Miley Stewart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miley Stewart
Tokoh Hannah Montana
Penampilan
perdana
"Lilly, Do You Want to Know a Secret?" (2006)
Penampilan
terakhir
"Wherever I Go" (2011)
PenciptaMichael Poryes
Rich Correll
Barry O'Brien
PemeranMiley Cyrus
Informasi
Nama lengkapMiley Ray Stewart
AliasHannah Montana
Jenis kelaminPerempuan
Pekerjaan
  • Pelajar
  • Penyanyi-Penulis Lagu
  • Pemeran
Keluarga
  • Susan Stewart (Ibu)
  • Robby Ray Stewart (Ayah)
  • Jackson Stewart (Kakak)
KewarganegaraanAmerika Serikat

Miley Ray Stewart adalah karakter fiksi dan protagonis utama serial televisi Disney Channel Hannah Montana, yang diperankan oleh Miley Cyrus. Dia pertama kali muncul di televisi dalam episode pilot "Lilly, Do You Want to Know a Secret?" pada 24 Maret 2006, dan membuat penampilan terakhirnya di epiosde final "Wherever I Go" pada 16 Januari 2011. Karakternya juga muncul di film tahun 2009 Hannah Montana: The Movie. Miley adalah seorang gadis remaja normal, tetapi memiliki alter ego Hannah Montana, diam-diam menjalani kehidupan ganda sebagai bintang pop terkenal di dunia.

Konsep dan Casting[sunting | sunting sumber]

Karakter ini awalnya bernama Chloe Stewart tetapi diubah menjadi Miley Stewart.[1]

Cyrus mengetahui tentang casting untuk acara baru Disney pada usia 11 tahun melalui agen bakat Nashville. Dia mengirimkan rekaman audisi untuk peran sahabat Hannah Montana, tetapi menerima telepon yang memintanya untuk mengikuti audisi untuk peran utama. Setelah dia mengirimkan rekamannya dan diterbangkan ke Hollywood untuk audisi lebih lanjut, Cyrus diberitahu bahwa dia terlalu muda dan terlalu kecil untuk peran tersebut. Namun, kegigihan dan kemampuan Cyrus dalam menyanyi selain berakting menyebabkan produser acara mengundangnya kembali untuk audisi lebih lanjut. Produser akhirnya mempersempit jumlah kandidat menjadi tiga aktris, termasuk Cyrus dan Taylor Momsen, dan memberikan peran tersebut kepada Cyrus, yang saat itu berusia dua belas tahun.[2] Menurut presiden Disney Channel Gary Marsh, Cyrus dipilih karena penampilannya yang energik dan bersemangat dan dipandang sebagai orang yang "mencintai setiap menit kehidupan,"[3] dengan "keterhubungan sehari-hari antara Hilary Duff dan stage present Shania Twain."[4]

Casting Cyrus juga mengarah pada pemilihan ayah kandungnya, Billy Ray Cyrus, sebagai ayah dari karakternya di acara itu. Cyrus awalnya waspada; menurut ibu dan manajernya, Tish Cyrus, "Kekhawatiran Miley saat itu adalah, ya ampun, orang-orang akan mengira saya mendapat bagian ini hanya karena ayah saya."[2] Namun, karena khawatir keluarganya harus terpisah seperti ketika ayahnya pertama kali mendapatkan peran utama dalam serial televisi Doc, Cyrus mengalah dan membantu mengaudisi ayahnya untuk peran tersebut.[2]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Miley lahir pada tanggal 23 November 1992 (tanggal lahir Cyrus yang sebenarnya), di kota fiksi Crowley Corners, Buford County, Tennessee. Miley menyukai musik dari ayahnya, yang merupakan bintang musik country yang populer. Orang tuanya menyadari potensi Miley dan memberinya sebuah gitar pada tanggal 25 Desember 2000. Peristiwa ini ditampilkan dalam episode "I Am Hannah, Hear Me Croak" ketika Miley melihatnya di laptopnya.[5]

Pada saat dia berumur 12 tahun, Miley telah menjadi bintang pop terkenal dengan nama panggung "Hannah Montana." Dia berusaha keras untuk menyamar sebagai Hannah untuk merahasiakan identitas aslinya, karena dia khawatir jika orang mengetahui rahasianya, mereka akan menyukainya hanya karena dia terkenal. Sebelum mengungkap rahasianya di "I'll Always Remember You", disebutkan oleh Jackson, Sienna dan Rico bahwa satu-satunya orang yang mengetahui rahasianya selain keluarganya adalah Lilly dan Oliver, mantan pengawalnya Roxy, mantan pacarnya Jake, pacarnya saat ini Jesse, Sienna dan seluruh masyarakat Crowley Corners, Tennessee. Namun, dalam episode "Hannah Montana to the Principal's Office" terlihat bahwa Presiden Amerika Serikat mengetahui rahasianya.

