The Callisto Protocol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Callisto Protocol
Publikasi2 Desember 2022
GenreSurvival horror, action
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformWindows, PlayStation 5, Xbox Series X dan S, PlayStation 4 dan Xbox One
MesinUnreal Engine 4
ModePermainan video pemain tunggal
FormatCakram Blu-ray dan distribusi digital
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus dan gamepad
Informasi pengembang
PengembangStriking Distance Studios
PenyuntingKrafton
Pengarah
Produsen
  • Jeremiah Graves
  • Matt Sherman
PenulisR. Eric Lieb
DesainerBen Walker
KomponisFinishing Move Inc.
PenerbitKrafton
Programmer
  • Tom Schenk
  • Simon Clay
SenimanDemetrius Leal
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
CERO
enllaç=d:Q57312857
OFLC
enllaç=d:Q26708079
ClassInd
enllaç=d:Q26678736
GSRR
Restricted
Informasi tambahan
Situs webcallistothegame.com (Inggris)
Steam1544020
Id. SubredditTheCallistoProtocol
IMDB: tt20835022 Facebook: Callistothegame Twitter: Callistothegame Instagram: callistothegame Youtube: UCj0-w3qF-xYYpnPc6w2m8UA TikTok: callistothegame
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

The Callisto Protocol adalah game aksi horor kesintasan tahun 2022 yang dikembangkan oleh Striking Distance Studios dan diterbitkan oleh Krafton. Game ini disutradarai oleh salah satu pencipta serial Dead Space, Glen Schofield, dan dianggap sebagai penerus spiritual dari serial tersebut. Cerita game ini mengikuti Jacob Lee (Josh Duhamel) yang dikirim ke fasilitas penjara yang terletak di bulan Jovian, Callisto, untuk bertarung melawan tahanan yang terinfeksi dengan penyakit yang tidak diketahui sembari mengungkap rahasia gelap fasilitas tersebut. Gameplay membuat pemain menjelajahi serangkaian level, mengumpulkan sumber daya sembari melawan tahanan yang terinfeksi.

Pengembangan game ini dimulai dengan pembentukan Striking Distance Studios pada Juni 2019. Awalnya dikembangkan sebagai game yang berlatar pada dunia PUBG: Battlegrounds, kemudian berkembang menjadi kekayaan intelektual asli.

Game ini dirilis untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada 2 Desember 2022. Game ini menerima ulasan yang beragam. Game ini gagal memenuhi ekspektasi penjualan Krafton.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Dalam The Callisto Protocol, pemain berperan sebagai Jacob Lee dari sudut pandang orang ketiga.[1][2] Kesehatan Jacob ditunjukkan dengan implan di belakang lehernya yang disebut "C.O.R.E Device". Kesehatan dapat diisi ulang dengan paket injeksi yang dapat ditemukan di seluruh level. Jacob dapat menggunakan senjata untuk melawan musuh, serta sistem pertarungan jarak dekat untuk menghindari serangan musuh selagi mencari celah untuk menyerang dan membunuh mereka. Kedua gaya bertarung tersebut dapat digabungkan, memberikan variasi yang lebih besar saat menghadapi tipe-tipe musuh. Jacob dapat mengumpulkan dan meninjau log audio selama bermain game.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2320, Jacob Lee (Josh Duhamel) [4] dan Max Barrow (Jeff Schine) adalah pengangkut barang kontrak yang bekerja untuk United Jupiter Company (UJC). Keduanya memutuskan untuk pensiun setelah mengangkut satu pengiriman terakhir antara Europa dan Penjara Black Iron yang dioperasikan UJC di Callisto. Tak lama setelah meninggalkan Black Iron dengan kapal mereka, Charon, mereka ditumpangi oleh Outer Way, sebuah kelompok teroris yang konon bertanggung jawab atas serangan biologis besar-besaran di Europa, dan kapal tersebut mendarat darurat di Callisto. Max terbunuh, meninggalkan Jacob dan pemimpin Outer Way Dani Nakamura (Karen Fukuhara) sebagai satu-satunya yang selamat. Keduanya ditemukan oleh kepala keamanan Penjara Black Iron, Kapten Leon Ferris (Sam Witwer) dan dipenjara atas perintah Sipir Duncan Cole (James C. Mathis III). Setelah proses pemasukan, Jacob terbangun dan mendapati penjara dikuasai oleh "biophage" yang tidak bersahabat; para narapidana menderita penyakit yang tidak diketahui. Dia bertemu Elias Porter (Zeke Alton), seorang tahanan yang mengaku memiliki rencana pelarian. Setelah membebaskan Elias, Jacob melawan dan membiarkan Ferris mati di tangan biophage.

