Tempat wisata di Dubai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dubai (/dˈb/ doo-BY; Bahasa Arab: دبيّ Dubayy, IPA: [dʊˈbæj]) adalah kota terpadat dan emirat di Uni Emirat Arab (UEA), dan emirat terbesar kedua menurut ukuran teritorial setelah ibu kota, Abu Dhabi.[1]

Terletak di pantai tenggara Teluk Persia dan salah satu dari tujuh emirat yang membentuk negara. Abu Dhabi dan Dubai adalah dua emirat yang memiliki hak veto atas kepentingan nasional di legislatif negara. Kota Dubai terletak di garis pantai utara emirat dan mengarah ke atas area metropolitan Dubai-Sharjah-Ajman.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ekonomi Dubai bergantung pada banyak bagian dari "negara", salah satu yang paling penting adalah pariwisata, pada tahun 2014 ada total 70,475,636 penumpang bepergian melalui Bandara Dubai.[2] Untuk mempertahankan posisi penting ini dalam industri pariwisata mereka telah dikenal untuk membuat tempat-tempat wisata besar dan mengesankan.

Burj Khalifa[sunting | sunting sumber]

Burj Khalifa (Bahasa Arab: برج خليفة,Menara "Khalifa ", diucapkan bahasa Inggris: /ˈbɜːr kəˈlfə/), lebih dikenal sebagai Burj Dubai sebelum pembukaan, adalah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab. Ini adalah struktur artifisial tertinggi di dunia, berdiri pada ketinggian 829,8 m (2,722 kaki). [4].[3]

The Dubai Fountain[sunting | sunting sumber]

Air Mancur Dubai adalah sistem air mancur koreografi terbesar di dunia yang dibangun di atas Danau buatan Burj Khalifa seluas 30 hektar, di pusat pengembangan Downtown Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab. Dirancang oleh WET Design, perusahaan berbasis di California yang bertanggung jawab atas air mancur di Bellagio Hotel Lake di Las Vegas. Diterangi oleh 6.600 lampu dan 25 proyektor berwarna, panjangnya 275 m (902 kaki) dan menembakkan air hingga 500 kaki (152,4 m) ke udara disertai dengan berbagai musik klasik hingga kontemporer Arab dan dunia . [5] Dibangun dengan biaya AED 800 juta (USD $ 218 juta).

Dubai Aquarium[sunting | sunting sumber]

Dubai Aquarium adalah salah satu aquarium terbesar di dunia. Aquarium ini memiliki banyak spesies akuatik. Juga, jumlah spesies yang terancam punah telah dilestarikan di habitat alam di aquarium ini.

Wild Wadi Water Park[sunting | sunting sumber]

Wild Wadi Water Park adalah taman air outdoor di Dubai, Uni Emirat Arab. Terletak di area Jumeirah, di samping Burj Al Arab dan Jumeirah Beach Hotel, Taman air ini dioperasikan oleh Jumeirah International, sebuah perusahaan perhotelan berbasis di Dubai. Wild Wadi memiliki kolam ombak yang dipanaskan/didinginkan, beberapa perosotan air dan dua mesin selancar artifisial. Sebagai tambahan, taman ini memiliki perosotan terbesar diluar Amerika Utara, tapi baru saja dibongkar untuk membangun lahan untuk dua wahana lain. Fitur lain dari taman ini adalah air terjun 18 m (59 kaki) yang dioperasikan setiap sepuluh menit.

Taman air juga mempunyai dua toko cinderamata, tiga restoran dan dua stan snack.

Dubai International Financial Centre[sunting | sunting sumber]

Dubai International Financial Centre (DIFC) adalah zona bebas financial federal yang terletak di Emirat Dubai, Uni Emirat Arab. DIFC didirikan oleh UAE Federal Decree No. 35 of 2004, UAE Federal Law No.8 of 2004, Dubai Law No.12 of 2004. DIFC menempati territori fisik sekitar 110 hektar. Mempunyai sistem legal dan pengadilan berbeda dari UEA lebih luas, dengan yurisdiksi atas masalah hukum perusahaan, komersial, sipil, pekerjaan, perwalian dan sekuritas.

DIFC bertujuan untuk menyediakan platform bagi lembaga bisnis dan keuangan untuk menjangkau dan keluar dari pasar negara berkembang.Didirikan untuk membuat lingkungan untuk perkembangan, kemajuan dan pengembangan ekonomi di UEA dan wilayah lebih luas dengan menyediakan kebutuhan legal dan bisnis juga infrastruktur fisik mengacu pada standar internasional.

