The Beast from the East

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Beast from the East
PengarangR. L. Stine
Perancang sampulTim Jacobus
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
SeriGoosebumps
GenreFiksi horor, Literatur anak
PenerbitScholastic
Tanggal terbit
May 1996
Jenis mediaPrint (Paperback)
Halaman118
ISBNISBN 0590568809
OCLC34521538
LCCCPB Box no. 2029 vol. 19
Didahului olehEgg Monsters from Mars 
Diikuti olehSay Cheese and Die - Again! 

The Beast from the East atau terjemahan Indonesianya Monster Dari Timur adalah buku keempatpuluh tiga dari seri Goosebumps oleh R.L. Stine.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pahlawan kita Ginger Wald sedang berkemah disebuah hutan bersama keluarganya. Setelah sampai di tempat kemah, Mr. Wald yang berbadan besar dan tinggi seperti seekor beruang menyuruh Ginger beserta kedua adiknya yang kembar, Pat dan Nat, untuk "tersesat" di hutan. Dan sayangnya, mereka benar-benar tersesat.

Saat sedang tersesat, Ginger menangkap beberapa keanehan di hutan itu. Saat berusaha mencari jalan, memungut sebuah kayu, yang kemudian meninggalkan warna merah yang tidak mau hilang ditangannya. Ia lalu menemukan beberapa spesies hewan yang aneh disana. Kemudian tanah mulai bergetar karena ada yang mendekat, Pat sempat mengira itu Mr. Wald, tetapi Ginger menyangkalnya karena walaupun ayah mereka seperti beruang, ia tidak akan membuat tanah bergetar kalau berjalan. Lalu muncullah sang Monster, yang menyukai permainan aneh dengan menepuk bahu kiri lawannya, dan yang ditepuk akan menjadi Monster dari Timur dan harus mengejar mereka. Kalau mereka kalah, mereka akan DIMAKAN!, kalau menang, mereka akan dibiarkan pergi.

Ginger sudah akan menolak permainan itu sebelum muncul monster-monster lain. Tidak punya pilihan, Ginger mengikuti permainan aneh itu bersama Nat, dan Pat menghilang karena kabur. Saat mencari monster itu, Ginger terpeleset dan memegang sebuah daun lebar, dan cairan biru keluar dari daun itu, membasahi tangan Ginger dan sekarang ada dua warna ditangan Ginger. Ginger mendapatkan informasi bahwa ia akan mendapatkan poin-poin jika punya warna ditangan, dibelit ular, digigit ular, dan jatuh kelubang. Setelah agak lama, Ginger berhasil menepuk salah satu dari mereka, Spork. Sekarang Spork adalah Monster dari Timur karena bahu kirinya sudah ditepuk oleh Ginger.

Ginger berusaha mati-matian untuk lolos dari Spork sampai matahari terbenam, karena kalau Spork tetap menjadi Monster dari Timur sampai matahari terbenam maka Ginger dan Nat akan selamat. Namun, karena suatu kesalahan Nat dibawa oleh monster itu dan dikerangkeng, meninggalkan Ginger sendirian, tetapi ternyata ia dikejutkan oleh Nat yang berhasil lolos. Tidak, itu Pat, bukan Nat. Ginger dan Pat bersembunyi sampai matahari terbenam agar Spork tetap menjadi Monster dari Timur. Setelah matahari tenggelam, dengan gembira Ginger keluar dari persembunyiannya dan berteriak, tetapi Spork langsung menepuk bahu kirinya dan Ginger kembali menjadi Monster dari Timur. Ginger protes karena matahari sudah tenggelam, tetapi Spork berdalih bahwa mereka harus menunggu seruan "Game Over" dulu, baru permainan selesai.

Malam harinya, Ginger dan Pat kemudian dijadikan bahan makanan untuk barbecue. Lalu, Nat muncul dan ia mengatakan bahwa ia keluar dari kerangkeng itu mudah saja, karena kayu-kayunya sudah lapuk, jadi ia tendang saja. Nat berusaha kabur, tetapi malah tertangkap juga bersama Ginger dan Pat. Saat akan dimasak, Spork menyadari bahwa Nat dan Pat kembar, dan menyangka mereka melakukan classic clone, padahal keduanya hanya kembar. Lalu Spork dan teman-temannya melepaskan Ginger, Nat dan Pat karena mereka mengira mereka pemain Monster dari Timur tingkat tiga, dan mereka baru tingkat satu. Saat Ginger dan adik-adiknya pergi, mereka dihadang oleh monster lain, Ginger menjelaskan bahwa mereka adalah pemain tingkat tiga, dan juga monster itu! Sekarang, monster itu menepuk bahu kiri Ginger dan permainan dimulai lagi. Jika disiang[ hari saja sudah begitu sulit bermain Monster dari Timur, bagaimana dimalam hari?

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Meskipun dikisahkan pergi bersama kedua orangtuanya, Mrs. Wald sama sekali tidak berbicara.
  • Nat membawa game console saat tersesat dihutan, tetapi game itu tidak pernah diceritakan lagi selanjutnya.

Tagline[sunting | sunting sumber]

  • Versi asli: "He's a real animal!"
  • Versi Indonesia: "Ganas tanpa ampun!"

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]