Elias meyakinkan Jacob untuk menemukan seorang peretas di Special Housing Unit (SHU) untuk memanggil kapal untuk melarikan diri. Peretas tersebut tenyata adalah Dani, tetapi dia menolak untuk bergabung dengan mereka. Tidak terpengaruh, Jacob dan Elias menaiki trem ke hanggar tetapi dicegat oleh Ferris yang terinfeksi sebagian dan dikeluarkan ke permukaan Callisto; Elias mati lemas saat maskernya rusak. Dani muncul dengan kendaraan setengah roda rantai dan memulihkan ingatan Elias tentang Black Iron dan memutuskan untuk membantu Jacob saat biophage bermutasi dan menjadi lebih berbahaya. Dani memutar ke reruntuhan Charon untuk mencari bukti bahwa UJC menyelundupkan senjata biologis secara ilegal, tetapi gagal menemukan bukti apa pun. Keduanya berhasil sampai ke hanggar di mana Dani memanggil sebuah kapal dari orbit. Cole mengintervensi dan menembak jatuh kapal tersebut, menyebabkannya menabrak dan menghancurkan hanggar.

Dengan hilangnya metode pelarian mereka, Jacob dan Dani memutuskan untuk menghadapi Cole. Keduanya melewati reruntuhan Arcas, koloni asli Callisto sebelum ditinggalkan dan dibangun Penjara Black Iron di atasnya. Mereka menemukan laboratorium yang menyimpan makhluk mati yang digali oleh para penambang Arcas asli, dan mengetahui bahwa biophage disebabkan oleh larva yang ditemukan pada makhluk tersebut. Melihat potensinya untuk mempercepat evolusi, UJC memanen larva makhluk tersebut dan mulai bereksperimen dengannya pada manusia, menyebabkan wabah di Arcas; satu biophage, Subject Zero, mempertahankan kecerdasannya sebelum UJC menghancurkan koloni tersebut. Setelah Jacob dan Dani menangkis pertemuan dengan Ferris, Dani terinfeksi. Kembali ke Black Iron, Jacob dilumpuhkan oleh robot keamanan dan dipenjara.

Jacob dibebaskan oleh dokter penjara, Dr. Caitlyn Mahler (Louise Barnes), yang menginstruksikannya untuk menemuinya di labnya. Mahler mengungkapkan bahwa Cole adalah bagian dari sekte agama bernama Kallipolis, dengan organisasi tersebut yang berusaha menemukan cara untuk memajukan evolusi manusia. Jacob memerintahkan Mahler untuk bereksperimen pada tahanan Black Iron untuk menemukan subjek yang cocok dengan infeksi alien dan mereplikasi Subject Zero dengan Subject Alpha. Mahler memberi tahu Jacob bahwa Dani dapat disembuhkan dengan mengekstraksi DNA Alpha untuk mensintesis sebuah penawar racun. Ketika Jacob menanyakan tentang wabah Europa, Mahler mengakui bahwa versi infeksi yang diencerkan telah dilepaskan; insiden tersebut menginspirasi Cole untuk memulai Protokol Callisto, menyebabkan wabah di Black Iron dengan melepaskan subjek uji Mahler untuk menciptakan Alpha. Mahler memberi Jacob akses ke ingatan Dani, di mana Jacob mengetahui bahwa saudara perempuan Dani terbunuh dalam wabah Europa. Dia memulihkan ingatannya sendiri yang menunjukkan bahwa dia sadar bahwa UJC menggunakan kapalnya untuk menyelundupkan sampel larva alien, tetapi dia tetap tidak peduli karena pembayaran yang dia terima.