Menara Jam Deira[sunting | sunting sumber]

Menara Jam Deira (Bahasa Arab: دوار الساعة ديرة), pada awalnya disebut sebagai menara jam Dubai,adalah bundaran di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menara jam yang terletak di timur Dubai di Deira, di persimpangan Jalan Umm Hurrair dan rute D 89 (Jalan Al Maktoum ). Terletak di wilayah Al Rigga, menara jam Deira, sekarang sebuah monumen menonjol di Deira, menyediakan akses ke Jembatan Al Maktoum, penyeberangan tanah pertama yang dibangun antara Deira dan Bur Dubai . Menara jam Dubai,dirancang oleh Arsitek Ziki Homsi,[4][5][6] sebuah rekan di kantor Architecture Design Construction (ADC). ADC juga adalah pembangun menara jam pada tahun 1965. Menara jam ini didirikan sebagai simbol dari Dubai dan terletak di Deira karena rute utama ke Dubai berkumpul sebelum membangun Jalan Dubai - Abu Dhabi .Surat kabar Telegraph memasukkan Menara Jam Dubai di antara 17 menara jam paling indah di seluruh dunia.[7]

Palm Islands[sunting | sunting sumber]

Palm Islands adalah dua pulau buatan, Palm Jumeirah dan Palm Jebel Ali, di pantai Dubai, Uni Emirat Arab. Per November 2014, hanya Palm Jumeirah telah selesai dibangun. Pulau ini mengambil bentuk dari pohon palem, dilengkapi dengan bulan sabit. Ketika selesai, Palm Jebel Ali akan mengambil bentuk serupa, kedua pulau akan menjadi tuan rumah bagi sejumlah besar pusat perumahan, rekreasi dan hiburan dan akan menambah total 520 kilometer pantai non-publik ke kota Dubai.

Dubai Gold Souk[sunting | sunting sumber]

Dubai Gold Souk atau Gold Souk (Bahasa Arab: سوق الذهب), adalah pasar tradisional(atau souk) di Dubai, Uni Emirat Arab. Pasar ini terletak di jantung distrik bisnis komersial Dubai, Deira, daerah Al Dhagaya. Pasar ini terdiri lebih dari 300 retailer yang dagang secara eksklusif di perhiasan.[8] Retailer di pasar ini termasuk toko mapan seperti Damas, ARY Jewellery, Shyam Jewellery and Joy Alukkas dan juga toko kecil yang hanya beroperasi di souk emas. Dengan beberapa perkiraan, sekitar 10 ton emas hadir pada waktu tertentu di souk. Berbatasan dengan utara oleh Pasar Ikan dan Sayuran Dubai dan Deira Corniche dekat Baniyas Square di Sikkat al-Khali Street yang dari jarak jalan kaki dari Deira Bus Stand. Dubai Gold Souk bisa dicapai dengan mengambil Dubai Metro ke Al Ghubaiba dan Abra (perahu) reguler dari dekat Bur Dubai di seberang sungai. Dubai Gold Souk hanya jalan 5 menit dari Old Souk marine station.[9]

Dubai Museum[sunting | sunting sumber]

Museum Dubai (Bahasa Arab: متحف دبي) adalah museum utama di Dubai, uni Emirat Arab. Terletak di Benteng Al Fahidi ( Bahasa Arab: حصن الفهيدي), dibangun pada tahun 1787 dan merupakan bangunan tertua yang ada di Dubai.

Museum ini dibuka oleh Raja Dubai pada tahun 1971, dengan tujuan melestarikan gaya hidup tradisional di Emirat Dubai. Termasuk barang antik lokal serta artifak dari negara Afrika dan Asia yang berdagang dengan Dubai. Juga termasuk beberapa diorama menunjukkan kehidupan di emirat sebelum adanya minyak, sebagai tambahan artifak dari penemuan terbaru setua 3000 B.C.

Di 2007, Museum Dubai disambut 1,800 pengunjung harian, dengan total tahunan 611,840. Pada Maret 2008 Museum mempunyai 80,000 pengunjung. Jam-jam terkenal adalah dari Agustus ke April. Pada tahun 2013, Museum menerima lebih dari 1 juta pengunjung .

