Senapan pegas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Senapan pegas atau senjata pegas sering kali berupa senapan, yang dipasang untuk menembak ketika senar atau alat pemicu lainnya tersandung melalui kontak dengan kekuatan yang cukup untuk "meluncurkan" pelatuknya sehingga siapa pun yang tersandung atau menginjaknya akan melakukannya. melepaskan pistolnya. Memasang atau memelihara senapan pegas adalah tindakan ilegal di banyak tempat.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Senapan pegas dulunya digunakan sebagai jebakan terhadap pemburu liar dan pelanggar . Sejak tahun 1827, senapan pegas dan semua jebakan manusia telah dilarang di Inggris. Senapan pegas terkadang digunakan untuk menjebak hewan . [1] Meskipun hanya ada sedikit kasus penggunaan yang dilaporkan, ada beberapa kasus yang belum dikonfirmasi selama abad ke-20.

Pada abad ke-18, senjata pegas sering digunakan untuk melindungi kuburan, menawarkan semacam sistem alarm untuk melindungi jenazah yang baru dikuburkan, yang sering kali dicuri oleh perampok kuburan yang memasok mayat kepada ahli anatomi.

Senjata pegas sering kali dipasang untuk melindungi properti. Untuk tujuan ini, senjata pegas sering ditempatkan di koridor sibuk seperti di dekat pintu. Pelanggar yang membuka pintu sepenuhnya akan ditembak. Warga yang mengetahui jebakan tersebut menggunakan pintu lain atau membuka pintu setengah dan melepaskan senar trip. Untuk mengurangi korban jiwa dengan menggunakan perangkap ini, sering kali digunakan kaliber yang tidak mematikan, atau senjata pegas dipasang untuk menembakkan amunisi nirbahaya .

Misalnya, di Amerika Serikat, sebagian besar senjata pegas diisi dengan kaliber atau tembakan yang tidak mematikan untuk menghindari tanggung jawab yang timbul dari penggunaan kekuatan mematikan dalam melindungi kepentingan properti. Memasang tanda-tanda peringatan yang jelas dan tidak salah lagi serta mempersulit orang yang tidak bersalah untuk masuk ke tempat yang dijaga oleh senjata pegas, seperti tembok tinggi, pagar, dan penghalang alam, merupakan cara yang signifikan untuk mengurangi potensi tanggung jawab perbuatan melawan hukum yang timbul dari melukai orang yang ceroboh atau tidak berdaya dengan senjata pegas. penyusup kriminal. Tuntutan hukum penting AS mengenai pelanggar yang terluka oleh senjata pegas termasuk Katko v. Briney . Bird v. Holbrook adalah kasus Inggris tahun 1825 yang juga sangat relevan, di mana senjata pegas yang dipasang untuk melindungi taman tulip melukai seorang pelanggar yang sedang memulihkan seekor burung liar .[2] Orang yang memasang pistol pegas bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan.

Contoh lainnya adalah Zf. Ger.38 digunakan untuk latihan, awalnya dimaksudkan untuk menembakkan peluru kosong, namun kemudian digunakan untuk pertahanan statis.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Underhill, Kevin (22 August 2016). "U.S. Patent No. 269,766". Lowering the Bar. Diakses tanggal 24 March 2019. 
  2. ^ Web.archive.org
  3. ^ https://oruzjeonline.com/2022/01/01/misteriozna-kragujevka/