Jacob berhadapan dengan Cole, yang mengadu domba dirinya dengan Ferris, yang kini bermutasi menjadi Alpha. Jacob mengalahkan dan mengekstrak DNA Ferris. Cole mencoba meyakinkan Jacob untuk menyerahkan DNA tersebut, dengan alasan bahwa DNA tersebut berguna untuk menjaga kelangsungan hidup umat manusia, tetapi Jacob malah menggunakannya untuk menyembuhkan Dani. Marah, Cole mengaktifkan hitungan mundur penghancuran penjara dan menyombongkan diri bahwa dia telah mengumpulkan cukup data untuk menjalankan Protokol. Jacob menempatkan Dani di kapsul pelarian terakhir yang tersisa bersama dengan sampel larva alien, memberinya bukti yang dia butuhkan untuk mengekspos eksperimen UJC. Mahler menghubungi Jacob dan memberitahunya tentang kemungkinan melarikan diri, sebelum dia diserang oleh Ferris.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Asal mula The Callisto Protocol dimulai dengan pembentukan Striking Distance sebagai studio di dalam PUBG Corporation (sekarang PUBG Studios) pada Juni 2019, yang dipimpin oleh Glen Schofield, yang sebelumnya ikut membuat seri Dead Space di Visceral Games. Studio ini dibuat untuk memperluas dunia PUBG: Battlegrounds dengan membuat game berbasis narasi.[5] Schofield mengatakan bahwa ketika dia bertemu dengan PUBG Corporation di mana mereka menjelaskan tujuan mereka untuk memperluas narasi PUBG, dia sudah memiliki konsep untuk The Callisto Protocol dan mempresentasikannya kepada mereka dan bekerja sama dengan mereka untuk memasukkan idenya ke dalam dunia mereka.[6] Namun, pada Mei 2022, Schofield menyatakan bahwa game tersebut telah berkembang menjadi ceritanya sendiri dan tidak lagi terhubung ke PUBG, meskipun masih ada sedikit singgungan dengan PUBG.[7][8]

Schofield ingin membuat game ini tetap berpijak pada realitas, dan karenanya memilih lokasi yang berpotensi untuk ditinggali manusia seperti Callisto sebagai latarnya. Bulan tersebut telah diteorikan memiliki lautan air di bawah permukaannya,[9][10] yang diyakini Schofield dapat memberikan misteri untuk dikaitkan ke dalam game.[2]

Josh Duhamel
Karen Fukuhara
Sam Witwer

Di antara orang-orang yang mengerjakan game ini adalah Steve Papoutsis, yang ikut mengembangkan serial Dead Space dan memimpin serial tersebut setelah kepergian Schofield dari Visceral; Scott Whitney, seorang desainer di serial Dead Space; dan Christopher Stone, sutradara animasi untuk seri sebelumnya. Dari 150 karyawan Striking Distance, Schofield mengatakan bahwa sekitar 25 hingga 30 mantan rekan kerjanya dari Visceral Games dan Sledgehammer Games yang menjadi bagian dari Striking Distance ikut menggarap The Callisto Protocol.[1][2][11] Beberapa jurnalis mengomentari kemiripan tema dan gameplay dengan serial Dead Space .[6] Game ini tampaknya menyertakan jenis antarmuka diegetic yang sama dengan yang digunakan Dead Space dengan indikator holografik di bagian belakang leher tahanan yang menunjukkan status kesehatan mereka dan atribut lainnya kepada pemain.[1] Schofield mengatakan bahwa perbandingan dengan Dead Space mencerminkan gaya permainannya, dan meskipun ia masih ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, kiasan dan inspirasi dari Dead Space muncul secara alami dari pendekatan kreatifnya.[2] Josh Duhamel mengisi suara dan gerakan untuk protagonis utama Jacob Lee.[4] Di Comic-Con 2022, terungkap bahwa Karen Fukuhara dan Sam Witwer bergabung sebagai pemeran. Fukuhara berperan sebagai Dani Nakamura, pemimpin kelompok perlawanan The Outer Way, sedangkan Witwer memerankan Leon Ferris, kapten Penjaga Penjara.[12] Selain mengisi suara, para pemeran tampil dengan teknologi motion capture.[13][14] Fukuhara berkomentar bahwa, sebelum berakting dengan motion capture, tim pengembangan akan "menunjukkan kepada kami seperti apa ruangannya akan terlihat pada karya seni yang telah mereka kerjakan".[15]