Dubai Creek[sunting | sunting sumber]

Dubai Creek adalah sungai kecil air tawar di Dubai, Uni Emirat Arab(UEA). Berakhir di Ras Al Khor Wildlife Sancturary. Beberapa sumber mengatakan bahwa sungai kecil diperpanjang sejauh Al Ain, dan orang Yunani Kuno memanggil itu Sungai Zara. Secara historis, sungai kecil membagi kota menjadi dua bagian- Deira dan Bur Dubai. Di sepanjang sungai kecil Bur Dubai bahwa anggota suku Bani Yas pertama menempati pada abad ke-19, mendirikan dinasti Al Maktoum di kota. Pada awal abad ke-20, sungai kecil, walaupun tidak bisa membantu transportasi skala besar, berfungsi sebagai pelabuhan kecil untuk dhow yang datang sejauh India atau Afrika Timur. Meskipun menghambat masuknya kapal karena aliran arus, sungai tetap menjadi elemen penting dalam membangun posisi komersial Dubai, menjadi satu-satunya pelabuhan atau pelabuhan di kota. [21] Industri mutiara Dubai, yang membentuk sektor utama ekonomi kota, didasarkan terutama pada ekspedisi di sungai, sebelum penemuan mutiara berbudaya pada 1930-an

Distrik Bastakiya[sunting | sunting sumber]

Area ini dikenal sebagai Al Fahidi Neighbourhood atau Dubai tua. Pembangunan dari Al Bastakiya sejak dari 1890an. Dalam masa kejayaanya, daerah tersebut mampu mendukung 60 unit rumah, yang sebagian besar dipisahkan oleh jalur sempit dan berliku.

Meydan Racecourse[sunting | sunting sumber]

Meydan Racecourse adalah fasilitas balap kuda yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Dibuka pada tanggal 27 Maret 2010, menggantikan Arena Balap Nad Al Sheba, yang sebelumnya menempati situs yang sama. Dapat menampung lebih dari 60.000 penonton di tribun 1 mil. Ketika tidak digunakan untuk balapan, itu akan berfungsi sebagai fasilitas bisnis dan konferensi terintegrasi. Museum dan galeri balap kuda juga direncanakan. Pengembangan ini juga mencakup lapangan golf sembilan lubang. Arena Pacuan Kuda Meydan seluas 7,5 juta m² mencakup Meydan Marina, The Meydan - hotel sisi-trek bintang lima pertama di dunia dengan 285 kamar, dua lintasan balap dan Grandstand, terdiri dari sebuah hotel, restoran, museum balap, dan 72 suite perusahaan untuk menghibur sepanjang tahun. Memiliki jalur balap rumput tangan kiri 2.400 meter dan lapangan tanah sintetis Tapeta 8,75-furlong (1.750 meter). Beroperasi dari November hingga Maret dan menampilkan Tantangan Balap Musim Dingin, Karnaval Balap Internasional Dubai dan Piala Dunia Malam Dubai. Piala Dunia Dubai adalah hari balapan terkaya di dunia dengan hadiah uang lebih dari US $ 26,25 juta.

Distrik Racecourse menempati 67 juta kaki persegi (620 ha); namun keseluruhan pengembangan Kota Meydan adalah 200 juta kaki persegi (1.900 ha). Dibagi menjadi empat kecamatan: Arena Balap Meydan, Meydan Metropolis, Meydan Horizons, dan Taman Meydan Godolphin. Meydan berafiliasi erat dengan Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, dan Penguasa Dubai.

Ski Dubai[sunting | sunting sumber]

Ski Dubai [25] adalah resor ski indoor dengan area ski indoor 22.500 meter persegi. [26] adalah bagian dari Mall of the Emirates, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Dikembangkan oleh Majid Al Futtaim Properties, yang juga mengoperasikan Mall of the Emirates.

Dibuka pada bulan November 2005, resor dalam ruangan ini memiliki gunung dalam ruangan setinggi 85 meter dengan 5 lereng dengan berbagai kecuraman dan kesulitan, termasuk lari sepanjang 400 meter, lari hitam dalam ruangan pertama di dunia, dan berbagai fitur (kotak, rel, kickers) yang diubah secara teratur. Lift quad dan lift derek membawa pemain ski dan snowboarder ke atas gunung. Berdampingan dengan lereng adalah area bermain Taman Salju seluas 3.000 meter persegi yang terdiri dari kereta luncur dan kereta luncur salju, seluncuran es, menara panjat, bola salju raksasa, dan gua es.

