Senapan suar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Senapan suar 12 gauge tembakan tunggal, bermuatan sungsang, merek Orion. Desainnya khas dari senjata suar yang tersedia secara komersial, dengan casing merah dengan visibilitas tinggi.
Patel Gun
Senapan suar 26,5/25mm tembakan tunggal yang diproduksi oleh Patel Ballistics. Senjata ini memiliki kaliber yang berbeda dari pistol suar Orion.

Senapan suar, juga dikenal sebagai senapan sinyal atau pistol sinyal, adalah senjata api tangan berbobot besar yang mengeluarkan suar, blanko, dan asap. Senapan suar biasanya digunakan untuk menghasilkan sinyal marabahaya .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Jenis senapan suar yang paling umum adalah Very (terkadang dieja Verey), [1] yang dinamai Edward Wilson Very (1847–1910), seorang perwira angkatan laut Amerika yang mengembangkan dan mempopulerkan senjata berhidung pesek dengan muatan sungsang satu tembakan. pistol yang menembakkan suar (Sangat ringan).[2] Mereka memiliki mekanisme pemicu aksi tunggal, aksi palu, dan pin api tengah.[3] Varietas modern sering kali dibuat dari plastik tahan lama dengan warna cerah yang membuatnya lebih mencolok dan lebih mudah diambil dalam keadaan darurat serta membantu membedakannya dari senjata api konvensional.

Senapan Very, tipikal jenis yang digunakan pada Perang Dunia Kedua, berukuran satu inci[tidak konsisten] lubang (26,5mm), sekarang dikenal sebagai "Kalibre 4" untuk pistol sinyal. [4] Ini masih tersedia dan model laras panjang yang lebih baru juga dapat menembakkan suar parasut. Banyak model baru yang menembakkan suar 12 kaliber yang lebih kecil. </link>[ kutipan diperlukan ] Di negara-negara di mana kepemilikan senjata api dikontrol dengan ketat, seperti Inggris Raya, penggunaan senapan Very sebagai peralatan darurat di kapal kurang umum dibandingkan, misalnya, Amerika Serikat . Di lokasi seperti itu, marabahaya lebih sering terjadi dari perangkat tabung tembakan tunggal yang kemudian dibuang setelah digunakan. Perangkat ini ditembakkan dengan memutar atau memukul bantalan di salah satu ujungnya, namun isinya mirip dengan peluru dari senapan suar, meskipun suarnya sendiri jauh lebih besar dan dapat menyala lebih terang lebih lama. </link>[ kutipan diperlukan ] Di Federasi Rusia, yang juga memiliki kontrol ketat terhadap senjata api, tersedia alat peluncur suar berbentuk tabung khusus yang disebut "Sinyal Pemburu" (Сигнал Охотника). Ini dapat digunakan kembali tetapi sengaja dirancang sedemikian rupa untuk menghindari kemiripan dengan pistol.

Senapan suar dapat digunakan kapan pun seseorang perlu mengirimkan sinyal bahaya . Suar harus ditembakkan tepat di atas, sehingga sinyalnya terlihat lebih lama dan menunjukkan posisi siapa pun yang membutuhkan bantuan. Ada empat kaliber suar yang berbeda: 12-gauge (18,53mm), 25mm, 26,5mm, dan 37mm – tiga yang pertama adalah yang paling populer di kalangan pelaut.

Sebagai senjata[sunting | sunting sumber]

Senapan suar dapat digunakan sebagai senjata pembakar yang efektif untuk menghancurkan material yang mudah terbakar, atau dalam peran anti-personil.[5] [6] [7]

Mortir saku[sunting | sunting sumber]

Pada Perang Dunia II, Jerman memproduksi granat yang dirancang untuk ditembakkan dari senjata suar teradaptasi yang dikenal sebagai Kampfpistole, atau Sturmpistole dalam bentuk akhirnya. Granat fragmentasi dan anti-tank juga diproduksi, tetapi penggunaan granat anti-tank kemungkinan terbatas terhadap kendaraan lapis baja pada akhir perang.[8]

Soviet mengembangkan mortir saku Baranov pada tahun 1943, yang menembakkan peluru seberat 175g dengan bahan peledak 8g hingga jarak 200-350m (juga diusulkan untuk ditingkatkan menjadi 600-700m).[9] Perkembangan selanjutnya adalah PSA/PSA-1/ASP, salinan pistol suar M8 keluaran AS. Ini menembakkan granat eksperimental yang 40% lebih kuat dibandingkan yang digunakan dengan Kampfpistole.

Kit konversi[sunting | sunting sumber]

Kit konversi tersedia untuk mengubah senjata suar agar dapat menerima amunisi konvensional dengan menggunakan sisipan laras. Ada juga sisipan peluru ukuran 12 yang dimaksudkan untuk memungkinkan penggunaan amunisi senapan atau pistol pada senapan peluru ukuran 12 konvensional. Penggunaan salah satu perangkat ini pada pistol suar ukuran 12 plastik Orion tidak direkomendasikan oleh pabrikan dan pengujian ATF telah menunjukkan bahwa terkadang sekali penggunaan dapat mengakibatkan kegagalan yang sangat besar. Di Amerika Serikat, jika perangkat konversi ini digunakan pada senjata suar logam, senjata yang dikonversi tersebut dianggap sebagai senjata api oleh ATF. Jika sisipan laras senapan digunakan, senjata api yang dikonversi diklasifikasikan sebagai pistol; jika sisipan laras lubang halus digunakan, senjata api yang dikonversi diklasifikasikan sebagai AOW dengan tunduk pada persyaratan tambahan NFA . Selongsong suar bertekanan rendah dibandingkan dengan amunisi konvensional dan bahkan senjata suar logam tidak dirancang atau dimaksudkan untuk digunakan dengan amunisi konvensional. Konversi senjata suar menjadi amunisi konvensional juga mungkin dibatasi oleh undang-undang senjata api improvisasi setempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chambers 21st Century Dictionary (revised ed.). New Delhi: Allied Publishers (P) Ltd. 2005. hlm. 1578. ISBN 81-86062-26-2. 
  2. ^ McLain, Joseph Howard (1980). Pyrotechnics: from the viewpoint of solid state chemistry. Franklin Institute Press. hlm. 87. ISBN 9780891680321. Diakses tanggal 4 January 2018 – via Google Books. Another historically famous flare, still in use, is the Very light, invented by a U.S. naval officer, Edward W. Very (1874–1910). It is white or colored and is fired from a special pistol. 
  3. ^ Julio S. Guzmán, Las Armas Modernas de Infantería, Abril de 1953
  4. ^ "Signal Pistol and Cartridges". Paines Wessex. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-16. Diakses tanggal 2016-07-28. 
  5. ^ Cutlack, F. M. (1941). "Official History of Australia in the War of 1914–1918". The Australian Flying Corps in the Western and Eastern Theatres of War, 1914–1918 (edisi ke-11th online). Canberra, ACT: Australian War Memorial. hlm. 168–169. 
  6. ^ Falls, Cyril (1930). Military Operations Egypt & Palestine from June 1917 to the End of the War. Official History of the Great War Based on Official Documents by Direction of the Historical Section of the Committee of Imperial Defence. II. Part II. London: HMSO. hlm. 466. OCLC 256950972. 
  7. ^ "Pembrey Airport: History". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-22. Diakses tanggal 2008-11-09. 
  8. ^ "Kampfpistole". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-10-21. Diakses tanggal 2023-10-21. 
  9. ^ https://www.tankarchives.ca/2018/07/personal-artillery-for-downed-pilot.html