Goosebumps

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Goosebumps
Sebuah ilustrasi RL Stine dengan beberapa ciptaannya. Ilustrasi ini juga merupakan sampul otobiografi Stine, It Came from Ohio!.
Sebuah ilustrasi RL Stine dengan beberapa ciptaannya. Ilustrasi ini juga merupakan sampul otobiografi Stine, It Came from Ohio!.
Pengarang R. L. Stine
Perancang sampul Tim Jacobus
Craig White
Steve Scott
Brandon Dorman
Negara Canada
United States
Bahasa English
French
Genre Horror, thriller
Penerbit Scholastic Publishing
Tanggal rilis 1992
Jenis media Print (hardcover and paperback)
Audiobook

Goosebumps adalah nama buku novel horor remaja karangan R. L. Stine, yang juga sebelumnya telah memproduksi buku lainnya seperti Fear Street dan The Fear Street Saga. Buku Goosebumps ini sangat sukses di dunia, telah terjual lebih dari 300 juta eksemplar di seluruh dunia, melebihi penjualan Fear Street yang mencapai 220 juta eksemplar di seluruh dunia. Buku-buku Goosebumps sendiri telah dibuat menjadi beberapa sekuel, antara lain Goosebumps Series 2000, Give Yourself Goosebumps dan Goosebumps HorrorLand. Seri asli buku ini dimulai dari Volume satu yaitu Welcome to Dead House dan diakhiri dengan Volume 62 yaitu Monster Blood IV. Seri ini diterbitkan sekitar tahun 1992-1997.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ending[sunting | sunting sumber]

Buku Goosebumps sendiri memiliki karakteristik yang khas dari R. L. Stine, yaitu endingnya yang "twist" atau tidak bisa ditebak. Misalnya, di edisi My Hairiest Adventure, setelah mengalami berbagai petualangan, ternyata yang dilakukan si pemeran utama sia-sia karena ia tetap berubah menjadi seekor anjing. Atau seperti di edisi Night of the Living Dummy, di saat dua pemeran utama yang mempunyai dua boneka dummy telah menghancurkan salah satunya yang hidup, yang satunya lagi juga ternyata hidup. Namun, pada beberapa edisi seperti Piano Lessons Can Be Murder atau Why I'm Afraid of Bees, terdapat ending yang bahagia terhadap sang pemain. Bisa juga menjadi ending yang tidak terduga, seperti pada edisi The Ghost Next Door, gadis yang menyangka bahwa tetangganya yang baru pindah itu seorang hantu, ternyata gadis itu sendirilah yang hantu. Juga pada ending dari edisi pertama, Welcome to Dead House, di saat semua petualangan bersama zombie di rumah tersebut berakhir dan rumah pemeran utama pindah, datang sekeluarga baru yang akan menempati tempat itu, dan salah satu dari zombie tadi, menyambut mereka sebagai perantara penjual rumah tersebut.

Terbaik dan Terburuk[sunting | sunting sumber]

Situs bloggerbeware.com yang merupakan pembaca setia seri-seri Goosebumps mengurutkan 10 buku terbaik dan 10 buku terburuk dari Goosebumps. Di antaranya adalah[1] :

10 Buku Terbaik[sunting | sunting sumber]

  1. Stay Out of the Basement (#02)
  2. Welcome to Camp Nightmare (#09)
  3. The Ghost Next Door (#10)
  4. Be Careful What You Wish For... (#12)
  5. You Can't Scare Me! (#15)
  6. The Headless House (#37)
  7. Ghost Camp (#45)
  8. How I Learned to Fly (#52)
  9. The Haunted School (#59)
  10. Werewolf Skin (#60)

10 Buku Terburuk[sunting | sunting sumber]

  1. Chicken Chicken (#53} & Monster Blood IV (#62)
  2. Legend of the Lost Legend (#47)
  3. Attack of the Jack-o-Lanterns (#48)
  4. A Shocker on Shock Street (#35)
  5. Egg Monsters from Mars (#42)
  6. The Abominable Snowman of Pasadena (#38)
  7. Deep Trouble II (#58)
  8. Revenge of the Lawn Gnomes (#34)
  9. Say Cheese and Die--Again! (#44)
  10. My Best Friend Is Invisible (#57)


Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ http://www.bloggerbeware.com/2008/07/r-e-t-r-o-s-p-e-c-t-find-out-what-it.html