The Callisto Protocol dirancang untuk konsol game rumahan yang lebih baru, PlayStation 5 dan Xbox Series X dan Series S, di samping platform lainnya. Schofield menyatakan bahwa niatnya adalah "benar-benar mencoba membuat game paling menakutkan di platform next-gen" dengan cara yang sama seperti yang dipertimbangkan untuk Dead Space pada saat perilisannya untuk PlayStation 3 dan Xbox 360.[6] Dia menyatakan bahwa game ini memanfaatkan teknik pencahayaan baru dan sistem audio 3D yang ditawarkan oleh konsol baru, serta umpan balik haptic yang disediakan controller DualSense PlayStation 5, untuk menciptakan imersi yang mendalam bagi pemain di dalam game.[6] Chief Technical Officer Striking Distance Studios, Mark James, mengatakan bahwa game ini dikembangkan dengan mempertimbangkan "realisme maksimum".[16] Game ini menggunakan Unreal Engine 4.[17][18] Krafton dan Striking Distance telah bermitra dengan Skybound Entertainment untuk merilis game ini, karena Skybound melihat potensi peluang multimedia tambahan di luar game-nya untuk konsep tersebut.[19][20]

Pada bulan September 2022, Schofield merilis tweet yang menguraikan pengembangan game yang diartikan oleh sebagian orang sebagai pengagungan budaya crunch. Hal ini menyebabkan reaksi keras secara online, termasuk dari reporter Bloomberg Jason Schreier, yang telah melaporkan tentang budaya crunch di masa lalu. Schofield kemudian menghapus tweet tersebut dan mengeluarkan permintaan maaf.[21][22][23][24] Dalam wawancara dengan Inverse, Schofield bertanggung jawab atas crunch yang ia lakukan kepada stafnya, dan berjanji bahwa crunch "tidak akan terjadi di proyek kami berikutnya atau di proyek masa depan." [25][26]

Biaya pengembangan dan pemasaran game ini dilaporkan mencapai 200 miliar Won (£ 132 juta / US$ 161,5 juta).[27]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 27 Oktober 2022, perilisan di Jepang dibatalkan ketika game ini tidak mendapatkan penilaian CERO karena konten kekerasan dalam game dan pengembang menolak untuk melakukan perubahan yang diperlukan.[28][29][30] Game ini dirilis untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada 2 Desember 2022.[31]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

The Callisto Protocol menerima ulasan "campuran atau rata-rata", menurut agregator ulasan Metacritic.[32][33][34] Beberapa publikasi mencatat bahwa The Callisto Protocol mengalami masalah stuttering dan masalah performa, terutama mempengaruhi versi PC;[49] akibatnya, game ini menerima ulasan pengguna yang "sebagian besar negatif" di Steam saat dirilis.[49][50][51][52] Pada hari yang sama, game ini menerima pembaruan yang mengurangi stutter kompilasi shader, dengan patch pengoptimalan lebih lanjut yang dijanjikan oleh pengembang.[53][54] Glen Schofield kemudian mengklaim bahwa masalah teknis tersebut merupakan akibat dari "kesalahan administrasi" dari tim pengembang game.[55]

