The Last Song

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Last Song
LastSongposterMarch31.png
Poster Film The Last Song
Sutradara Julie Anne Robinson
Produser Adam Shankman
Jennifer Gibgot
Skenario Nicholas Sparks
Jeff Van Wie
Berdasarkan The Last Song 
karya Nicholas Sparks
Pemeran Miley Cyrus
Liam Hemsworth
Greg Kinnear
Kelly Preston
Bobby Coleman
Musik Aaron Zigman
Sinematografi John Lindley
Penyunting Nancy Richardson
Studio Touchstone Pictures
Offspring Entertainment
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
Durasi 107 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta[1]
Pendapatan kotor $89,041,656[1]


The Last Song adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Julie Anne Robinson dan diproduseri oleh Adam Shankman dan Jennifer Gibgot. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2009, film ini dibintangi oleh Miley Cyrus, Liam Hemsworth, Greg Kinnear, Kelly Preston, dan Bobby Coleman. The Last Song difilmkan di Tybee Island dan Savannah, Georgia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada usia tujuh belas tahun, Veronica "Ronnie" Miller (Miley Cyrus) tetap memberontak setelah perceraian orang tuanya dan relokasi ayahnya ke Georgia tiga tahun lalu. Setelah anak berbakat piano klasik diasuh ayahnya, Steve Miller (Greg Kinnear), Ronnie sekarang menolak alat musik tersebut dan belum berbicara dengan ayahnya sejak ia pergi. Saat Juilliard School telah tertarik padanya sejak ia masih muda, Ronnie menolak hadir.

Sekarang, Steve diberikan kesempatan untuk berhubungan kembali dengan putrinya ketika ibunya, Kim (Kelly Preston) mengirim remaja pemberontak tersebut dan adiknya, Jonah (Bobby Coleman), untuk menghabiskan musim panas dengannya. Steve, seorang mantan profesor Juilliard School dan pianis konser, sekarang hidup dengan tenang di Pulau Tybee, kota pesisir kecil Georgia di mana ia dibesarkan, sambil bekerja sebagai pembuat jendela kaca patri pada gereja lokal untuk mengganti pekerja gereja yang meninggal dalam kebakaran.

Setelah tiba, Ronnie hidup menderita, bermusuhan dan defensif terhadap semua orang di sekitarnya, termasuk Will Blakelee (Liam Hemsworth) yang populer dan tampan sampai ia dan Will berhubungan saat melindungi sarang Penyu Laut Dungu, ia mengetahui bahwa Will lebih mendalam dari yang ia pikirkan. Seiring Ronnie jatuh cinta dengan Will, ia juga berhasil menjalin ikatan yang lebih baik dan kuat dengan ayahnya. Tetapi suatu hari ayahnya mendadak pingsan, sehingga Ronnie segera membawa Steve ke rumah sakit dan menyadari bahwa ia telah didiagnosa menderita kanker perut jauh sebelum kunjungan musim panasnya. Ia memutuskan untuk mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan ayahnya karena ia tidak mungkin hidup lebih lama lagi. Sekitar waktu yang sama Ronnie dan Will terlibat perkelahian. Dan kemudian Will meninggalkannya untuk kuliah di perguruan tinggi Eropa sehingga tidak ada waktu untuk berbaikan.

Steve telah bekerja di bidang musik cukup lama, sebagai seorang komposer. Musim gugur tiba dan Jonah harus kembali ke New York untuk bersekolah tetapi Ronnie tetap tinggal untuk mengurus ayahnya. Menjalani kehidupan lambat, ia mencoba mengisi tiga tahun mengabaikan ayahnya menjadi beberapa bulan bersamanya. Akhirnya, kematian Steve tiba dan Ronnie pun terpukul hatinya.

Pada pemakamannya ia berdiri berpidato tetapi menyatakan bahwa tidak akan pernah ada pidato yang ia tulis yang dapat menunjukkan betapa hebatnya ayahnya. Ia malah menyelesaikan karya musik yang telah ayahnya tulis tetapi tidak terselesaikan selama hidupnya.