Ski Dubai juga menampung sejumlah penguin yang dikeluarkan dari kandangnya beberapa kali sehari. Pertemuan penguin dapat dipesan, memungkinkan publik untuk berinteraksi langsung dengan penguin. Pakaian musim dingin, peralatan ski dan snowboard sudah termasuk dalam harga tiket masuk. [27] Sistem insulasi yang sangat efisien membantu fasilitas mempertahankan suhu -4 °C (30 °F) di siang hari dan -6 °C (21 °F) di malam hari ketika salju diproduksi.

Dubai Marina[sunting | sunting sumber]

Dubai Marina (Bahasa Arab: مرسى دبي) adalah sebuah distrik di Dubai, Uni Emirat Arab. Marina Dubai adalah kota kanal buatan, dibangun di sepanjang garis pantai Teluk Persia sepanjang dua mil(3 km). [28] Ketika seluruh pengembangan selesai, akan menampung lebih dari 120.000 orang di menara dan villa perumahan. [29] Terletak di Interchange 5 antara Jebel Ali Port dan daerah yang menampung Dubai Internet City, Dubai Media City, dan Universitas Amerika di Dubai. Fase pertama dari proyek ini telah selesai. Dubai Marina terinspirasi oleh pengembangan Concord Pacific Place di sepanjang False Creek di Vancouver, BC, Kanada. [30]

Global Village[sunting | sunting sumber]

Global Village diklaim sebagai proyek pariwisata, rekreasi, dan hiburan terbesar di dunia. Ini adalah tujuan budaya, hiburan, keluarga dan belanja pertama di kawasan ini. Setiap tahun, memiliki lebih dari 5 juta pengunjung di area seluas 17.200.000 kaki persegi (1.600.000 m2). [31] Terletak di Sheikh Mohammed Bin Zayed Road (E 311); Keluar 37. [32]

World Islands[sunting | sunting sumber]

The World adalah kepulauan buatan dari berbagai kepulauan kecil dibangun dalam bentuk peta dunia, terletak di perairan Teluk Persia, 4.0 kilometer(2.5 mil) dari pantai Dubai, Uni Emirat Arab. The World islands terdiri dari pasir dikeruk dari perairan dangkal Dubai, dan salah satu dari sebagian pengembangan pulau buatan di Dubai.

Madinat Jumeirah[sunting | sunting sumber]

Madinat Jumeirah adalah resor bintang 5 menyebar lebih dari 40 hektar lanskap dan kebun. Dirancang merupai kota tradisional Arab. Resor ini terdiri dari dua hotel butik (Al Qasr dan Mina A'Salam) dan sebuah halaman gedung dari 29 rumah musim panas yang disebut Dar Al Masyaf.

Resor ini memiliki lebih dari 40 restoran dan bar.

Hotel[sunting | sunting sumber]

Karena banyak orang di Dubai adalah wisatawan dan bukan penghuni permanen, ada banyak hotel menarik yang dibangun untuk menampung penghuni sementara ini. Beberapa di antaranya telah menjadi simbol ikon dari emirat, seperti Burj Al Arab. Burj Al Arab berdiri pada ketinggian 321 m (1.050 kaki), adalah bangunan tertinggi kedua di dunia yang digunakan secara eksklusif sebagai hotel. Telah menjadi simbol Dubai yang dirancang secara arsitektur untuk membuat karikatur layar perahu. Dibangun di atas pulau buatan manusia dan terhubung ke daratan oleh sebuah jembatan. Banyak restoran dan suite mahal di hotel ini membuatnya sesuai dengan labelnya, "Satu-satunya properti bintang tujuh di dunia".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Pariwisata di Dubai
  • Daftar tempat wisata di Dubai

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "United Arab Emirates: metropolitan areas". World-gazetteer.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 August 2009. Diakses tanggal 31 July 2009. 
  2. ^
    "Dubai Pada Angka", go-gulf.ae, 25 Maret 2015. Diakses pada tanggal 25 Maret 2015
  3. ^ "Visit the Burj Khalifa -- The Tallest Building in the World". burjkhalifa.ae. 
  4. ^ "برج الساعة في دبي بين الأجمل في العالم". elaph.com. 
  5. ^
  6. ^
  7. ^ "17 of the world's most beautiful clock towers". Telegraph.co.uk. 22 August 2014. 
  8. ^ "Gold Souk in Dubai | Best Tours | Timing, Shops, Information". www.vjcyber.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-08. 
  9. ^ "Dubai Gold Market (Gold Souk)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-08. Diakses tanggal 2019-01-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]