PCGamesN sangat positif terhadap game ini, merasa game ini unggul dalam menyeimbangkan horor dan aksi, meskipun merasa bahwa ceritanya biasa-biasa saja.[56]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

The Callisto Protocol adalah game ritel terlaris keenam di Inggris pada minggu peluncurannya.[57] Game ini gagal memenuhi ekspektasi penjualan Krafton, yang mengharapkan penjualan lima juta unit, tetapi menurunkan estimasi mereka hingga mencapai dua juta unit terjual dalam tahun 2023; sebagai tanggapan, investor di Krafton menurunkan target harga saham mereka.[58][59]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Game ini dinominasikan untuk dua penghargaan di Penghargaan Visual Effects Society ke-21.[60]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Fenlon, Wes (December 11, 2020). "Survival horror game The Callisto Protocol is still mostly a mystery, but you can bet on a Dead Space-style holo HUD". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-12. Diakses tanggal December 12, 2020. 
  2. ^ a b c d McWhertor, Michael (December 16, 2020). "The Callisto Protocol is a return to sci-fi horror from Dead Space creators". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-16. Diakses tanggal December 17, 2020. 
  3. ^ West. Games Radar (dalam bahasa Inggris).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  4. ^ a b @. (Tweet) (dalam bahasa Inggris) https://twitter.com/. Diakses tanggal May 26, 2022 – via Twitter.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Missing or empty |user=; Missing or empty |number= (help)
  5. ^ Jones, Ali (June 26, 2019). "Former COD exec joins PUBG developer to make narrative games "beyond battle royale"". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-26. Diakses tanggal December 12, 2020. 
  6. ^ a b c d Kim, Matt T.K. (December 11, 2020). "The Callisto Protocol Wants to be The Scariest Next-Gen Horror Game Ever". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-12. Diakses tanggal December 11, 2020. 
  7. ^ Schofield [@]. (Tweet) (dalam bahasa Inggris) https://twitter.com/. Diakses tanggal May 26, 2022 – via Twitter.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Missing or empty |user=; Missing or empty |number= (help)
  8. ^ Middler, Jordan (May 26, 2022). "The Callisto Protocol is no longer part of the PUBG universe". Video Game Chronicales (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-26. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  9. ^ Kuskov, O.L.; Kronrod, V.A. (2005). "Internal structure of Europa and Callisto". Icarus. 177 (2): 550–369. Bibcode:2005Icar..177..550K. doi:10.1016/j.icarus.2005.04.014. 
  10. ^ Showman, A. P.; Malhotra, R. (October 1, 1999). "The Galilean Satellites". Science. 286 (5437): 77–84. doi:10.1126/science.286.5437.77. PMID 10506564. 
  11. ^ Takahashi, Dean (December 20, 2020). "The Callisto Protocol: How Striking Distance Studios is creating survival horror of the future". Venture Beat (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-20. Diakses tanggal December 20, 2020. 
  12. ^ IGN (July 24, 2022). "Dead Space Creator Returns to Space Horror with the Callisto Protocol | Comic Con 2022". YouTube (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-24. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  13. ^ Mahmoud, Mustafa (November 18, 2022). "Sony helped The Callisto Protocol with its cinematics, mocap, and more". KitGuru (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-18. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  14. ^ Baker, Sammy (November 16, 2022). "Sony Played a Role in Bringing The Callisto Protocol to Life". Push (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-16. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  15. ^ James, Paul (November 22, 2022). "Callisto Protocol Actress, Karen Fukuhara, Discusses Motion Capture Process". GameRanx (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-22. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  16. ^ Bains, Callum (2 September 2022). "The Callisto Protocol looks so lifelike, even the eyeballs are ray-traced". TechRadar (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-02. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  17. ^ Gibbons, Brodie (14 June 2022). "We Spoke to The Callisto Protocol's Director Glen Schofield About His Horror Legacy, Censorship and More". Press Start (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-14. