Pembalap penguji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Test driver)

Di dunia balap mobil, umumnya terdapat satu atau lebih pembalap penguji yang bekerja sama dengan mekanik untuk membantu mengembangkan kendaraan dengan menguji sistem-sistem baru di lintasan sirkuit.

Definisi secara spesifik[sunting | sunting sumber]

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Di arena Formula Satu, istilah pembalap ketiga digunakan untuk menyebut seorang pembalap penguji. Pembalap ketiga ini tidak ikut berkompetisi dalam Grand Prix, tetapi digunakan oleh tim untuk membantu pembalap utama dan insinyur dalam pengembangan mobil.

Pembalap ketiga hanya dapat digunakan dalam sesi latihan hari Jumat selama acara Grand Prix Formula Satu, menggantikan salah satu dari dua pembalap utama tim tersebut.[1] Dengan pengujian selama musim yang saat ini sangat dibatasi dalam Formula Satu, ini dapat menjadi kesempatan untuk memberi peluang kepada pembalap baru atau lebih muda untuk menguji mobil. Tim juga terkadang menggunakan pembalap ketiga untuk alasan publisitas, kadang-kadang dengan memasang pembalap lokal. Namun, karena peluang ini mengorbankan waktu latihan dan kesempatan untuk mengatur mobil untuk salah satu pembalap utama, nilai bagi tim harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Pada Formula Satu musim 2003, aturan baru tentang pembalap ketiga diperkenalkan, yang memungkinkan tim yang finis di bawah empat besar dalam Kejuaraan Konstruktor Dunia musim sebelumnya untuk menjalankan mobil dan pembalap ketiga selama sesi Latihan Jumat. Renault memilih untuk memanfaatkan aturan baru ini dan kemudian mengalami musim yang sukses. Demikian pula, pada Formula Satu musim 2004, tim BAR menjalankan pembalap ketiga Anthony Davidson dan finis di posisi kedua dalam Kejuaraan Dunia Konstruktor. Pada Formula Satu musim 2005, McLaren menjalankan pembalap ketiga dan juga mengalami musim yang sukses. Namun demikian, tidak semua tim memilih untuk memanfaatkan aturan pembalap ketiga, dengan beberapa tim mengatakan bahwa menjalankan mobil ketiga pada hari Jumat terlalu mahal.

Mulai musim 2007, peraturan diubah menjadi bentuk saat ini, sehingga meskipun tim bisa menjalankan pembalap ketiga selama latihan hari Jumat, mereka tidak lagi diizinkan menyediakan mobil ketiga khusus untuk mereka. Akibatnya, sebagian besar tim memilih untuk tidak menjalankan pembalap ketiga agar pembalap utama memiliki waktu latihan maksimal.

Pembalap ketiga masih kadang-kadang digunakan, terutama Sebastian Vettel yang mengendarai untuk tim BMW Sauber pada hari Jumat di awal musim 2007, pembalap asal Skotlandia Paul di Resta mengikuti delapan sesi latihan hari Jumat untuk Force India selama musim 2010. Juga, dalam beberapa kesempatan, pembalap ketiga bertindak sebagai cadangan, balapan jika salah satu dari dua pembalap utama tim mengalami cedera atau tidak dapat berlomba, seperti dalam kasus di Resta saat Grand Prix Hungaria 2017, di mana dia menggantikan Felipe Massa yang sakit selama latihan bebas.[2]

IROC[sunting | sunting sumber]

Pada acara International Race of Champions (IROC), mantan pembalap NASCAR seperti Dave Marcis, Dick Trickle, dan Jim Sauter dipekerjakan sebagai pembalap uji untuk menyiapkan pengaturan mobil-mobil yang berkompetisi dalam seri IROC.[3]

NASCAR[sunting | sunting sumber]

Dalam NASCAR, uji coba berkaitan terutama dengan "Mobil Penelitian dan Pengembangan". Sebuah tim mungkin akan menyewa seorang pembalap dan mengikutsertakannya dalam balapan untuk mengumpulkan lebih banyak data. Tim-tim NASCAR jarang memiliki pembalap uji khusus dalam staf mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Latest News". 
  2. ^ "Sky F1's Paul di Resta replaces unwell Felipe Massa at Hungarian GP". skysports.com. Diakses tanggal 29 July 2017. 
  3. ^ Haglunch, Bill (October 27, 2013). "Haglund Column: Passing of the legendary Dick Trickl". Ames Tribune. Diakses tanggal May 20, 2013.