Hubungan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Miley sangat dekat dengan ayahnya, di mana ia menerima banyak nasihat baik dan dukungan emosional. Dia juga menghargai hubungannya dengan sahabatnya Lilly dan Oliver. Namun Miley terbukti sangat tidak nyaman dengan kenyataan bahwa mereka berkencan dan bahkan mencoba untuk menghentikan mereka untuk menjadi pasangan. Hubungannya dengan Lilly terkadang mengalami masalah, tapi mereka selalu berbaikan. Dalam episode 'What I Don't Like About You', Miley diminta untuk memilih pihak antara pertengkaran Lilly dan Oliver. Tapi Miley, menunjukkan betapa baiknya dia sebagai teman, membuat film pendek Indiana Joannie, yang membuat Lilly dan Oliver saling memaafkan. Hubungan Miley dengan kakaknya Jackson kerap bermusuhan. Kedua bersaudara itu terus-menerus bertengkar. Namun, dalam beberapa percakapan pribadi, baik Miley maupun Jackson mengatakan bahwa mereka saling mencintai dan menghargai, namun keduanya enggan mengakuinya di depan umum.[6]

Hubungan Romantis[sunting | sunting sumber]

Miley juga sering berkencan, banyak di antaranya tidak bertahan lama. Beberapa hubungan tersebut antara lain:

  • Oliver Oken (Mitchel Musso): Sahabat Miley dan Lilly.
  • Leslie "Jake" Ryan (Cody Linley): Jake adalah bintang televisi terkenal. Miley dan Jake bertemu saat Jake bersekolah sementara di Seaview Middle School. Jake tertarik pada Miley karena dia satu-satunya orang di sekolah yang tidak terkejut dengan kedatangannya.
  • Travis Brody (Lucas Till): Travis adalah teman masa kecil Miley dari Tennessee.
  • Jesse (Drew Roy): Merupakan anggota band Hannah di episode "He Could Be The One". Hannah berpura-pura menyukai Jesse, agar Robby menyukai Jake. Tapi dia mulai memiliki perasaan yang nyata padanya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di musim pertama, Miley adalah siswa kelas 8 di SMP Seaview, dan di musim kedua dia masuk ke SMA Seaview. Dia menjadi siswi tahun kedua di episode awal Musim 3 dan kemudian, menjadi junior selama musim 3, sebelum awal Musim 4. Meskipun ayahnya menawarinya pilihan untuk bersekolah di rumah, Miley memutuskan untuk bersekolah di sekolah umum untuk menjadi "anak normal," sebuah keputusan yang terkadang dia sesali. Karena kehidupan gandanya, dia sering berada dalam posisi yang canggung dan terpaksa berbohong demi menjaga rahasianya.

Hobi dan Minat[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari kehidupannya sebagai bintang pop, Miley menjalani kehidupan yang sangat normal. Dia suka berkemah dan nongkrong di pantai, tapi sama sekali tidak atletis. Dia takut laba-laba dan mengunjungi dokter gigi. Dia juga terkadang kesulitan dengan tugas sekolah dan rasa percaya dirinya. Dia sering melakukan skema berlebihan untuk mengatasi masalahnya. Meski tidak pernah memainkan alat musik saat tampil sebagai Hannah, Miley bisa bermain piano dan gitar. Dia memiliki beberapa gitar akustik dan elektrik, termasuk salinan strat hitam yang dia juluki "Whammy Bar Wally" dan gitar akustik elektrik berkilau merah muda Stardust Series Daisy Rock. Dalam Hannah Montana: The Movie, Miley memainkan gitar akustik Gibson yang dibuat khusus.

Hannah Montana[sunting | sunting sumber]

Miley Cyrus sebagai Hannah Montana saat Best of Both Worlds Tour.

Hannah Montana adalah alter ego Miley Stewart. Karakter tersebut awalnya akan diberi nama Alexis Texas, namun namanya diubah menjadi Hannah Montana.[7] Hannah ada sebagai identitas rahasia, bintang pop dunia yang sangat populer dan berpengaruh. Banyak penggemar Hannah yang tidak menyadari bahwa dia sebenarnya hanyalah gadis remaja biasa, dan Miley berusaha memisahkan kedua kehidupannya satu sama lain.