Setelah pemakaman saat Ronnie berbicara dengan para tamu, ia berjalan menuju Will. Keduanya berbicara dan akhirnya berbaikan. Pada akhir film Ronnie menyampaikan pada Will bahwa ia akan menghadiri Juilliard untuk semester kedua. Will memberikan kejutan pada Ronnie dengan mengungkapkan bahwa ia akan pindah ke Columbia juga pada semester kedua.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

The Last Song mendapat kritik negatif. Website Rotten Tomatoes memberikan film ini dengan nilai rata-rata 4/10 dan rating 20% berdasarkan 116 review.[2] Konsensus kritik menyimpulkan film ini "karena sifat manipulatifnya dengan tiap produksi Nicholas Sparks, The Last Song tidak dinikmati karena salah pilih dan tidak cocok pada aktrisnya, Miley Cyrus".[2] Metacritic, yang memberikan penilaian sedang untuk film ini, menyatakan bahwa The Last Song "tidak baik secara umum" dengan nilai 33% berdasarkan 27 review.[3]

Reviewer mengkritisi skenario dan alur cerita Sparks dan Van Wie. Mick LaSalle dari San Francisco Chronicle mengatakan bahwa terdapat kesalahan skenario termasuk beberapa "adegan emosional yang tidak masuk akal" dan menyatakan bahwa pembuatan alurnya lemah dan tidak mengalir dari satu adegan ke adegan berikutnya".[4] Ketika meninjau akting Cyrus, kritikus mengakui penguasaan penampilannya, tetapi mengkritisi kemampuan aktingnya. Jay Stone dari The Ottawa Citizen mengatakan bahwa penggambaran Cyrus saat Ronnie sedang marah adalah "cemberut dan mencibir", Cyrus tidak memiliki banyak jangkauan tetapi ia memiliki penguasaan penampilannya.[5] Rob Nelson dari Variety menulis, "Cyrus, sayangnya, belum belajar banyak tentang akting, tetapi ia tidak menunjukkan perubahan yang cukup sebagai seorang pianis dan agak menyukainya secara keseluruhan".[6] A.O. Scott dari New York Times yakin bahwa meskipun "karakternya di Hannah Montana memiliki daya tarik yang agresif", namun di The Last Song, ia "hanya berakting saja daripada menunjukkan motif dan perasaan karakternya".[7] Roger Ebert menilai film ini 2,5 / 4. Ia memuji akting dan penyutradaraan film ini, tetapi mengkritik negatif alur dan naskah Sparks. [8]

Banyak kritikus yang memuji akting Greg Kinnear. A.O. Scott menyatakan bahwa sangat baik untuk melihat Greg Kinnear yang memerankan karakter yang simpatik untuk perubahan, tetapi kelihaian dan kehalusannya tak berguna dalam film ini, yang tidak memiliki daya tarik yang bagus.[7] Michael Phillips dari Chicago Tribune menyatakan bahwa mengandalkan kejujuran ​​dan pengaruh, (Greg Kinnear) menghindari gelombang jagung dengan cara yang sama ketika biksu Tibet menantang tsunami pada 2012.[9] Glen Whipp dari Associated Press menyatakan bahwa Greg Kinnear memberikan film ini penghargaan yang tidak layak.[10] Stone menyarankan agar ia berhati-hati untuk Liam Hemsworth.[5] Stephen Witty dari The Star-Ledger memuji aktris pendatang baru Carly Chaikin yang memerankan gadis berperlaku buruk dengan keliaran dan kerentanan yang menarik. Halfway menyatakan bahwa ia sangat berharap Carly Chaikin yang menjadi pemeran utama.[11] Jeff Vice dari Deseret News menilai Bobby Coleman terlalu berlebihan dan mengganggu dalam aktingnya di film ini,[12] sementara Jon Bream dari Star Tribune menyatakan bahwa akting yang paling mengesankan adalah akting Bobby Coleman, yang membuat film ini memiliki inti dan membuat mereka penuh percaya diri.[13]

Box Office[sunting | sunting sumber]

