Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang ATF.

Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak, atau Bureau of Alcohol, Tobacco, Firearms and Explosives (disingkat ATF, kadang-kadang BATF atau BATFE) adalah sebuah dinas federal Amerika Serikat, yakni sebuah organisasi penegak hukum khusus di bawah Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Tanggung-jawabnya termasuk menyelidiki dan mencegah tidak pelanggaran hukum federal yang terkait dengan penggunaan, pembuatan dan kepemilikan senjata api dan bahan peledak ilegal, tindakan kriminal membakar dan meledakkan sesuatu, serta penyelundupan produk-produk alkohol dan tembakau (rokok, cerutu, dan sebagainya) ilegal.

ATF juga mengatur, lewat jalur lisensi, penjualan, kepemilikan, dan transportasi senjata api, amunisi dan bahan peledak dalam perdagangan domestik. Banyak aktivitas ATF berhubungan dengan badan khusus yang beranggotakan petugas penegak hukum lokal maupuan negara bagian, seperti Project Safe Neighborhoods. ATF mengoperasikan satu-satunya laboratorium penelitian mengenai kebakaran di Amerika Serikat, yakni di Ammendale, Maryland, dimana rekonstruksi tindak kriminal membakar bisa dibuat dalam skala sesungguhnya.

Saat ini ATF dipimpin oleh Michael J. Sullivan dan wakilnya Ronnie A. Carter. ATF memiliki sekitar 5000 orang pegawai dan budget sebesar hampir US$ 1 miliar (atau sekitar Rp. 9,5 trilyun).

Direktur-Direktur[sunting | sunting sumber]

Daftar direktur ATF terbaru:[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "United States Government". World Statesmen.org. Ben Cahoon. Diakses 2009-04-30.