Clash of the Titans (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Clash of the Titans
Clashofthetitansremakeposter1.jpg
Theatrical poster
Sutradara Louis Leterrier
Produser Basil Iwanyk
Kevin De La Noy
Richard D. Zanuck
Penulis Lawrence Kasdan
Travis Beacham
Phil Hay
Matt Manfredi
Pemeran Sam Worthington
Mads Mikkelsen
Alexa Davalos
Danny Huston
Gemma Arterton
Pete Postelthwaite
Ralph Fiennes
Liam Neeson
Musik Ramin Djawadi
Sinematografi Peter Menzies Jr.
Penyunting Vincent Tabaillon
David Freeman
Studio Legendary Pictures
Thunder Road Film
The Zanuck Company
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis 02 April 2010 (2010-04-02)
Durasi 106 minutes
Negara United States
United Kingdom
Bahasa English
Anggaran $122–$125 million[1][2]
Pendapatan kotor $229,668,000 [2]

Clash of the Titans adalah film 2010 yang merupakan film daur ulang dari film tahun 1981 dengan judul yang sama juga, film ini menceritakan tentang mitologi Yunani dengan Perseus sebagai tokoh utamanya. Clash of the Titans 2010 ini disutradarai oleh Louis Leterrier dan menampilkan Sam Worthington sebagai bintang utamanya.

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada zaman dahulu, setelah para dewa mengalahkan pendahulu-pendahulu mereka para Titan, para dewa membagi semesta untuk diri mereka sendiri; Zeus menguasai langit, Poseidon menguasai lautan, dan Hades, ditipu oleh Zeus, ditinggalkan untuk menguasai dunia bawah. Para dewa menciptakan mahluk-mahluk hidup termasuk manusia, yang memberi keabadian pada para dewa. Seiring berjalannya waktu, bagaimanapun, manusia mulai mempertanyakan kekuasaan para dewa dan tak lama melawan para pencipta mereka, menuju gunung Olympus.

Seorang nelayan bernama Spyro menemukan peti mati terapung-apung di tengah laut, ia mendapati seorang bayi, Perseus dengan keadaan hidup, bersama ibunya, Danaë yang telah tewas. Spyro memutuskan untuk mengadopsi Perseus sebagai anaknya.

Tahun-tahun telah berlalu, ketika Perseus dan keluarganya menangkap ikan, tanpa sengaja mereka melihat sekawanan tentara dari Argos menghancurkan patung Zeus, yang membuat para dewa marah atas penghinaan ini. Mereka melepas Erinyes, dewi kemarahan yang menyerang tentara-tentara itu dan menghancurkan kapal penangkap ikan itu. Semua keluarga Perseus tewas atas kejadian itu, dan hanya Perseus yang selamat dan ditemukan oleh sekelompok tentara.

Perseus dibawa untuk menghadap raja Chepeus dan ratu Cassiopea, yang sedang merayakan kampanye mereka melawan para dewa. Ratu Cassiopea dengan angkuhnya membandingkan anaknya Andromeda dengan dewi Afrodit dan menyatakan bahwa Andromeda lebih cantik daripadanya. Pesta yang meriah itu dikacau oleh kedatangan Hades, yang telah diperintahkan Zeus untuk menghukum kelakuan manusia. Hades mengancam akan melepaskan Kraken untuk menghancurkan Argos, kecuali Andromeda dikorbankan kepada Kraken. Sebelum meninggalkan Argos, Hades menyatakan bahwa Perseus adalah Manusia setengah dewa, putra dari Zeus.

Perseus bertemu dengan Io, yang menjelaskan asal-usulnya. Io mengungkap bahwa ia telah mengawasi Peseus seumur hidup. Dia selalu menjaga Perseus, karena hanya dia yang mampu mengalahkan para dewa.