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  18. ^ Thompson, Mark (30 July 2022). "The Callisto Protocol Dev Explains the Tech Behind the Game's Gory Details". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-29. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  19. ^ Takahashi, Dean (February 9, 2021). "Striking Distance Studios partners with Skybound Entertainment for The Callisto Protocol". Venture Beat (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-09. Diakses tanggal February 9, 2021. 
  20. ^ Ivan, Tom (February 9, 2021). "Walking Dead creator aims to turn The Callisto Protocol into a multimedia franchise". Video Games Chronicle (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-09. Diakses tanggal February 9, 2021. 
  21. ^ Taylor, Mollie (September 5, 2022). "Callisto Protocol director appears to glorify crunch culture, then walks it back". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-27. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  22. ^ Bankhurst, Adam (September 4, 2022). "The Callisto Protocol Director Glen Schofield Apologizes for Possible Crunch Comments". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-04. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  23. ^ Schreier [@]. (Tweet) (dalam bahasa Inggris) https://twitter.com/. Diakses tanggal November 27, 2022 – via Twitter.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Missing or empty |user=; Missing or empty |number= (help)
  24. ^ @. (Tweet) (dalam bahasa Inggris) https://twitter.com/. Diakses tanggal November 27, 2022 – via Twitter.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Missing or empty |user=; Missing or empty |number= (help)
  25. ^ Kim, Matt (2022-10-26). "Callisto Protocol Director Takes Responsibility for Crunching Staff". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 2022-11-28. 
  26. ^ Khan, Imran. "'Callisto Protocol' director Glen Schofield is already thinking about a sequel". Inverse (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 2022-11-28. 
  27. ^ "The Callisto Protocol reportedly hasn't met publisher sales expectations". VGC (dalam bahasa Inggris). 2023-01-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-15. Diakses tanggal 2023-01-15. 
  28. ^ Kennedy, Victoria (October 27, 2022). "The Callisto Protocol developer cancels Japanese version". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  29. ^ Welsh, Oli (27 October 2022). "The Callisto Protocol proves too violent for Japanese censors". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  30. ^ Robinson, Andy (27 October 2022). "Callisto Protocol cancelled in Japan after developer decides against cuts". Video Games Chronicle (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  31. ^ West, Josh (November 27, 2022). "The Callisto Protocol: Everything we know about the new survival horror game". GamesRadar (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-12. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  32. ^ a b "The Callisto Protocol for PC Reviews" Diarsipkan 2022-12-12 di Wayback Machine.. Metacritic. Retrieved January 5, 2023.
  33. ^ a b "The Callisto Protocol for PlayStation 5 Reviews" Diarsipkan 2022-12-17 di Wayback Machine.. Metacritic. Retrieved January 19, 2023.
  34. ^ a b "The Callisto Protocol for Xbox Series X Reviews" Diarsipkan 2022-12-11 di Wayback Machine.. Metacritic. Retrieved January 19, 2023.
  35. ^ Colantonio, Giovanni (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review: more than a Dead Space throwback" Diarsipkan 2023-01-22 di Wayback Machine.. Digital Trends. Retrieved December 2, 2022.
  36. ^ Goroff, Michael (December 5, 2022). "The Callisto Protocol review" Diarsipkan 2022-12-08 di Wayback Machine.. Electronic Gaming Monthly. Retrieved December 6, 2022.
  37. ^ Blake, Vikki (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review - a Dead Space-alike built on simpler pleasures" Diarsipkan 2023-01-07 di Wayback Machine.. Eurogamer. Retrieved December 2, 2022.
  38. ^ LeBlanc, Wesley (December 1, 2022). "The Callisto Protocol Review - Morsels Of Fun In A Far-Too-Familiar Space" Diarsipkan 2023-02-06 di Wayback Machine.. Game Informer. Retrieved December 2, 2022.