Rahasia dan Tujuan[sunting | sunting sumber]

Menjaga rahasia Miley melibatkan upaya dua sisi. Sebagai Hannah, dia harus membuat para penggemarnya tidak menyadari bahwa dia sebenarnya adalah anak normal, dan sebagai Miley, dia harus membuat teman-temannya tidak menyadari bahwa dia sebenarnya adalah Hannah Montana. Dalam wawancara, Miley Cyrus berbicara tentang ketidakmungkinan menjaga rahasia seperti yang dilakukan Miley dan keluarganya dalam acara tersebut di dunia yang diawasi secara ketat oleh media. Namun pertunjukan tersebut tetap bisa dilaksanakan terutama berdasarkan penangguhan ketidakpercayaan.

Dalam acara tersebut, tiga orang lainnya (Robby, Lilly dan Oliver) juga menyamar saat berada di dekat Hannah untuk mencegah siapa pun menghubungkan Miley (Jackson sendiri, hanya sebagai teman masa kecil). Hannah juga biasanya menukar limusin saat dia meninggalkan tempat konser agar paparazzi tidak mengikuti rumahnya. Miley juga harus bergantung pada diamnya orang-orang yang mengetahui rahasianya. Ini termasuk anggota keluarganya, Robby, Jackson, Mammaw Ruthie, Bibi Dolly, Paman Earl dan Bibi Pearl, sepupunya Luann, teman-temannya-Lilly Truscott dan orang tuanya, Oliver Oken dan ibunya, Jake Ryan, Farmine dan Roxy, serta Petugas Diaria dan putrinya Kelsey, Siena dan Presiden Amerika Serikat.

Terlepas dari upaya hati-hati ini, ayahnya tampaknya menikmati menulis lagu-lagu Hannah yang secara eksplisit berbicara tentang kehidupan gandanya, seperti "The Best of Both Worlds", "Just Like You", "The Other Side of Me", "Rock Star", "Old Blue Jeans", "Just a Girl", "Supergirl", dan "Ordinary Girl". Karena frustrasi akan hal ini, Miley pernah mengeluh, "Kamu sebaiknya menato 'Aku benar-benar Miley Stewart' di dahiku!". Selain itu, dalam episode "Get Down Study-udy-udy", Rico hampir menemukan rahasia Miley.

Dalam Hannah Montana: The Movie, Hannah mengungkapkan dirinya sebagai Miley saat konser di kampung halamannya di Crowley Corners, Tennessee, tetapi penggemarnya tidak ingin dia berhenti menjadi Hannah, sehingga mereka berjanji untuk merahasiakannya. Peristiwa ini sebenarnya disebutkan dalam "For (Give) a Little Bit" saat terjadi pertengkaran antara Miley dan Jackson, artinya film tersebut akan tayang tepat di pertengahan musim 3 seolah-olah hal tersebut adalah bagian dari musim tersebut.

Menjelang akhir seri, dalam "I'll Always Remember You", Miley mengungkap rahasianya di The Jay Leno Show dengan melepas wignya dan menyanyikan lagu berjudul "Wherever I Go" sebagai Miley. Dia mendapat tepuk tangan meriah dan episode berakhir dengan Miley tersenyum. Lilly dan Robby juga melepas penyamaran mereka.

Miley punya beberapa alasan menciptakan Hannah. Dia takut jika anak-anak di sekolah mengetahui dia terkenal, mereka tidak akan memperlakukannya seperti gadis biasa. Meskipun dia menikmati perhatian atas ketenarannya sebagai Hannah, dia juga menikmati pilihan untuk "keluar" dari perannya. Miley juga menghargai privasinya dan tidak ingin penggemar atau fotografer paparazzi mengerumuninya ketika dia pergi ke tempat umum. Dengan cara ini, Hannah Montana menghadirkan kebalikan unik dari pengalaman khas selebriti. Sementara sebagian besar selebritas menjadi terkenal sebagai diri mereka sendiri dan kemudian memerlukan penyamaran agar tidak terlihat di depan umum, Hannah Montana menjadi terkenal saat menyamar, dan sekarang memiliki kebebasan untuk tampil di depan umum sebagai dirinya sendiri.

Sebagai keuntungan sekunder, Miley juga terkadang menggunakan Hannah untuk tujuan tertentu seperti memata-matai. Dia juga menggunakan Hannah dengan cara lain. Dalam "Money for Nothing, Guilt for Free," Hannah mengumpulkan uang untuk acara amal sekolah yang diikuti Miley. Dalam "Bye Bye, Ball," Hannah tampil di restoran untuk mendapatkan tanda tangan bisbol untuk Jackson. Dan di "Ready, Set, Don't Drive," Hannah mendapatkan SIM setelah Miley gagal dalam tes. Hannah juga terkadang mencoba menggunakan kepribadian gandanya sebagai alasan. Misalnya, dalam "You Gotta Not Fight for Your Right to Party", Miley meminta Robby untuk hanya menghukum Miley, bukan Hannah, karena "Hannah tidak melakukan kesalahan apa pun."

