Tembakan dini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tembakan dini terjadi ketika selongsong habis segera setelah mencapai ruangan, alih-alih bertahan di dalam bilik untuk menerima dampak pin penembakan saat pelatuk ditarik.


Tembakan dini adalah pelepasan senjata api yang terjadi saat selongsong peluru dimasukkan ke dalam bilik. Beberapa senjata api dirancang untuk menembak dini, tetapi istilah ini juga menggambarkan kegagalan fungsi senjata api yang dapat memuat sendiri . Penembak yang terbiasa dengan senjata api yang memerlukan aktivasi pelatuk untuk melepaskan diri mungkin tidak siap untuk melepaskan tembakan keras.

Beberapa senjata api militer dirancang untuk ditembakkan dari kondisi baut terbuka untuk menghindari pelepasan yang tidak disengaja dari selongsong yang disimpan dalam laras senapan yang dipanaskan dengan menembakkan selongsong sebelumnya. Mengaktifkan pelatuk senjata api tersebut akan melepaskan baut pegas untuk bergerak maju melepaskan selongsong dari magasin ke dalam bilik. Pin penembakan berdampak pada primer saat selongsong ditempatkan, dan energi yang dilepaskan oleh pengosongan selongsong yang mengembalikan baut ke posisi terbuka sambil mengeluarkan kotak kosong. [1]

Tembakan dini tak disengaja[sunting | sunting sumber]

Senjata api swamuat lebih konvensional memulai siklus ini dengan selongsong peluru yang sudah ada di dalam bilik dan menunggu aktivasi pelatuk agar pin penembakan dapat mengenai primer, menyebabkan pelepasan dan memasukkan selongsong peluru lain ke dalam bilik. Selongsong pertama harus diisi dari magasin dengan menariknya ke belakang secara manual dan kemudian melepaskan baut pegas untuk mengisi ruang selongsong; dan tembakan dini yang tidak disengaja dapat terjadi jika pin penembakan mengaktifkan primer saat selongsong pertama dimasukkan. Tembakan dini yang tidak disengaja juga dapat terjadi selama proses pemuatan mandiri yang normal setelah pelepasan yang dimaksudkan.

Kontrol pergerakan pin penembakan adalah perbedaan penting antara pelepasan selongsong saat baut menutup, atau pelepasan saat pelatuk ditarik. Senjata api yang dirancang untuk dilepaskan saat bautnya menutup mungkin memiliki pin tembak tetap atau pin tembak yang bergerak maju secara inersia saat gerakan maju baut berhenti ketika selongsong terisi penuh, sedangkan senjata api yang lebih konvensional dirancang untuk mencegah pin tembak mengenai benturan. primer sampai pelatuknya ditarik. Beberapa tembakan dini yang tidak disengaja disebabkan oleh malfungsi pin penembakan, sementara yang lain mungkin disebabkan oleh selongsong yang rusak dengan posisi primer yang tidak tepat atau sensitif yang tidak terduga.

Tembakan dini disengaja[sunting | sunting sumber]

Senapan pipa menggunakan laras senapan mengambang bebas dengan selongsong berbingkai (biasanya peluru senapan gentel ) dimasukkan ke dalam sungsang, meluncur di dalam pipa yang berfungsi sebagai penerima berbentuk tabung dengan pin tembak tetap di belakang. Tidak diperlukan pemicu atau penguncian, karena laras yang dimuat cukup dimasukkan ke dalam pipa dan dibanting ke belakang untuk menembak.[2] Beberapa menggunakan majalah improvisasi yang bisa dilepas.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Melvin M. (1944). Rifles and Machine Guns. New York: William Morrow and Company. hlm. 352–357. 
  2. ^ "Homemade 12 Gauge Slamfire Guns!!!". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-16. Diakses tanggal 2016-09-26. 
  3. ^ Gordon Dahle (November 10, 2023). "Homemade Slam-Fire Shotgun with Detachable Magazine". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 25, 2023.