The Last Song

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Last Song
LastSongposterMarch31.png
Theatrical release poster
Sutradara Julie Anne Robinson
Produser
Penulis
Berdasarkan Novel:
Nicholas Sparks
Pemeran
Musik Aaron Zigman
Sinematografi John Lindley
Penyunting Nancy Richardson
Studio Offspring Entertainment
Distributor Touchstone Pictures
Tanggal rilis
Durasi 107 Menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20 million[1]
Pendapatan kotor $89,041,656[1]


The Last Song adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2010. Film ini diadaptasi dari novel romantis dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks serta dibintangi oleh Miley Cyrus, Liam Hemsworth, dan Greg Kinnear. Film ini disutradarai oleh Julie Anne Robinson dan juga ditulis oleh Nicholas Sparks dan Jeff Van Wie. Film ini didistribusikan oleh Touchstone Pictures.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada usia tujuh belas tahun, Veronica "Ronnie" Miller (Miley Cyrus) tetap suka memberontak setelah perceraian orang tua dan relokasi ayahnya ke Georgia tiga tahun lalu. Setelah anak berbakat piano klasik diasuh ayahnya, Steve Miller (Greg Kinnear), Ronnie sekarang menolak alat musik tersebut dan belum berbicara dengan ayahnya sejak ia pergi. Saat Juilliard School telah tertarik padanya sejak ia masih muda, Ronnie menolak hadir.

Sekarang, Steve diberikan kesempatan untuk berhubungan kembali dengan putrinya ketika ibunya, Kim (Kelly Preston) mengirim remaja pemberontak tersebut dan adiknya, Jonah (Bobby Coleman), untuk menghabiskan musim panas dengannya. Steve, seorang mantan profesor Juilliard School dan pianis konser, sekarang hidup dengan tenang di Pulau Tybee, kota pesisir kecil Georgia di mana ia dibesarkan, sambil bekerja sebagai pembuat jendela kaca patri pada gereja lokal untuk mengganti pekerja gereja yang meninggal dalam kebakaran.

Setelah tiba, Ronnie hidup menderita, bermusuhan dan defensif terhadap semua orang di sekitarnya, termasuk Will Blakelee (Liam Hemsworth) yang populer dan tampan sampai ia dan Will berhubungan saat melindungi sarang Penyu Laut Dungu, ia mengetahui bahwa Will lebih mendalam dari yang ia pikirkan. Seiring Ronnie jatuh cinta dengan Will, ia juga berhasil menjalin ikatan yang lebih baik dan kuat dengan ayahnya. Tapi kemudian suatu hari ayahnya pingsan karena batuk. Ronnie segera membawa Steve ke rumah sakit dan menyadari bahwa ia telah didiagnosa menderita kanker jauh sebelum kunjungan musim panasnya. Ia memutuskan untuk mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan ayahnya karena ia tidak mungkin hidup lebih lama lagi. Sekitar waktu yang sama Ronnie dan Will terlibat perkelahian. Dan kemudian Will meninggalkannya untuk kuliah di perguruan tinggi sehingga tidak ada waktu untuk berbaikan.

Steve telah bekerja di bidang musik cukup lama, sebagai seorang komposer. Musim gugur tiba dan Jonah harus kembali ke New York untuk bersekolah tetapi Ronnie tetap tinggal untuk mengurus ayahnya. Menjalani kehidupan lambat, ia mencoba mengisi tiga tahun mengabaikan ayahnya menjadi beberapa bulan bersamanya. Akhirnya, kematian Steve tiba dan Ronnie pun terpukul hatinya.

Pada pemakamannya ia berdiri berpidato tetapi menyatakan bahwa tidak akan pernah ada pidato yang ia tulis yang dapat menunjukkan betapa hebatnya ayahnya. Ia malah menyelesaikan karya musik yang telah ayahnya tulis tetapi tidak terselesaikan selama hidupnya.

Setelah pemakaman saat Ronnie berbicara dengan para tamu, ia berjalan menuju Will. Keduanya berbicara dan akhirnya berbaikan. Pada akhir film Ronnie menyampaikan pada Will bahwa ia akan menghadiri Juilliard untuk semester kedua. Will memberikan kejutan pada Ronnie dengan mengungkapkan bahwa ia akan pindah ke Columbia juga pada semester kedua.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Year Award Category Recipient Result
2010 Teen Choice Awards Choice Movie: Drama The Last Song cast and crew Nominasi
Choice Movie Actress: Drama Miley Cyrus Nominasi
Choice Movie Breakout Star: Male Liam Hemsworth Menang
Choice Movie: Liplock Miley Cyrus & Liam Hemsworth Menang
Choice Movie: Chemistry Miley Cyrus & Liam Hemsworth Nominasi
Choice Movie: Dance Scene Miley Cyrus & Liam Hemsworth Nominasi
Choice Movie: Hissy Fit Miley Cyrus Menang
Choice Music: Love Song When I Look At You Menang
Nickelodeon Australian Kids' Choice Awards 2010 Choice Movie: Fave kiss Miley Cyrus & Liam Hemsworth Menang
J-14 Teen Icon Awards 2010 Iconic Movie Actress Miley Cyrus Menang
Iconic Movie The Last Song cast and crew Nominasi
2011 Golden Raspberry Awards Worst Actress Miley Cyrus Nominasi
Kid's Choice Awards Favorite Movie Actress Miley Cyrus Menang
Youth Rock Awards Rockin' Actor (Film)[7] Liam Hemsworth Menunggu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Last Song (2010) – Box Office Mojo". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses 2010-04-29. 
  2. ^ "The Last Song Nicholas Sparks". Little, Brown and Company. Hachette Livre. Diakses 2009-06-19. 
  3. ^ a b DeYoung, Bill (2009-08-14). "It's a wrap: Nicholas Sparks on 'The Last Song'". ConnectSavannah.com. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2009-01-30. Diakses 2009-08-21. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Liamhem
  5. ^ Mark Morrissey & Associates (2009). "Liam Hemsworth". MarkMorrissey.com. Diakses 2009-06-23. 
  6. ^ Kroll, Justin (2009-06-16). "Carly Chaikin". Variety (Reed Business Information). Diakses 2009-06-22. 
  7. ^ http://youthrocksawards.com/?cat=39

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]