Akhirnya Perseus diminta oleh raja untuk memimpin pasukan pengawalnya menuju ke sarang Penyihir Stigia, untuk mencari cara membunuh Kraken. Setelah Zeus mulai mencium rencana penghianatan Hades yang haus kekuatan, Zeus memberi Perseus sebuah pedang yang ditempa di Gunung Olimpus dan seekor kuda hitam bersayap yang bernama Pegasus. Namun Perseus menolak keduanya, ia menyangkal dirinya adalah seorang manusia setegah dewa dengan menolak pemberian Zeus. Diam-diam Draco, kapten dari pengawal raja, menyimpan pedang itu. Tepat setelahnya, mereka diserang oleh Calibos, kaki tangan Hades. Draco memotong salah satu tangan mahluk itu, dan Calibos kabur. Kelompok itu mencoba mengejarnya, namun ditengah jalan mereka dihadang oleh sekelompok kalajengking-kalajengking raksasa yang muncul dari tetesan darah Calibos. Ketika mereka kuwalahan melawan kalajengking-kalajengking itu, mereka diselamatkan oleh sekelompok Djin, petenung yang bukan manusia lagi yang dipimpin oleh Sheyk-Sulaiman. Para Djin juga berharap para dewa dikalahkan, mereka memberi pengobatan kepada Perseus dan kelompoknya.

Kelompok itu sampai di sarang Penyihir Stigia dan mempelajari cara untuk membunuh Kraken mereka harus menggunakan kepala Medusa, seekor mahluk terkutuk yang bersemayam di sebuah kuil di Dunia Bawah. Semua mahluk hidup laki-laki yang menatap wajahnya akan berubah menjadi batu.

Perseus, Io, Sulaiman, Draco, dan sisa pasukannya, Solon, Eusebios, dan Ixas, menyebrang ke dunia bawah. Para laki-laki memasuki kuil sarang Medusa sementara Io harus tinggal di luar, mengingat semua perempuan yang masuk ke dalam kuil Medusan takkan pernah keluar lagi. Medusa membunuh, semua sisa pasukan Draco. Sulaiman dan Draco berhasil melukai Medusa, dengan mengorbankan diri mereka. Perseus akhirnya berhasil memenggal kepala Medusa dengan membelakanginya dan melihat dengan perisainya yang dapat memantulkan bayangan. Ketika ia keluar dari kuil dengan kepala Medusa, Calibos muncul dari belakang Io dan menikamnya. Perseus dan Calibos bertarung, akhirnya Perseus menerima dirinya adalah putra dari Zeus dan mengambil pedang Olimpus untuk membunuh Calibos. Ia menikamnya di bagian dada.

Sebelum mati, Io meminta Perseus untuk segera meninggalkannya dan menyelamatkan Andromeda dan Argos. Kemudian ia berubah menjadi uap emas. Pegasus datang untuk memberi tumpangan ke Argos, Perseus menunggangi Pegasus kembali menuju ke Argos, sementara Kraken telah dilepas. Disaat para warga Argos tewas dengan kebangkitan Kraken, keseimbangan kekuatan di gunung Olimpus terguncang: Hades menyatakan bahwa ia tak perlu iman dan penyembahan dari manusia (seperti yang yang dibutuhkan Zeus) untuk menjadi kuat, tetapi hanya dengan ketakutan manusia. Hades dengan mudahnya melengserkan Zeus yang semakin melemah.

Dengan menunggangi Pegasus hitam, Perseus sampai di Argos dan memperlihatkan kepala Medusa kepada Kraken, dan membuat kontak mata tepat sebelum Kraken mencapai Andromeda. Perlahan Kraken membatu dan runtuh. Hades muncul, berniat membunuh Perseus pada akhirnya. Perseus memanggil Zeus, dan melempar pedangnya ke arah Hades. Sebuah kilatan petir menelan pedang itu, dan memyambar Hades kembali ke Dunia Bawah.

Perseus menyelamatkan Andromeda, yang kini adalah seorang yang berhak penuh mendjadi Ratu Argos. Andromeda meminta Perseus untuk tinggal di sisinya sebagai seorang Raja, tapi ia menolaknya. Perseus juga menolak tawaran dari Zeus untuk menjadi dewa sepenuhnya, namun kemudian Zeus mengatakan jika Perseus ingin hidup sebagai seorang manusia ia tidak seharusnya tinggal sendirian. Zeus mengembalikan Io untuk hidup bersama Perseus. [3] [4]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah para pemain film Clash of the Titans 2010 : [5]

Produksi, box office, kritik[sunting | sunting sumber]

Clash of the Titans adalah sebuah remake dari film yang berjudul sama, film ini menceritakan tentang mitos Yunani Perseus, atau akhir perjuangan manusia terhadap kekuasaan dewa, semula dijadwalkan untuk rilis standar. Tapi setelah dilakukan pengujian konversi menjadi tiga dimensi, film ini menjadi sangat sukses. [9] Film ini sulit menemukan koherensi alur kisah yang ideal, hal ini disebabkan karena banyaknya versi yang beredar dan juga ketidak-jelasan apa yang sebenarnya terjadi. Louis Leterrier, sutradara film ini ingin Titans besutannya ini bisa diterima oleh penonton tanpa harus meninggalkan pakem aslinya. [10] Syuting lokasi Volcano sendiri diambil di Dinorwic Slate Quarry di Wales. [11]