The Last Song mengumpulkan USD 5,125,103 di 3.300 layar lebar di 2.673 bioskop, dengan rata-rata USD 1,917 per bioskop[14] [15][16], dan menjuarai box office harian.[15] Film ini menduduki posisi keempat pada box office akhir pekan, mendapatkan USD 16,007,426 di belakang How to Train Your Dragon, Why Did I Get Married Too?, dan Clash of the Titans. Selama lima hari pembukaan, film ini memperoleh USD 23,035,255. Sampai tanggal 15 Juli 2010, film ini memperoleh total USD 89,041,656 di seluruh dunia.[17]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Kategori Penerima Hasil
2010 Teen Choice Awards Choice Movie: Drama The Last Song Nominasi
Choice Movie Actress: Drama Miley Cyrus Nominasi
Choice Movie Breakout Star: Male Liam Hemsworth Menang
Choice Movie: Liplock Miley Cyrus/Liam Hemsworth Nominasi
Choice Movie: Chemistry Miley Cyrus/Liam Hemsworth Nominasi
Choice Movie: Dance Scene Miley Cyrus/Liam Hemsworth Nominasi
Choice Movie: Hissy Fit Miley Cyrus Menang
Choice Music: Love Song When I Look At You Nominasi
Nickelodeon Australian Kids' Choice Awards Favorite Movie Actress Miley Cyrus Menang
Cutest Couple Miley Cyrus/Liam Hemsworth Nominasi
Favorite Kiss Miley Cyrus/Liam Hemsworth Menang
J-14 Teen Icon Awards Iconic Movie Actress Miley Cyrus Menang
Iconic Movie The Last Song Nominasi
Golden Raspberry Awards Worst Actress Miley Cyrus Nominasi
2011 Kids' Choice Awards Favorite Movie Actress Miley Cyrus Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Last Song (2010) – Box Office Mojo". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses 2010-04-29. 
  2. ^ a b "The Last Song (2010)". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses May 20, 2010. 
  3. ^ "The Last Song". Metacritic. CBS Interactive. 
  4. ^ LaSalle, Mick (March 31, 2010). "Movie review: One-note actress in 'Last Song'". Sfgate.com. Diakses May 21, 2010. 
  5. ^ a b "Review: The Last Song". Montrealgazette.com. March 30, 2010. Diakses May 21, 2010. 
  6. ^ Rob Nelson (March 30, 2010). "The Last Song". Variety.com. Diakses May 21, 2010. 
  7. ^ a b A. O. Scott (March 31, 2010). "Movie Review – The Last Song – Summer Love, a Sea of Trouble". The New York Times. Diakses May 21, 2010. 
  8. ^ http://rogerebert.suntimes.com/apps/pbcs.dll/article?AID=/20100330/REVIEWS/100339997/1023 2.5/4 starsStar full.svgStar half.svgStar empty.svg
  9. ^ Michael Phillips (March 30, 2010). "'Last Song': Same old Sparks romance, this time starring Miley". chicagotribune.com. Diakses May 21, 2010. 
  10. ^ "‘The Last Song’ plays the same old tune". Boston/AP. October 29, 2009. Diakses October 10, 2011. 
  11. ^ Touchstone Pictures. "'The Last Song' review: It's Young Love Inc., and hard to buy | – Movies with Stephen Whitty". NJ.com. Diakses May 21, 2010. 
  12. ^ "Movie review: Nicholas Sparks' 'The Last Song' is out of tune". Deseret News. March 30, 2010. Diakses May 21, 2010. 
  13. ^ John Bream. "'Last Song' puts a pouty face on Smiley Miley". StarTribune.com. Diakses May 21, 2010. 
  14. ^ "The Last Song". ComingSoon.net. CraveOnline. Diakses May 28, 2009. 
  15. ^ a b Karina Mitchell (April 2, 2010). ""The Last Song" Hits High Note at the Box Office". CBS News. Diakses May 21, 2010. 
  16. ^ "‘Last Song’ Opens Solidly on Wednesday". Box Office Mojo. April 1, 2010. Diakses May 21, 2010. 
  17. ^ "The Last Song (2010)". Box Office Mojo. March 31, 2010. Diakses May 21, 2010. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]