  39. ^ Ramée, Jordan (December 2, 2022). "The Callisto Protocol Review - I Don't Belong Here" Diarsipkan 2022-12-08 di Wayback Machine.. GameSpot. Retrieved December 2, 2022.
  40. ^ Hurley, Leon (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review: 'An impressive game derailed by unforgiving combat'" Diarsipkan 2023-02-02 di Wayback Machine.. GamesRadar+. Retrieved December 2, 2022.
  41. ^ Ogilvie, Tristan (December 2, 2022). "The Callisto Protocol Review" Diarsipkan 2023-02-06 di Wayback Machine.. IGN. Retrieved December 2, 2022.
  42. ^ Prescott, Shaun (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review" Diarsipkan 2023-01-21 di Wayback Machine.. PC Gamer. Retrieved December 2, 2022.
  43. ^ Smith, Nat (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review – stop me if you've heard this one before" Diarsipkan 2023-01-26 di Wayback Machine.. PCGamesN. Retrieved December 2, 2022.
  44. ^ Crof, Liam (December 2, 2022). "Review: The Callisto Protocol (PS5) - Just Like Dead Space, for Better and Worse" Diarsipkan 2023-02-03 di Wayback Machine.. Push Square. Retrieved December 2, 2022.
  45. ^ Erskine, Donovan (December 1, 2022). "The Callisto Protocol review: 1,000 ways to die in space" Diarsipkan 2022-12-08 di Wayback Machine.. Shacknews. Retrieved December 2, 2022.
  46. ^ Wordsworth, Richard (December 5, 2022). "The Callisto Protocol review – a shotgun-blast from the past" Diarsipkan 2023-02-09 di Wayback Machine.. The Guardian. Retrieved December 6, 2022.
  47. ^ Dring, Christopher (December 2, 2022). "Review: The Callisto Protocol is a solid, but safe Dead Space successor" Diarsipkan 2022-12-08 di Wayback Machine.. Video Games Chronicle. Retrieved December 2, 2022.
  48. ^ Peppiatt, Dom (December 2, 2022). "The Callisto Protocol review: A dead frustrating space" Diarsipkan 2023-02-02 di Wayback Machine.. VG247. Retrieved December 2, 2022.
  49. ^ a b "PC Players Report The Callisto Protocol Is Plagued With Performance Issues". Kotaku. 2022-12-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-02. Diakses tanggal 2023-02-10. 
  50. ^ Linneman, John (2022-12-02). "The Callisto Protocol: Xbox Series versions have issues - and PC is almost unplayable". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-19. Diakses tanggal 2022-12-02. 
  51. ^ Zollner, Amelia (December 2, 2022). "Callisto Protocol Releasing Day One Patch to Address PC Stuttering Issues". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal 3 December 2022. 
  52. ^ Brown, Andy (December 2, 2022). "'The Callisto Protocol' launches to "mostly negative" Steam reviews due to performance woes". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-02. Diakses tanggal 3 December 2022. 
  53. ^ Allsop, Ken (December 3, 2022). "Callisto Protocol PC stutters improved in horror game update". PCGamesN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal 3 December 2022. 
  54. ^ Alex, Battaglia (December 8, 2022). "Callisto Protocol's PC patch tested: shader compilation stutter fixed, but issues remain". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-08. Diakses tanggal 9 December 2022. 
  55. ^ Yang, George (December 5, 2022). "The Callisto Protocol Performance Issues Were a "Damn Clerical Error" Per Studio CEO". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-05. Diakses tanggal 6 December 2022. 
  56. ^ Smith, Nat (2022-12-02). "The Callisto Protocol review – stop me if you've heard this one before". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-02. Diakses tanggal 2022-12-02. 
  57. ^ Dring, Christopher (December 4, 2022). "Did you know a new Need for Speed came out last week?". Gameindustry.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-05. Diakses tanggal December 6, 2022. 
  58. ^ "The Callisto Protocol reportedly hasn't met publisher sales expectations". Video Games Chronicle (dalam bahasa Inggris). 2023-01-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-15. Diakses tanggal 2023-01-15. 
  59. ^ "Krafton's share price falls as The Callistol Protocol fails to hit its sales target". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). 2023-01-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2023-01-17. 
  60. ^ Variety. Penske Media Corporation.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]