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Wig pirang Hannah adalah perbedaan utama antara dia dan Miley yang berambut coklat, meskipun Hannah juga memakai pakaian yang lebih mewah, riasan, dan terkadang kacamata hitam besar. Dalam cerita Hannah Montana, wig pirang terkenal dipilihkan untuk Miley oleh Roxy. Miley Stewart juga menyebutkan bahwa dia dengan sengaja membuat pola penampilan Hannah setelah terinspirasi dari ibu baptisnya, Bibi Dolly Parton.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier musik Hannah Montana sangat sukses meski ada beberapa yang gagal. Dalam episode pilot dia dikatakan melanjutkan "tur sukses" yang terjual habis, namun episode berikutnya menunjukkan Miley masih bersekolah (sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan "tur sukses"). Dalam "Yet Another Side of Me", Robby mengatakan bahwa dia telah menulis 15 lagu nomor satu untuk Hannah. Namun, dia mungkin melebih-lebihkan karena dalam "Miley Hurt the Feelings of the Radio Star" dia mengatakan dia telah menulis 14 lagu nomor satu untuknya. Hannah juga memenangkan beberapa penghargaan termasuk penghargaan Silver Boot "Booty" untuk crossover pop country terbaik dengan lagu "True Friend", dan Penghargaan Musik Internasional untuk Artis Wanita Tahun Ini. Dia juga dihormati dengan berliannya sendiri di Hollywood Parade of Diamonds, parodi bintang-bintang di Hollywood Walk of Fame. Dia juga bernyanyi untuk Ratu Inggris dan Presiden Amerika Serikat (Presiden Martinez dalam episode crossover dan disebutkan tampil untuk Presiden Obama dan Sasha dan Malia Obama di musim 4 "Hannah Montana to the Principal's Office"). Saingan terbesar Hannah adalah sesama bintang pop Mikayla (Selena Gomez) yang bertekad mencuri penggemar Hannah. Hannah juga telah berkolaborasi dengan beberapa selebriti kehidupan nyata: Jonas Brothers, Sheryl Crow, David Archuleta dan Iyaz.

Selain karir musiknya, Hannah juga melakukan beberapa akting. Dia menjadi bintang tamu di acara televisi Zombie High sebagai Zaronda, Putri Mayat Hidup. Karakter Jake Ryan menyelamatkan Zaronda dari portal menuju dunia bawah. Hannah kemudian membintangi film, Indiana Joannie and the Curse of the Golden Cobra karya Rob Reiner (parodi dari franchise film Indiana Jones), bersama Chace Crawford. Hannah juga mendukung produk parfum dan perawatan kulit.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cyrus, Miley; Hilary Liftin (2008). "Chloe Stewart". Miles To Go. Bath, UK: Parragon. hlm. 59. ISBN 978-1-4075-6261-2. My character's name was Chloe Stewart. Her alter ego's name was Hannah Montana. It was just way too many names. So they dropped the one that was easiest to let go. My character's name changed to Miley Stewart. 
  2. ^ a b c Miley Cyrus, Trisha Cyrus, Billy Ray Cyrus, Lesley Patterson, Michelle Tan (April 8, 2009). "Miley Cyrus". E! Special. E!. 
  3. ^ Oldenburg, Ann (March 23, 2006). "Lifelong work pays off, says Miley Cyrus, 13". USA Today. Diakses tanggal May 26, 2022. 
  4. ^ "Life Imitates Art for Teen Miley Cyrus". MSN TV News. Associated Press. May 25, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 6, 2007. Diakses tanggal October 7, 2006. 
  5. ^ "I Am Hannah, Hear Me Croak". Hannah Montana. Musim ke-2. Episode ke-5. April 27, 2007. 11:20 menit berlalu. Disney Channel. 
  6. ^ Percakapan dapat dilihat dalam episode "Grandma Don't Let Your Babies Grow Up to Be Favorites," "Bad Moose Rising," "I Am Hannah, Hear Me Croak," "You Gotta Not Fight for Your Right to Party," "When You Wish You Were the Star," dan "Cheat It".
  7. ^ Miley CyrusPerlu mendaftar (gratis). Weigl Publishers Inc. 2009. hlm. 10. Diakses tanggal 12 November 2010. miley named the character she plays.