Kritikan untuk film ini pun sangat beraneka ragam, Peter Travers dari Rolling Stone memberikan nilai D untuk film ini dengan komentar, " Film ini hanya menampilkan Aktor dengan bayaran bagus dan menggunakan jenggot dan make-up untuk menyembunyikan mereka." [12] Hal lain pun dilontarkan oleh Kirk Honeycutt dari Hollywood Reporter. Ia berkata bahwa Titans, " Kisah bagus antara perang manusia dan dewa." [13] Rata rata perolehan kritik film ini sendiri ialah C+. [14]

Perolehan film Clash of the Titans sendiri menjadi film yang menghasilkan pendapatan box office yang besar, dengan perolehan sebesar 64.1 juta dolar dari bioskop di Amerika Serikat (AS) dan Kanada sejak dibuka. Peluncuran itu sesuai dengan perkiraan pemasukan dan 61.4 juta dolar yang diperoleh dan menciptakan rekor baru untuk rilis Paskah. Rekor Paskah sebelumnya diciptakan Scary Movie 4 (40.2 juta dolar) pada tahun 2006. [15] Di negara lain Seperti di Spanyol yang mencatat penjualan tiket sebesar US$ 8,6 juta dalam waktu lima hari, lalu di Inggris sebanyak US$ 7,8 juta dalam periode tiga hari saja dan di Korea Selatan US$ 6,8 juta dalam jangka empat hari pemutaran. [16]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Louis Leterrier memang memiliki rencana untuk menggarap dua film berikutnya. Kini, rencana Louis itu pun mendekati kenyataan setelah melihat kesuksesan film tersebut, akan tetapi ia belum berani memutuskan apakah Perseus, karakter yang diperankan Sam Worthington akan tampil di dua film tersebut. Louis berniat untuk mengeksplor lebih dalam tentang mitologi Yunani. "Anda masih bisa menemukan banyak makhluk lainnya, pahlawan dan dewa-dewa, sebut saja Daedalus, Icarus dan Percivel. Semuanya menarik," ujar Louis. [17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zeitchik, Steve; Horn, John (April 1, 2010). "Movie Projector: 3-D 'Clash' will be a titan this weekend". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses April 2, 2010. "The new Warner Bros. and Legendary action-adventure story, a $122-million remake of the 1981 film[...]" 
  2. ^ a b "Clash of the Titans (2010)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses April 11, 2010. 
  3. ^ http://chip.co.id/articles/gamesentertain/2010/04/06/clash-of-the-titans-pembalasan-dendam-perseus-kepada-dewa/#Scene_1
  4. ^ http://www.21cineplex.com/clash-of-the-titans,movie,2257.htm
  5. ^ http://www.imdb.com/title/tt0800320/fullcredits
  6. ^ http://entertainment.id.finroll.com/review/25962-clash-of-the-titans-petualangan-melawan-takdir.html
  7. ^ http://entertainment.id.finroll.com/review/25962-clash-of-the-titans-petualangan-melawan-takdir.html
  8. ^ http://ekstra.kompasiana.com/group/resensi/2010/04/02/clash-of-the-titans/
  9. ^ http://metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/04/05/14423/-Clash-of-the-Titans-Langsung-Puncaki-Box-Office-AS-/
  10. ^ Majalah Movie Monthly-M2 Edisi 92
  11. ^ http://www.imdb.com/title/tt0800320/trivia
  12. ^ http://www.rollingstone.com/reviews/movie/30653760/review/32939304/clash_of_the_titans
  13. ^ http://www.hollywoodreporter.com/hr/film-reviews/clash-of-the-titans-film-review-1004078850.story
  14. ^ http://movies.yahoo.com/movie/1810081563/critic
  15. ^ http://www.antaranews.com/berita/1270468433/clash-of-the-titans-box-office-dunia
  16. ^ http://id.news.yahoo.com/dtik/20100405/ten-clash-of-the-titans-juara-di-seluruh-20c5855.html
  17. ^ http://movie.detikhot.com/read/2010/04/06/175758/1333311/229/sam-worthington-belum-pasti-tampil-di-clash-of-the-titans-2-

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Official
Database