa ujungnya diberi racun sehingga walaupun hanya melukai sedikit, senjata tersebut dapat mematikan.

Dalam duel, setelah lama dalam keadaan imbang akhirnya Yarenna lengah dan Lt. Yar dapat melukainya di kaki. Tiba-tiba keduanya ditranspor kembali ke Enterprise, di mana Dr. Crusher berusaha menyelamatkan jiwa Yarenna.

Lutan dan Hagon juga kemudian datang ke Enterprise. Mereka terkejut karena Yarenna masih hidup. Yarenna kemudian mengatakan bahwa menurut hukum Ligon, pernikahan mereka batal karena ia telah meninggal. Yarenna kemudian memberikan kekuasaan atas tanahnya pada Hagon, karena ia merasa Hagon lebih peduli pada keselamatannya daripada Lutan. Lutan pun akhirnya menjadi pengawal Hagon. Mereka juga memberikan vaksin tersebut kepada Picard.